Bandeng Presto


Hari minggu kemarin, suami mancing bandeng.Lama tak pernah meluangkan hobinya satu ini karena muter seperti gasing demi pengabdian pada negeri(hmm ...nasib pns ) .Mancing ikan merupakan tombo stress dan melupakan sejenak urusan pekerjaan agar bisa bekerja optimal kembali.Kebetulan kemarin dapat undangan grup chanos ( grup mancing yg didirikannya saat masih di bpkp surabaya).Dalam rangka hut bpkp kemarin diadakan lomba mancing.Hadiahnya lumayan menggiurkan contohnya TV.
Suami dan saya tak terlalu berharap mendapat hadiah TV, yang penting refreshing otak ahar tak jenuh dengan segala tetek bengek urusan kantor hehehehe....:)

Nah kemarin suami bawa pulang bandeng sebanyak 7 biji yg lumayan gedhe. Aku coba mau bikin bandeng presto sendiri.Biasanya aku dandanin atau titip di penjual bandeng presto suruh masakin dan tinggal bayar.



Tapi sepertinya si ibu lama tak jualan babdeng.Akhirnya aku coba bikin sendiri. Bumbunya cuman bawang putih, ketumvat, laos, daun salam,kunyit.

Aku kelupaan nggak pakai jeruk nipis dan daun jeruk purut.Jangan lupa pakai daun pisang untuk alas di panci agar tak lengket bandengnya di panci.

Lantip bagian yang nyari daun pisang.ciwiii...pokoknya hari libur diisi dengan gotong royong.

Ini dia bahan bandeng presto
7 bandeng ukuran sekitar @ 1/2 kg
Daun pisang untuk pelapis
Laos
Daun salam

Bumbu yang dihaluskan :
3 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
3 sendok makan garam
1 ruas kunyit

Air kira-kira sampai menutup bandeng.

Cara membuat:
Bandeng dibersihkan, kelyarkan isi perutbya.lalu lumuri dengan jeruk nipis.diamkan kurang lebih 1/4 jam.

Bumbu yang sudah dihaluskan dilarutkan dengan sedikit air.

Tata bandeng di panci presto yang dialasi dengan daun pisang.masukkan daun salam dan lengkuas.

Masukkan bumbu.dan beri air sampai semua bandeng tercelup air.

Tutup panci presto.dan rebus dengan api besar ketika sudah mendesis tutup dengan katup pengamannya dan mulai hitung kira-kira 30 menit.kecilkan api ya.saat mendesis.

Kalau sudah setengah jam matikan api dan buka katup.tunggu uapnya habis, baru buka penutupnya.tunggu sampai dingin . Buang airnya, setelah dingin bandeng akan agak keras lagi

Siap untuk digoreng dengan lapisan telor.

Bandeng siap dipresto







Bandeng setelah digoreng

BAndeng hasil pancingan Lantip Master (1,7 kg)



No comments:

Post a Comment