SGM Eksplore Lengkapi Nutrisi Si Kecil, Jadikan Dunia Sahabatnya



SGM Eksplore Lengkapi Nutrisi Si Kecil, jadikan Dunia Sahabatnya - Kemarin Sabtu 1 Oktober 2016 saya menghadiri press release dari SGM eksplore di Royal Plaza Surabaya. Acara ini selain dihadiri para blogger, media ada juga tamu undangan. Di acara ini SGM Eksplore memberikan dukungan  kepada anak Indonesia untuk menjadi anak yang supel dengan meluncurkan kampanye terbarunya, " Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya." 

Dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat 5 faktor penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yaitu fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan ketrampilan sosial.  Dari kelima aspek tersebut ada dua yang utama yaitu aspek emosi dan ketrampilan sosial. Ketrampilan sosial erat hubungannya dengan kemampuan anak bekerjasama dengan orang lain di masa tumuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.


ketrampilan sosial mempunyai kaitan yag erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio emosional anak dalam masa tumbuh kembangnya. Anak yang tercukupi kebutuhan nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik serta berpotensi untuk memiliki ketrampilan sosial lebih baik dibandingkan dengan anak yang nutrisinya tidak tercukupi.
 
Acara dibuka dengan tarian menanam jagung dari TK Kertajaya. Gerakan mereka sangat gemulai dan lucu. Berikutnya sambuta dari Bp. Arif Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia. Beliau menjelaskan Sari Husada sebagai produk susu pertumbuhan mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia melalui produk SGM Eksplore, meluncurkan kampanye terbaruya "Lengkapi Nutrisinya Jadikan Dunia Sahabatnya. "

 Sesi berikutnya  penjelasan dari dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK. dokter spesialis gizi klinik. Beliau menyampaikan "Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang lengkap dan tepat, anak akan menjadi sehat. Salah satu ciri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut. "
Narasumer SGM Eksplore


Tumbuh kembang anak tergantung dari asupan gizinya. Bila anak kurang nutrisi akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Misalnya pertumbuhan fisik tidak optimal, tubuhnya pendek/ postur tubuh stunting, perkembangan organ metabolik tidak optimal.

Asupan nutrisi sangat berepngaruh pada perkembangan fisik, kesehatan, serta aktivitas anak. Jika anak kurang tercukupi nutrisinya maka akan mudah sakit dan akan mempengaruhi psikologisnya.
Karena anak sering sakit, juga akan berpengaruh pada kognitifnya. Karena jarang masuk sekolah maka akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. 

Untuk memenuhi asupan gizinya kita sebaiknya berpedoman pada piramida makanan , dimana asupan makronutrien dan mikronutrien harus imbang untuk pemenuhan nutrisi harian.
Susu juga penting untuk pemenuhan kalsium terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Untuk itu usahakan jadwal makanan yang teratur buat anak, berikan makanan yang variatif agar anak tak cepat bosan. Dan saat anak makan usahakan jauhkan dari gadget,televisi . Ciptakan suasana makan yang menyenangkan dan dengan menu yang menarik buat anak. Berusahalah sabar ketika menemani balita anda makan.

Pembicara ke-2 Psikolog Anna Suri Ariani, menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan yang baik. Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anka yang lebih tahan menghadapi stress, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang supel di kemudian hari.

Bila anak memiliki keterampilan sosial maka anak akan lebih mudah diterima di lingkungannya, anak akan mampu memnyelesaikan masalah dengan orang lain, anak dapat mengasah berbagai keterampilan hidup lain,  membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih semangat sekolah hingga prestasinya lebi optimal, so anak pun mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia.

Tapi perkembangan sosial anak-anak berbeda - beda tergantung usianya. Usia 1- 3 tahun biasanya anak merasa barang itu miliknya sendiri, takmau berbagi. Selain itu juga suka meniru, terkadang takut dengan orang baru, senang memilih dan mengatur serta terkadang kalau marah suka memukul atau mmbuang barang.

Untuk menstimulasinya, sering ajak anak bersilahturahmi atau ajak ketemu anak seusianya. Bertindak tegas ketika anak memukul. ajarkan anak untuk mengungkapkan keinginannya.

Sedangkan anak usia -6 tahun biasanya mempunyai sifat;
- Bisa mengantri dan mau bergiliran
- Senang bermain dengan teman sebaya daripada orang tua
-Suka berimajinasi
- Tahu jujur dan bohong

 Stimulasinya bagi anak usia ini adalah

- Ketika si kecil bertengkar dengan teman sebayanya, biarkanlah dia menyelesaikan sendiri dulu. Baru beri masukan.
- Ajari si kecil untuk antri, berbagi dan gantian maianan.
- Biarkanlah si kecil bermai dengan teman sebayanya orang tua melihat dari kejauhan.
- Ajak si kecil bermain ke rumah temannya

Selanjutnya Mbak Talitha Andini, Assistant brand Manager SSGM Eksplore mengatakan sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, maka SGM eksplore meluncurkan kampanye barunya Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya."

Kampanye ini selain melalui media televisi, Socmed, di toko-toko maupun mall.Kampanye ini merupakan salah satu bentuk dukungan pada para Bunda di Indonesia untuk bisa memberikakn produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki ketrampilan sosial yang baik.

Acara pun usai dan kami diajak mengelilingi arena bermain, dimana anak bisa bermain sambil belajar. Ada 4 macam arena yaitu 
1.Dunia Samudera
2. Dunia Langit
3. Dunia berkebun
4.Dunia Safari
Berbekal lebih 60 tahun menyediakan produk nutrisi bagi anak-anak Indonesia, SGM eksplore merupakan hasil kolaborasi pusat penelitian SariHusada di Yogyakarta dan pusat penelitian Nutricia di Singapura dan Belanda yang selalu berkomitmen memberikan produk inovatif untuk membantu mendukung pertumbuhan anak.

Selain di Surabaya, kampanye SGM eksplore "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya juga akan digelr di 4 kota lainnya:
Yogyakarta ( 4-6 November 2016)
Medan (25-27 November2016 )
Jakarta (2-4 Desember 2016)
Makasar ( 27-29 Desember 2016)

2 comments:

  1. anakku rada diem kalau ketemu orang baru,kadang pas dijawil langsung nangis hehehe..apa masih bayi,itu ngaruh kali ya hehe..makasih mak sharingnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin krena usianya masih bayi, nanti lama2 kalau sering diajak ketemu teman sebayanya mungkin nggak rewel lagi
      sama2 mak Smoga bermanfaat

      Delete