Resep Serundeng Daging Kelapa

Serundeng daging Tatit
Serundeng sebenarnya makanan khas Indonesia yang biasa dipakai sebagai lauk pauk menemani nasi.Rasa serundeng yang gurih bisa digunakan teman makan jadah atau uli atau ketan dengan cara ditutul :)
Serundeng kelapa juga sering dihidangkan saat ada acara hajatan, terutama hajatan pengantin di kampungku. Serundeng ini juga sering disajikan sebagai pelengkap slametan atau hidangan kenduri.



Awal membuat serundeng ini, karena Afif, anak mbarep mau balik ke kostnya di Malang.Dia pengin bawa lauk dari rumah supaya lebih hemat, tinggal beli nasi saja. Pertama ide di kepalaku ingin membuat rendang atau sambel balado. Tapi kalau rendang dan sambel balado kurang awet, lagian di kost nggak ada kulkas atau kompor buat ngangetin. Takutnya malah basi dan mubadzir. Akhirnya saya putuskan membuat serundeng daging kelapa saja.
Bahan dasar serundeng kelapa tentu saja kelapa tapi pilihlah kelapa yang setengah tua atau semanten. Serundeng  jika di Malaysia merujuk pada abon daging sapi atau ayam.Namun di Indonesia, serundeng merujuk pada kelapa parut yang dicampur dengan bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabai merah, daun jeruk, seari, daun salam dan lengkuas, lalu digoreng hingga kering.

Nah berikut ini Resep Serundeng Daging Kelapa warisan keluargaku
Bahan:
1/2 kg daging sapi bagian has
1 butir kelapa setengah tua
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
4 cm lengkuas
200 ml air

Bumbu yang dihaluskan:
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 sendok teh ketumbar
1 buah cabai merah(jika ingin rasa serundeng pedas bisa ditambahkan cabai merah sesuai selera)
2 butir kemiri
Garam dan gula pasir secukupnya
Gula jawa 50 gram

Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara membuat:
1. Bawang merah, bawang putih, ketumbar,cabai merah, kemiri, garam diuleg sampai halus.
2. Daging sapi dicuci sampai bersih lalu diiris tipis-tipis.
3. kelapa diparut memanjang
4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, hingga layu dan harum.
5. Masukkan daging diaduk sampai daging berubah warna, tambahkan air.
6. Masukkan gula jawadan gula pasir, daun jeruk, daun salam, lengkuas. Tunggu hingga daging empuk dan bumbu meresap ke daging.
7. Masukkan kelapa parut, lalu diaduk-aduk sampai kelapa dan daging  berwarna kuning kecoklatan dan kering.
8. Angkat dan sajikan.

Uhuuy serundeng daging kelapa sudah siap disantap menemani nasi putih yang hangat. Rasanya yang manis gurih bikin ingin nambah nasi dan melupakan berat timbangan. :)

Tips membuat serundeng daging kelapa:Ingat ya saat membuat serundeng daging kelapa ini butuh waktu yang lama. (kemarin saya butuh waktu kurang lebih 2,5 jam :( )jadi sekalian uji kesabaran serta  latihan beban di lengan karena harus sering mengaduk-mengaduk agar tak gosong. Biar serundeng kelapa berwarna kuning kecoklatan, pakailah api kecil jangan terlalu besar.
Ciri serundeng kelapa sudah matang, saat mengaduknya menjadi terasa ringan karena kadar kandungan air yang ada di kelapa sudah habis alias kering.

Selamat mencoba Serundeng daging  kelapa
:D





6 comments:

  1. Ini makanan kesukaan keluarga ku, Mbak :D

    ReplyDelete
  2. Hi..hi...pengen banget buat serundeng, makanan favorit anak-anak saya ini mbak...tapi ujian kesabaran dan latihan beban di lengannya itu loh...hi..hi..suka gak kuaat...:)

    ReplyDelete
  3. Pas banget lagi butuh resep serundeng,,,,,,mumpung ada stock daging gratis hi...hi..hi..
    Mksh resepnya mbak....

    ReplyDelete
  4. airnya seberapa banyak mbak,smpai harus nunggu 2,5 jam gtu? apakah kalau sudah kering airnya tapi daging belum empuk.. boleh ditambahkan air lagi?

    ReplyDelete
  5. Boleh ditambahkan air mbak Nur Gusti, kalau daging belum empuk. Dan tunggu air sdah kerring atau sat baru masukkan kelapa jika daging sudah empuk.
    Itu saya pakai air sedikit karena daging has yg cepet empuk dan diiris tipis-tipis. Selamat memasak :)

    ReplyDelete
  6. Suka serundeng tapi nggak telateen masaknya Mba, lamaaaa

    ReplyDelete