Pentingnya Budi Pekerti Sejak Dini

Penting nggak sih budi pekerti diajarkan sejak dini? Jawaban saya tegas dan jelas PENTING. Budi pekerti mempunyai makna kelakuan dan moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Jaman dulu pelajaran budi pekerti masuk dalam pelajaran PMP alias pendidikan moral pancasila. Dimana kita diajarkan cara sopan santun dan unggah ungguh kepada yang lebih tua. 


Ketika mengantar Lantip di sekolahnya saya punya dua pemandangan yang bertolak belakang. Satu anak mencium tangan orang tuanya sambil bilang assalamualaikum dan satu lagi hanya berlalu dan ketika berrtubrukan dengan teman sekelas justru ngomong kasar. Saya tahu, di Jawa Timur untuk mengungkapkan keakraban dengan teman biasanya langsung berkata Jian***. Namun yang saya lihat, dia memaki temannya karena ulah dia sendiri yang tak melihat kanan- kiri. Kurang fokus sepertinya. Dan ketika mau masuk ditegur oleh satpam malah hanya cengengesan tak merasa bersalah.

Saya hanya mengelus dada, inikah anak muda jaman sekarang? Atau pola pikir saya yang masih dididik dengan didikan kuno? Mungkin salah  satu penyebab kenakalan anak adalah kurangnya pendidikan budi pekerti di rumah maupun di sekolah yang kurang diterapkan.

Tips menanamkan Budi Pekerti:
1 Bisa diawali dari rumah

Perilaku dalam rumah akan tercermin juga saat dibawa dalam bersosialisasi dengan teman maupun keluarga besar. Untuk itu tanamkanlah budi pekerti atau sopan santun dari rumah. Misalnya saat lewat di depan orang tua, sebaikya bilang permisi dengan badan dibunkukkan sedikit. Ketika di kelas terasa mau ke toilet, sebaiknya juga bilang permisi ke Ibu/Bapak Guru untuk pergi ke belakang. Ketika menguap harus ditutup

Anak bukankah peniru yang ulung? Kita sebagai orang tua harus memberikan contoh dan teladan yang baik.  Bia orang tua berperilaku baik maka anak pun akan mengikuti.

2. Ditanamkan Di Sekolah
Budi pekerti bukan hanya diajarkan di rumah namun juga di sekolah, seperti contohnya bagaimana kita sebaiknya bergaul dengan teman di sekolah. Ketika berbicara selalu rendah hati, tertawa pun juga tak boleh terbahak-bahak. Selalu berkata sopan dan halus kepada Guru.
Juga harus ditanamkan rasa kebersamaan melalui tugas piket menyapu kelas yang diberikan oleh guru.

Nah begitulah pentingnya budi pekerti ditanamkan sejak dini agar berkurang kenakalan remaja, di samping itu tanamkanlah nilai luhur agama sejak dini sebagaii pondasi kuat dalam menapaki kehidupan.

No comments:

Post a Comment