Resep Kue Putri Salju Renyah

Lebaran tinggal menunggu hari, aroma kue kering dari tetangga sudah menggoda iman. tapi puasa harus tetep jalan dong. Biasanya kue-kue lebaran suami yang beli di teman kantor, tapi kali ini aku ingin coba bikin putri salju kesukaan anak-anak.Lalu ingat resep kue yang diberikan kakak iparku. Katanya resep sudah turun temurun. Okelah sepertinya gampang tanpa mikser pun jadi hanya tinggal ubleg aja.


Saat baca resep, sempat bingung juga. Apa itu butter?Aku tahunya mentega blue band. ternyata setelah googling dan tanya sana sini butter itu beda dengan mentega mbak bro :D
Dan butter  bisa mempengaruhi rasa serta tekstur kue kering. Butter itu biasanya lebih cepet lembek jika didiamkan di suhu ruang dan baunya lebih harum wangi gitu kaya berasa bau susunya.
Butter itu kalau di supermarket ada merk orchid dan wysman.

Nah lho betapa minimnya pengetahuanku tentang perkuean hihihhi...makanya lebih baik bertanya daripada tersesat d jalan. Tak ada salahnya kan ya belajar tanpa henti walau rambut sudah berwarna dua macam ahaay...tutupan kerudung sembunyikan warna rambut ag sudah mulai memutih :)

Akhirnya aku ke pasar terdekat di komplekku, di situ sudah banyak emak-emak yang antri bahan kue serta toples.Antrinya mbak brooo...aku giliran antrian no 7 padahal hanya beli sedikit. Ya begini ini suasana toko kue sudah mendekati lebaran. Padahal kalau hari biasa kagak antri panjang. Sudah gitu si penjual masih nimbang klemar-klemer seperti penari Srimpi pelan-pelan banget. Alasannya nggak ada temannya, biasanya kalau ramai selalu ditemani suami melayani pembeli. Tapi suaminya sedang belanja emping belinjo.
Alhasil aku menikmati antrian dan melatih kesabaranku di bulan puasa :)





putri salju
Ini bahan kue putri salju ala mertuaku:
- 150 gr roombutter
- 250 gr terigu
- 3 butir kuning telur rebus
- 1 sendok makan keju (aku pakai merk craf)
- 1 sendok makan gula halus
- Gula halus untuk taburi kue

Cara membuat:
- Kocok roombutter dan kuning telur serta gula halus sampai tercampur rata.
- Tambahkan keju,lalu diaduk kembali sampai rata.
- Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, diaduk sampai tercampur rata.
- Gilas adonan setebal kurang lebih 3 cm (aku biasanya sestinggi cetakan .
- Lalu cetak memakai cetakan bulan sabit
-Tata di loyang yang sudah diles dengan mentega, lalu oven kira - kira 30 menit atau sampai matang.
-Angkat, saat masih hangat taburi atau gulingkan di gula halus sampai rata. Masukkan dalam toples dan siap disajikan.

Siap dipanggang

Tips: Lebih baik menggunakan gula halus dingin yang biasa unuk donat, buat menaburi kuenya. Rasanya nggak terlalu manis dan pas.

1 comment:

  1. wahhh, jd pengen nyoba :D
    kue putri salju saya suka bangettt :D

    ReplyDelete