5 Tips Bepergian Saat Bulan Puasa Menjelang Mudik Lebaran


Bulan puasa, terkadang membuat malas untuk mengadakan perjalanan. Tapi sebaiknya puasa tak menjadi penghalang bepergian, apalagi saat dibutuhkan. Bulan puasa kebanyakan undangan acara buka bersama. Biasanya diadakan di restaurant atau di rumah kerabat.Terkadang untuk memenuhi undangan butuh waktu yang panjang apalagi bila rumah kerabat berada di luar kota.Tentu saja kita tetap melakukan perjalanan.

Saya melakukan pejalanan saat puasa terutama menjelang mudik, nah ada beberapa hal yang saya lakukan agar perjalanan saya tetap lancar, saat melakukannya di bulan puasa ini. Berikut ada 5 tips bepergian saat bulan puasa:

1.Perbanyak makan sayur dan buah saat sahur.
 Saat makan sahur, saya perbanyak konsumsi sayuran dan uah daripada nasi. Kalau terlalu banyak makan nasi, perut saya rasanya penuh dan saat melakukan perjalanan agak lemas.Selain itu saya juga perbanyak konsumsi air putih, walau resikonya jadi gampang buang air kecil hehehehe.
 Minum teh hangat hanya saat buka puasa

2.Selalu bawa mukena dan sarung
Kemana pun saya pergi, di tas selalu terselip mukena. Kalau naik kendaraan umum, sholat saya jamak.Walau naik bis kan pasti berhenti di Rumah Makan, walau nggak makan ya nunut sholat dan cuci muka.

Sarung sih saya gunakan untuk selimut,maklum orang udik nggak kuat pakai AC. Kalau naik bis atau kendaraan yang ber AC terlalu lama,  malah masuk angin. :P

3. Usahakan berangkat jangan pas siang hari bolong.
Berangkat siang hari paling saya hindari, saya lebih suka berangkat selepas Subuh atau selepas Isyak.Anak-anak juga nggak terlalu merajuk untuk "Mokel" puasanya, karena nggak terlalu panas.

4. Sediakan bekal makan dan minuman
Walau puasa, tetap saja saya sediakan bekal nasi atau roti dan air putih. Siapa tahu di tengah perjalanan, kendaraan umumnya tak mau berhenti di warung makan. jadi kita bisa buka puasa dengan bekal.

5. Nah kalau sudah sampai di tujuan tempat mudik, datangi ikon kota yang kita tuju dan masjidnya.
Ketka sudah sampai di tempat tujuan mudik, saya tetap saja jalan-jalan keliling kota terutama ke masjid besar atau masjid tua yang ada di kotaku. Kebetulan mudiknya pasti hari pertama ke Magelang di tempat suami. Iyes selama 21 tahun pernikahan, saya belum pernah lebaran hari pertama di tempatku Solo, karena sudah jadi milik orang hehehehe...

Jadi mengalah ikutan lebaran pertama di asal suami yaitu Magelang, baru sore hari atau lebaran kedua meluncur ke Solo.
Nah saat di Magelang ini saya sering ajak jelajah kota Magelang sama anak-anak walau naik angkot, ke alun-alunnya dan ke Masjid Agung menjelang buka puasa.

Di sini tradisinya, penanda buka puasa biasanya ada sirene dan bedug dari Masjid Agung. Dan di alun-alun Magelang banyak penjaja takjil, tinggal sesuaikan aja dengan isi dompet. :) 

Itu tadi 5 tips bepergian saat bulan puasa menjelang mudik lebaran alaku. Bagaimana tips teman-teman ? bisa tambahkan di komentar ya.

4 comments:

  1. Dulu kalau mudik biasanya aku ambil pesawat pagi dari surabaya dan nyampe Medan siang, jadi masih puasa hehe. Palingan cuman ninggalin rumah sih yang suka dag dig dug karena semua orang dirumah juga pada mudik hehe. jadi biasanya semua aliran listrik, air, gas kita matiin. Orang terakhir yang keluar rumah yang harus memastikan semua udah mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Noni atas kunjungannya.
      Eh bener tuh emang sbl pergi rumah kudu dipastikan kompor gas dan air dimatikan, steker dicabut. Satu lagi titipi ke satpam komplek. :)

      Delete
  2. banyak orang mau bermacet2 ria di jalan agar bisa berkumpul dg keluarga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener Mbak, kata suami, dinikmati hanya setahun sekali :)

      Delete