Kedai Durian 3D Sidoarjo

Kedai Durian 3D
Menengok dari namanya Kedai Duren, sudah pasti makanan yang ditawarkan khusus berbau durian. Promo kedai Durian ini gencar di IG dan Twitter InfoSidoarjo. Karena penasaran maka melangkahlah aku ke sana.Aku ke sini dengan Lantip di siang bolong yang terik, buat melepas dahaga dan nyeees di tenggorokan.
Kedai Durian terletak di Jl. Sekawan Elok Raya Bok A1/68 BCF Sidoarjo
Kedai ini baru buka 1 bulan. Kedainya hanya memanfaatkan garasi, dengan meja dan kursi plastik. Saya sampai di sini disambut pemilik warung dan disuruh memilih menu yang tertulis di sebuah papan dengan tulisan kapur tulis warna-warni di tempel di dinding rumah.

Daftar menu
Sebenarnya pemilik Kedai ini Mbak Dika masih muda, baru kelas 2 SMP 2 Sidoarjo. Yang mempunyai ide juga Mbak Dika ini. Bu Budi, Ibunya hanya bertugas mencatat pesanan tamu dan  menyajikannya.
Awal mula Dika membuat kedai ini, karena melihat warung nasi Ibunya sudah mulai berkurang pembelinya. Lalu dia mengajukan usul ke Ibunya untuk membuka kedai durian saja. Keluarga Bu Budi hampir semuanya penggemar durian. Dan di Sidoarjo, peluang warung  khusus durian belum ada.Ibunya pun setuju, tapi dengan catatan kedai ini dikelola sendiri oleh Dika, putri sulungnya . Dan keuntungannya bisa buat uang jajan.
Menu Warung 3D

Sosok Dika ini sudah diajari jualan  sejak SD, untuk mendapat uang saku. Ibunya tak pernah memberi uang saku sekolah alias uang jajan. Tapi Dia mengajarkan memberi uang untuk modal usaha, dari uang modal ini si Dika diharapkan mendapatkan keuntungan dan bisa mendapat uang jajan sendiri dari hasil keringatnya. Berawal dari buka online shop hingga kedai Durian ini, dari usahanya, Dika bisa memberikan hadiah ibunya sebuah smartphone.
Lalu bagaimana dia mendapatkan modal? Ternyata modalnya dari uang yang terkumpul dari pemberian saudara saat Idul Fitri. uang bukan hanya dihabiskan untuk ke mall tapi diputar buat modal.

Keadai durian ini dibuka berawal dari Ibunya membelikan durian beku dari Medan dan pancake durian.  Dika menjajakan dagig durian beku dan pancake durian dengan cara online, lalu Dika melebarkan buka kedai Durian ini. Menunya ada sop duren, doreng alias durian goreng yaitu daging durian yang dibalut dengan kulit pangsit lalu digoreng. harganya 10 ribu.
Nah kemarin saya hanya pesan sop komplit pakai ice cream harganya Rp20.000,00. Isiannya agar-agar, strawberry, kacang ijo, ketan, daging durian, taburan parutan keju dan sesekop ice cream di atasnya.

Sop komplit ice cream

Bersamaan dengan saya ada anak-anak sekolah dan mbak-mbak yang rupanya juga ingin mencoba karena promo di Instagram dan Twitter. Selain sop komplit  saya pun ingin mencoba sop komplit seharga Rp 15.000,00, untuk dibawa pulang.
Untuk rasa yang sop komplit ini bagiku kurang manis dan campuran duriannya juga sedikit. Dibandingkan dengan sop komplit es cream lebih enak yang ada campurannya es cream.
Dan menu favorit sebenarnya sop klenger es cream yang harganya Rp 24.000,00 (ya iyalah ono rego ono rupo :)).
Sop klenger ini isiannya hampir sama dengan sop komplit cuma ada tambahan buah naga merah dan duriannya lebih banyak.(namun bagi dompet ibu rumah tangga yang irit bin pelit seperti diriku ini, aku pilih sop komplit ice cream hahahaha :))

