Celoteh Lantip


Senyuman Lantip
Setiap enam bulan sekali sekolah Lantip mengadakan Jalazah Rukiyah. Biasanya anak-anak menginap hari Kamis dan diwajibkan puasa sunah Kamis untuk membiasakan ibadah sunnah.
Nah biasanya keributan di pagi hari dalam persiapan baju ganti terutama baju muslim aku sebagai Simbok sudah menyiapkan baju muslim sekalian songkok, tapi baju musl yang dipakai hanya itu-itu saja. adahal ada beberapa potong baju muslim di lemari.
alesannya yang nyaman dan dia suka hanya 2 . baju muslim dengan lengan pendek.

Padahal  di sekolah selama setahun hampir 5 kali acara, membolehkan siswa-siswinya memakai baju bebas tapi harus baju muslim alias koko. Dn Lantip pasti pakai baju koko lengan pendek warna hitam dan biru kesukaannya.

Kemarin sepulang jalazah Rukiyah, Lantip mesam-mesem cerita kalau nginep di sekolah pasti nggak bisa tidur nyenyak. Ya iyalah Le wong memang diajari prihatin, biar tahu rasanya tidur pakai tidur tanpa bantal dan guling. Lebih baik kan susah dulu baru erasakan enak. Kalau terbiasa hidup enak dan nyaman suatu saat kau posisi di bawah maka nggak kaget.(Cerewetku setiap hari etah anakku mudeng apa nggak setidaknya aku kasih masukan)

Kebisaan Lantip kalau menginap sekolah mesti pengin akpeluk dulu, "Ma sini deh.'
Saat aku mendekat pelukan di pinggang kenceng banget,"Soalnya nanti malam kan pisah bantal gulingku ini, nggak dikeloni hihihi..."katanya sambil tersenyum. Dan ritual seperti biasa cipika cipiki, dagu dan kening sebelum masuk gernag sekolah.

Bisiknya, " Nanti malam aku ditengok ya, bawain martabak manis .'

Aku hanya menganggukkan kepala saja.

Esoknya setelah acara selesai, Lantip cerita ada salah satu temennya yang tanya," Tip, Bajumu kok mesti itu terus tho."(maksudnya baju koko hitam dn biru terus.)

" Terus kamu jawab apa Dik? " tanyaku
Aku jawab, "Emang nggak boleh?Apa kamu mau membelikan baju aku."
Lalu temennya tertawa

Ya sudah besok lagi kalau ada yang tanya seperti itu kamu jawab aja,"mamaku beli baju seperti ini selusin." Aku menimpali sambil tersenyum

Yang aku tekankan  beli baju secukupnya, nggak usah bermerk yang penting kamu nyaman memakainya. daripada beli  tapi jarang dipakai dan hanya memenuhi lemari. Tahu-tahu sudah kekecilan. Lantip pun manggut-manggut. Nggak papa aku dibilang pelit, cerewet dan tega sama anak. Tpi itu semua demi kebaikanu Le...

So kalau ada yang bilang seperti itu lagi kasih aja senyum manismu hahahaha

Lantip and me




No comments:

Post a Comment