5 Manfaat Makan Tahu dan Tempe Bagi Tubuh


Harga sembako sudah melambung tinggi membuat Ibu rumah tangga seperti saya ini harus putar otak agar segala kebutuhan rumah tangga terpenuhi namun tetap harus meenuhi gizi anak-anak. Gaji tidak naik, namun harga sembako telah berganti. Bagi saya hal ini harus diakali dengan cara mengotak-atik menu dalam seminggu bahkan menu sebulan ke depan.Salah satunya dengan cara membuat lauk daging atau ayam agar tetap terhidang di meja maka saya selalu menambahkan olahan tahu daan tempe. Kalau dulunya daging bisa terhidang hampir dua hari sekali, sekarang cukup satu minggu sekali. Toh tahu dan tempe tak kalah nikmatnya jika kita mempunyai bberapa variasi mengolahnya. Tahu dan tempe juga mempunyai beberapa manfaat.


Tahu dan tempe identik dengan masyarakat Jawa, terutama sangat ngangeni lidah saya. Tak ketemu tahu dan tempe sehari saja serasa tak ketemu si doi seminggu (hahahahaha...lebay.com). tahu dan tempe dengan cita rasanya yang gurih itu tiap hari selalu ada di menuku. Walau dengan beberapa variasi olahan.
Teryata tahu dan tempe yang sangat terjangkau harganya di antong ini, mempunyai beberapa manfaat yang bagus buat tubuh kita.Kandungan gizi ang terdapat pada tempe antara lain mengandung kalsium, karbohidrat, vitamin B, zat besi,  karbohidrat, serat pangan, foosfor dan keratin. Selain itu tempe dan tahu mempunyai kandungan protein nabati.

Apa saja sih manfaat makan tempe dan tahu?

1. Menurunkan Kolesterol Darah
Karena tempe terbuat dari kedelai, dan kedelai mempunyai kandungan protein, serat, asam lemak dan fitoestrogen serta kandungan serat larut pektin sangat berguna bagi penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

2.Menyehatkan Pencernaan
Proses fermentasi yang dihasilkan dari ragi dan jamur  rhizopus oligoporus membuat tempe menjadi lebih lunak dan mudah dicerna baik anak-anak sampai usia lanjut, sehingga tempe sangat baik buat  pencernaan .

3.Mengendalikan Tekanan darah
Karena kedelai mengandung zat besi,kalsium dan kalium.Kadar kalium yang tinggi di dalam kedela, sangat berguna untuk mencegah kenaikan dan untuk mengendalikan tekanan darah.

4. Kaya Antioksidan
Kedelai mengandung isoflavon dimana terdapat sumber antioksidan yang bagus buat menangkal radikal bebas, penuaan dini serta penhyakit degenerative.

5.  Mencegah Kanker Payudara
Kandungan phytoestrogen dan isoflavon di dalam kedelai ampuh mencegah radikal bebas dimna merupakan salah satu penyebab kanker.Hasil penelitian di jepang, penduduk wanitanya yang banyak mengkonsumsi kedelai ternyata mendapt masukan phystoestrogen yang cukup tinggi.Mereka ternyata terbukti jarang sekali menderita kanker payudara.
Nah kalau sudah membaca beberapa manfaat tempe dan tahu di atas masihkah kita mau menjauhi tempe dan tahu?Tahu dan tempe tetep enak rasane apalagi udah tahu manfaat e. :)

2 comments:

  1. iyaaa lauk tahu tempe ngga ada matinya ya mba, apalagi zaman ngirit kayak gini, bener-bener membantu ibu2 hehehe

    ReplyDelete
  2. gak nyangka makanan tradisional kita teryata manfaatnya luar biasa, salut deh buat nenek moyang kita,

    ReplyDelete