Lomba Musik Patrol Dalam Rangka HUT Sidoarjo ke 157 Tahun

Musik Patrol Dalam Rangka Hut 157 Sidoarjo
Dalam rangka memperingati HUT Sidoarjo ke 157 tahun. Tadi pagi digelar lomba musik patrol sekabupaten Sidoarjo. Musik patrol merupakan salah satu musik tradisonal di daerah Jawa Timur, biasanya dimainkan saat bulan Ramadhan. Musik Patrol ini dimainkan sejumlah 8-15 orang, dengan menggunakan alat tradisional seperti kenthongan kecil, drum dari aqua, ddl. Musik ini dimainkan dengan cara berkelililing gunanya utuk membangunkan oang tidur agar sahur di saat bulan Ramadhan.


Untuk melestarikan musik patrol, PEMDA  Sidoarjo mengadakan lomba musik patrol dalam rangka HUT Sidoarjo ke 157 tahun ,memperebutkan piala Bupati dan uang tunai.Lomba ini diikuti oleh beberapa grup musik patrol dari seluruh wilayah Kecamatan Sidoarjo.

Para peserta diwajibkan tampil di panggung selama 5 menit, kemudian mereka keliling dari Depan Pendopo, menuju Jl.CiptoMangunKusumo, Jl. A.Yani, kemudian kembali ke Pendopo Delta lagi.

 Dari pukul 6 pagi para peserta sudah berdatangan.Salah satu peserta dari daerah PagerWojo, JL. Irian Barat adalah grup PJP ( Patrol Joko Penthel). Grup ini beranggotakan anak muda, sekolah SD sampai SMA.

 Salah satu kriteria untuk menang lomba diantaranya aransemen lagu, kekompakan, kreativitas dan penguasaan alat musik.
 
Sururi (SMK Antartika Sidoarjo )salah satu peserta putra dari  Grup Musik Patrol Joko Penthel menceritakan bahwa dulunya mereka hanya bermodal alat musik pinjaman. Sejak sering mendapatkan undangan akhirnya dapat membeli alat musik sendiri. Grup musik ini didirikan sudah hampir setahun oleh Bapak Sururi.

 Ayahnya prihatin dengan banyaknya anak mda sekarang yang hanya hobi ngopi dan cangkruk atau main Hape. Akhirnya si Bapak memberikan kegiatan pada Sururi agar main musik patrol. Setelah mendirikan grup musik patrol dan didaftarkan di Dinas pariwisata dan Kebudayaan Sidoarjo mereka sering mendapat untuk mengikuti lomba-lomba.

Kata Sururi, bila mereka mendapat undangan untuk mengisi acara hajatan sunatan dan temanten, mereka mendapat bayaran.Bayaran itu akan dibagi rata semua anggota. Tapi juga menyisakan uang untuk kas. Guna uang kas untuk membeli seragam atau memperbaiki alat musik yang rusak. 
 
 

Sururi Siswa SMK Antartika
 
Generasi muda yang kreatif dan melestarikan budaya tradisional seperti Sururi ini wajib ditiru.
Teriakan panggilan dari panggung agar peserta mempersiapkan diri mengakhiri obrolan saya. Semoga lomba musik patrol ini dapat melestarikan budaya, bahwa musik patrol bukan hanya sebagai musik pembangun orang sahur. Tapi salah satu seni yang bisa dijadikan hiburan dan pertunjukan.

 

3 comments:

  1. di jombang juga lagi sering lomba patrol mbak..lagi ngehits kayaknya patrol sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemarin ramee arak-arakan musik patrol

      Delete
  2. Waaah kapan nih di Kepanjen ada lomba kaya' gini juga. :D Kangen masa-masa puasa yang sering denger lagu anak-anak patrol. :D

    ReplyDelete