Puding Lumut

 
Puding Lumut


Kalau kemarin, saya bikin cemilan buat buka puasa gorengan tahu bulat, kali ini saya pengin buka pakai yang manis. Sudah cukup lama berseliweran di timeline IG Doyan Baking, puding lumut. Tapi saya belum ada mood untuk masak. Akhirnya si mood datang hari ini. Puding ini hampir sama dengan Puding Karang. 

 Cuma beda di bahan pewarnanya saja. Puding karang bahannya dari gula merah so warnanya jadi coklat gitu. Kalau puding lumut pewarnanya berasal dari bahan alami yaitu perasan daun suji dan daun pandan. Warna hijau dari daun pandan dan daun suji ii membuat pudingnya harum.Sebenarnya pewangi alami untuk makanan selain daun pandan dan daun suji masih ada lho unuk membuat kue, jika ingin warna biru pakai bunga telang. Kalau kning pakai labu kuning atau ubi kuning.Dan dijamin lebih aman tentunya.

Bahan dasar puding ini hanya agar-agar warna putih atau hijau, gula, santan atau susu putih, perasan air pandan dan daun suji. Karena bahannya mudah dan tersedia di sekitarku, aku akhirnya buat untuk buka puasa. Daun pandan dan daun suji minta di tetangga sebelah. Kadang yang  bikin malasku kumat ya bikin pewarnanya ini. Karena blender di gudang atas, maka aku hanya haluskan daun suji dan pandan pakai cobek besar dan dipukul-puku asal keluar warnanya ketika ditambah air sedikit dan diperas.

Tapi hasil dari praktek hari ini kurang sempurna, sebab kurang bergerindil bentuk lmt. Mungkin karena kurang telur. Dan saya masukkan telurnya saat agar-agar sudah mendidih. Sebaiknya semua bahan dicampur jadi satu, lalu diaduk-aduk hingga mendidih.
Tapi nggak papa, belajar dari kegagalan.

Dan pas ngambil foto, jengkang - jengking ladalah ada tetangga menyapa, dikira mau pamer di DP. Hahahahaha..nasib...nasib...Tapi abaikan tak perlu diberi penjelasan. Aku tetap lanjutkan cekrak - cekrik, walau belum bisa dapat angle bagus dan sempurna.  Masih kurang property, belum tahu arah sinar matahari biar kinclong alias kurang pencahayaan. Namanya juga belajar, so harus diasah terus. Biar lenjeh alias lancar. :)

Bahan Puding Lumut:
2 bungkus agar-agar
2 butir telur (tadi saya hanya menggunakan 1 butir telur) dikocok lepas.
1250 ml air + 1 ungkus kara kecil.(Ini bisa juga diganti dengan susu putih 1250 ml)
12 lembar daun suji+4 lembar daun pandan dihaluskan atau diblender. lalu diperas dengan 100 ml air.
10 gram (10 sendok makan gula pasir)

Cara membuat:
Campur semua bahan, lalu dimasak hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar tak mbludak alias tumpah dan santan pecah.
Setelah mendidih matikan kompor. Dan tuang di cetakan. Tunggu dingin dan keras, masukkan ke kulkas biar dingin saat dimakan.
Keluarkan dari cetakan, siap disantap.
 
 Selamat mencoba puding lumut.

8 comments:

  1. wawww saya suka puding aneka varian rasa. Hmmm. Boleh juga dicoba resepnya nih, Bahan bahannya seperti mudah diperoleh dan cara pembuatannya pun nda ribet

    ReplyDelete
  2. Puding lumut lagi populer banget, banyak di instagram pada share hasil bikinnya. Jadi mupeng bikin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya , tapi punyaku kurang sempurna hasilnya huhuhuhu :)

      Delete
  3. waaa puding kekinian ya mbak,puding lumut hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi percobaan kali ini belum sempurna Mbak.
      Dan aku kudu belajar foto seperti di blog Hot wajan.:)

      Delete
  4. Agar-agarnya terlampau hijau :)
    Jadi lumutnya kalah nampak hehee

    ReplyDelete