Brambang Asem Makanan Jajanan Favorit saat SD-ku

 
Sumber foto dari  madiunpos.com Brambang asem


Sebenarnya kalau mengenang jajanan masa kecil ada beberapa jajanan yang jadi favoritku. Ada untu walang atau grubi yang terbuat dari ubi jalar dicampur dengan gula, krip-krip dan anak emas. Tapi diantara makanan itu aku tuh paling sering beli brambang asem di samping masjid. Kebetulan Masjidnya ini juga bersebelahan dengan sekolahanku. Nama penjualnya Bu Imam. Iya emang beliau istri Masjid so kami menyapanya dengan sebutan Bu Imam. :)


Di antara bunyi bel hanya bel istirahatlah yang selalu membuatku senyum. Begitu bel istirahat bunyi, buku langsung saya masukkan di laci. Dan buru-buru lari ke samping sekolah. Kalau terlambat sedikit sudah berjubel antrian anak-aak dan tak akan dapat brambang asem.

Brambang asem , masakan terbuat dari sayuran rebus, bisa kangkung atau daun ubi jalar yang direbus lalu disiram sambel. Sambelnya hanya dibumbui bawang merah yang dibakar sebentar plus asem jawa,terasi,garam dan gula merah. Lalu sambelnya ini disiram ke kangkung. Rasanya seger dan pasti jadi rebutan.Selain brambang asem, Bu Imam juga jualan wedhang degan gula  merah. 
MAkan brambang asm paling enk ditemanidengan karak alias krupuk puli dan baceman tempe gembus.

Minumannya ada 2 jenis,  degan dicampur dengan air sirup merah atau degan gula Jawa. Jaman dulu segelas es degan hanya Rp 25,00. Sema itu disajikan degn gelas belimbing. Belum musim gelas plastik seperti sekarang ini.Tahu nggak sih pernah saat antri, karena penuhnya anak. gelas berisi es deganku jatuh dan pecah. Tapi Bu Imam hanya tersenyum, "Sampun mboten nopo-nopo.(Sudah nggak apa-apa). Ambil saja satu gelas lagi."

Bu Imam memang baik banget sama aku, walau kadang juga kelihatan galak kalau anak-anak nggak sabar mengantri dan berebut.
Ah masa itu selalu jadi kenangan indah. Dan Bu Imam sekarang sudah tenang di alam sana.

2 comments:

  1. jajanan sehat ini mbak,
    masih kecil udah jagoan makan sayuran

    ReplyDelete
  2. Aduh mba, harga jajanan dulu itu loh yang superrr murah banget. Dulu uang jajan cuman 100 perak sehari uda cukup wkwkwk. Sekarang? Buat apaaa, duh >.<

    ReplyDelete