Perayaan Cap Go Meh

Barongsai di perayaan cap go meh



Dua hari lagi perayaan Cap Go Meh. Perayaan Cap Go Meh biasanya jatuh pada tanggal 15 malam bulan satu Imlek.Kata Cap Go meh berasal dar dialek Tiociu atau Hokien yaitu Cap Go itu lima belas dan Meh artinya malam. Jadi berarti malam kelima belas.


Setiap perayaan Cap Go Meh, yang saya ingat hanya pakaian warna merah, anaeka lampion, dan pertunjukan liong maupun barongsai di mall - mall kotaku.

Perayaan Cap Go Meh, mulai ada gaungnya sejak era kepemimpinan presiden Gus Dur. Biasanya hidangan pada saat perayaan cap go meh ada onde-onde, dan tak ketinggalan lontong cap go meh.
Onde-onde Makan onde-onde pada saat perayaan cap go meh, merupakan tradisi lama.

Makna makan onde-onde menurut salah satu pakar kuliner mempunyai makna agar mendapatkan keberuntungan. Onde-onde jika digoreng lalu merekah mempunyai makna semoga usaha yang dilakukan terus berkembang.

Sedangan lontong cap go meh, juga merupakan salah satu makanan peranakan yang selalu tersedia di perayaan ini. Namun seiring berkembangnya jaman lontong cap go meh bukan hanya tersedia saat perayaan cap go meh saja, tapi sering dimasak buat sarapan.Lontong cap go meh terdiri dari  lontong yang disajikan dengan opor ayam, smbel goreng hati, lodeh nangka,telur pindang, acar,abon sapi, bubuk koya dan kerupuk udang.
Bentuk lontong bulat panjang bila dipotong-potong akan membentuk bulat sempurna menyerupai bulan utuh sempurna.Maknanya adalah harapan di masa datang agar masyarakat utuh baik segi kesehatan,rejeki dan lain sebagainya.

menyambut perayaan cap go meh di kotaku terutama sudut-sudut tamnnya sudah mulai dihias dengan aneka bentu lmpion. Dan mall banyak yang menyajikan pertunjukan barongsai.

5 comments:

  1. suka nonton barongsai yg begini apalagi yang memainkan anak kecil...lucu banget

    ReplyDelete
  2. beda sama imlek ya...kalo di tempat kk ipar kalo imlek suka banyak bandeng imlek...besar2

    ReplyDelete
  3. Seru ya mbak... lincah sekali orang-orang yang memainkan barongsai. Loncat dan bergerak ke sana-sini. Lucu liat mata barongsainya :) kadang kedip-kedip centil ya.. hi..hi

    ReplyDelete
  4. wah pas ke bogor, alde sempat nonton mba..pulangnya, nangis..mau liat lagii..huhuhu

    ReplyDelete
  5. Cap Go Meh di Medan jugak seruuuu banget loh, Mbak :D

    ReplyDelete