Bolu Kukus Gula Merah

Hari Sabtu Latbar grup Langsung Enak di rumah mbak Prima Rosalina di daerah Waru.Grup Langsung Enak, sebah grup yang didirikan Ibu Nina Yusab, dimana grup ini tempat berkumpulnya chef, bapak atau ibu - iu yang suka dengan kuliner, Entah sebagai penikmat maupun produsen. Di grup ini aku sering menemukan uploadan foto masakan hasil kreasi para anggota beserta resepnya.Dari skedar penikmat gambar akhirnya kepingin mencoba resepnya. Teruutama setelah ikut  latihan Bareng bikin bakso di rumah mbak Prima.
Aku share kalau diriku kalau bikin kue tak pernah bisa dan seringnya gagal. Sekali gagal akhirnya malas mencoba, lalu bebrapa anggota memotivasi, bahwa tak setiap upload yg di grup itu selalu berhasil. Banyak gagalnya kemudian yang gagal bisa juga diupload di gup supaya para anggota bisa memberi masukan penyebab kegagalan tersebut. Yang penting berani mencoba dan praktek dulu hasil enak belakangan.
Kata ini terngiang di telingaku selalu, akhirnya buka dokumen di langsung enak, kebetulan lagi wira-wiri resep bolu kukus gula merah mbak Titiek Es.
kebetulan bahannyamudah dan ada persediaan teriu serta gula merah. Saat mau bikin ada seikit keraguan juga, ntar berhasil nggak a. wis Bismillah aja smoga berkah.aku mencoba bikin setengah resep dulu.
Resep bisa dilihat http://langsungenak.wordpress.com/2013/05/04/bolu-kukus-gula-merah-by-titiek-es/

Nah ini resep bolu kukus gula merah yang aku buat tadi siang
Bahan:
1. 250 gram gula merah
2. 200 ml air
3. 1 sendok makan gula pasir
4. 250 gram tepung terigu
5. 1/2 sdt soda kue
6. 1/4 sdt Baking Powder
7. 1 butir telur ayam
8. 75 ml minyak goreng
9. 1 sachet vanili


Cara:
Rebus gula merah, gula pasir dengan 200 ml air hingga larut. Saring. Dinginkan.
Kemudian campurkan dengan semua bahan, kocok kecepatan sedang sampai rata saja, tuang di cetakan. Kukus 10 menit dengan api besar. angkat dan siap disajikan.


Ini pertamakalinya bikin bolu kukus dan langsung tersenyum renyah alias bisa mekrok. alhamdulilllah senengnya. secara paling nggak bisa bikin pekuean begitu nyoba langsung berhasil. alhamdulillah banget.
Taraaaa dan ini dia penampakannya

bolu kukus gula merah







No comments:

Post a Comment