Sop Klenger Ice Cream (Foto diambil dari Twitter info sidoarjo)
Ukuran gelasnya yang lumayan gedhe memang bikin  kenyang, sayang sendoknya menggunakan sendok bebek plastik. Mungkin kalau modalnya sudah balik, Mbak Dika bisa gunakan sendok yang terbuat dari alumunium ya. (just saran saja sih)
Nah dalam rangka masih promo, kedai durian sedang ngadain foto selfie di kedai durian dengan hadiah Rp 500.000 bagi pemenang utamanya.
Kedai ini juga dilengkapi dengan 2 speaker yang mengeluarkan lagu-lagu pop untuk mengiringi makan para pembeli. Juga disediakan free wifi, sayang kode passwordnya hanya Si Ibu yang boleh tahu. Tidak seperti di Mc D atau warung makan yang lain. Mungkin untuk mengantisipasi agar tak bocor kali ya. hihihihi...:D.apa pun itu saya sangat salut dengan Mbak Dika Pramusita, masih SMP jiwa enterpreneurnya sudah mulai terpupuk. Tak mau jadi karyawan tapi justru menciptakan lapangan pekerjaan. Yang gini ini generasi muda yang patut diacungi jempol.
Hmm...memang Mbak Dika sudah mempunyai jiwa enterpreneur cilik. Hal ini juga berkat didikan dari Ibunya, salut deh dengan usahanya. semoga usahanya laris manis terus tak hanya bagai "obor blarak. " Tetap semangat dan sukses terus  ya Mbak.
Jika ingn kenal lebih jauh dengan Dika silakan follow twitternya @DikaPramusita
Atau follow Instagram :kedai Duren 3D

Lantip dan sop komplit ice cream. srupuuut

Suasana kedai dan pembeli rata-rata pelajar 

Sop komplit yang saya bawa pulang

Sayang sekali kedaiii sekarang sudah tutup.

16 comments:

  1. Hebat ya Buk, kelas 2 SMP sudah berani ambil resiko. Jadi tempat jualanya di dalam perumahan ya Buk, keren sudah memanfaatkan internet untuk hal-hal positif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.arek e ayu pinter ra isin dodolan bantu ibune

      Delete
  2. Oya kenapa namanya kedainya 3D? Apakah singkatan 3D berarti Dika Dodol Duren hihi..

    ReplyDelete
  3. Tuh kan bikin ngiler, mau aah besok2 kesono sama adek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba es klenget campur es cream lumayan

      Delete
  4. Wah, patut dicoba nih kalo lagi di Sidoarjo. Aku sering main ke Sidoarjo tapi belum tahu yang beginian hehehe.
    Harganya juga murmer dan free wifi juga ya? Ah kesana kapan2.

    ReplyDelete
  5. Semua jempol utk Dika, keren banget yaaa udah punya jiwa pengusaha sejak muda.

    ReplyDelete
  6. Kereen banget ya mbak..masih kecil sudah bisa punya usaha sendiri. Mantap deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang udah dididik ibunya mbak
      Jadi mantap

      Delete
  7. idenya cemerlang banget,kelas 2 SMP lo hehe. jadi penasaran

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Ah keren.. Masih belia tapi uda bisa bisnis. :'D

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum bu, makasih tuk jempol buat anak saya, semoga anaksy bisa jadi inspirasi anak2 muda yang bisa menciptakan kegiatan positif, tentunya bisa buat pengalaman tuk masa depan yang masih panjang, assalamualaikum

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum bu, makasih tuk jempol buat anak saya, semoga anaksy bisa jadi inspirasi anak2 muda yang bisa menciptakan kegiatan positif, tentunya bisa buat pengalaman tuk masa depan yang masih panjang, assalamualaikum

    ReplyDelete