Bolu Kukus Pelangi

Sudah lama menandai resep sajian sedap bolu kukus pelangi, tapi belum sempat bikinnya. Padahal bahan sudah beli seminggu yang lalu, niat ada belum ada waktu untuk membuat karena kejar-kejaran dengan gunungan setrika. Yup ujan yang nggak mau diajak kompromi, mulut ingin ngunyah terus.Tapi mau keluar  dingin dannggak mau berbasah ria.Maksud hati ingin buat camilan sendiri, eh ternyata harus bersahabat dengan gnungan cucian dan gunungan setrikaan tiap harinya. matahari yang biasanya terik menyapa ota Udang Sidoarjo tercinta. Akhir-akhir ini malu menampakkan cahaya.

Hari ini mas Afif masih  UAS. SI kecil Lantip sudah selesai.Biasanya mas Afif belajar diiringi musik dan cemilan.Hari ini pingin ekskusi bolu kukus pelangi, entahlah ntar jadi atau nggak. Yang penting brani mencoba dulu. Ntar kalau gagal, evaluasi lagi.Hihihi.Namanya juga belajar masak. Secara jarang si maska kue, bisanya cuma goreng tahu tempe dan merebus air serta masak nasi .

Resep bolu kukus pelangi aku copas dari sini
Taraaaa..dan hasilnya lumayan empuk tapi nggak sebagus penampakan di sajian sedap.
oke deh aku tulis resep dari sajian sedapnya ya

Bahan:
3 butir telur
185 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
130 gram tepung terigu protein sedang
115 ml santan kental instan
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh pasta vanila
3 tetes pewarna merah muda
2 tetes pewarna hijau muda
1/8 sendok teh pasta cokelat


Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  2. Masukkan santan, garam dan pasta vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.                    
  3. Ambil 1/4 adonan. Tambahkan pewarna merah muda. Ambil 1/4 adonan tambahkan pewarna hijau. Ambil 1/4 adonan tambahkan pasta cokelat dan sisinya biarkan putih.
  4. Semprot bergantian di loyang tulban diameter 20 cm yang dioles tipis minyak.
  5. Kukus 20 menit di atas api sedang sampai matang.

Olesilah cetakan berbentuk tulban dengan minyak goreng atau margarine dan tepung agar mdah melepasnya. Jika tak punya cetakan tulban bisa pula dicetak menggunakan cetakan kue sakura atau kue putu ayu.
walau tak mulus tapi lumayan lembut and yummy
bolu kukus pelangi

No comments:

Post a Comment