Tips Kuliner Sehat

Setiap kali liburan ke suatu daerah atau kota, selain tempat wisata.Saya juga senang sekali mencicipi masakan lokal.Biasanya yang saya cari makanan yang belum ada di daerah saya dan bisa juga makanan yang murah meriah yang hemat di kantong tapi mengenyangkan. Selain mengenyangkan tentunya saya juga harus lihat kondisi tempatnya, bersih atau tidak. Hal ini penting bagi saya.
Memang doyan makan sih akunya.hehehe.Anak pun juga ikut ketularan doyan makan.Nah sebelum berwisata kuliner menggoyangkan lidah, saya ada beberapa tips kuliner sehat agar liburan jadi menyenangkan.


Tips kuliner sehat ala saya:
1. Sebelum mencoba makanan yang ada di suatu daerah, carilah referensi dengan bertanya pada teman, saudara, Mbah google, atau dari acara kuliner televisi, bisa juga anda tanyakan pada OB hotel yang anda inapi.(penduduk lokal setempat).  Setelah mendapat referensi bisa anda langkahkan kaki menuju tempat untuk menikmati kuliner.

2. Perhtikan Warung Yang Ramai dikunjungi
Biasanya warung atau rumh makan yang banyak dikunjungi, kalau bukan karena harganya murah pasti hidangannya cukup lezat buat disantap. Namun perhatikan jika membawa anak-anak balita, lebih baik mengantisipasi membawa bekal makanan dari rumah atau setidaknya roti. Agar saat antri hidangan di warung atau restaurant yang penuh, roti bisa diberikan pada balita untuk mengganjal perut. Kalau saya biasanya memilih rumah makan lesehan yang nyaman buat balita, biila restaurant tersebut menyediakan arena mainan maka saya cenderung memilihnya.

3. Kebersihan
Perhatikanlah kebersihan tempat makan, nggak lucu bukan saat makan banyak lalat dan menjadikan kita hilang selera makannya.Perhatikanlah lingkungan dan cara penyajian serta mejanya. Jika kebetulan anda mendapat meja ang masih penuh dengan piring dan gelas kotor, segera panggil pelayan untuk membersihkannya.Jika restaurant itu membolehkan membawa minumna dari luar, bisa juga anda siapkan air mineral botolan.

4. Menu
Ketika memilih menu terkadang kita bingung makanan apa yang enak di tempat tersebut. Lebih baik bertanya pada pelayan, menu favorit yang sering dipesan oleh konsumen di restaurant tersebut.Kalau rumah makan yang besar biasanya sudah mencantumkan menu favorit pada daftar menunya.
Misalnya kita ingn mencoba rumah makan steak iga bakar. Walau di rumah makan ini banyak juga menu lainnya, anda bisa langsung memilih steak iga bakar. Pasti andalan ruma makan ini teak iga bakar bukan yang lainnya. Hahaha...kalau ini sih pengalaman pribadi. :). Karena pernah salah memilih menu.

5. Tanyalah Harga sebelum membeli
Hal ini penting juga diketahui, sebab biasanya kalau kita kelihatan sebagai wisatawan akan dimanfaatkan para pedagang dengan menaikkan harganya.Sering kan kita jumpai rumah makan yang tak mencantumkan harga, terutama warung makan kaki lima jadi lebih baik bertanya sebelum keblondrok alias salah harga. :)
Jika tahu harganya sangat tidak ramah di dompet, lebih baik mencari rumah makan yang lainnya. Pasang muka tembok saja . Wong ya mereka kagak kenal kita hahahaha.Daripada kena jebakan pedagang.

6. Bikin jadwal wisata kuliner
Bikinlah jadwal tertentu buat wisata kuliner, jika hari ini makanan yang penuh lemak dan gorengan atau bersantan. Mungkin besoknya bisa berburu kuliner yang serba tim , kukus atau rebus.


Segini dulu deh tips kuliner sehat ala emak alay bin geje, berperut gedhe karena doyannya makan aje. Semoga sedikit tips kuliner sehat alaku ini bisa menambah anfaat buat anda pembaca.

11 comments:

  1. terima kasih tipnya mbak, sangat bermanfaat
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Desi. salam kenal kembali

      Delete
  2. kebersihan ya mbak Tatit pastinya..entah itu dari makanannya ataupun tempatnya..makasih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak. sesama penyka jajan harus perhatikan hal ini

      Delete
  3. bener mba, harus tanya2 dulu. sekarang lagi heboh di beberapa broadcat ya tentang siomay cu-nyuk. bagi muslim, ga salah untuk berhati2 dan bertanya pada teman yg muslim apa betul terbuat dr bhn yg haram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik bertanya daripada tersesat kemudia ya Mbak. :)
      Makasih kunjungannya

      Delete
  4. kalo saya mah jarang makan-makan diluar mbak, kasian amat ya heheee...
    kalo pun beli jajanan biasanya saya dah kenal sama penjualnya, faktor kebersihan saya rasa penting banget mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cap jempol buat kang Marnes, bisa ngerem jajan .

      Delete
  5. Bertanya harga itu penting atau nyari warung yang uda ada daftar harganya hehe...dakuw bingitz yg pngen mkan enak n mur mer hihi...mkasih mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. heem mbak daripada ntar digethok harga di belakang :)

      Delete