Treatment Gadget Holic , Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget di Mom n Jo Surabaya


Anak saya salah satu penyuka gadget untuk mengisi luangnya.Dari kecil terbiasa melihat ayahnya ngegame.Alhasil sekarang ini cenderung belajar lewat audio visual daripada mendengar dari gurunya.Selain itu kedua anak saya kurang sosialisasi dengan tetangga.Duuuh yang belakang ini saya akui salah s atu efek buruk dari membiasakan anak-anak setiap malam minggu main gadget kalau nggak diajak keluar jalan-jalan Papanya.

Pada tanggal 20 Desember 2016  lalu saya mendapat undangan treatment launching gadget holic untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, di Mom N Jo Surabaya dengan nara sumber MarybetsSinclair,LMT dan Ibu Edwina Natalia, M.Psi, Psikolog . Kebeneran banget nih nanti bisa tanya-tanya mengatasi anak yang sudah telanjur gadget holic. Ketika datang kesini, otak saya kosongkan bagai gelas dan siap diisi lagidengan ilmu baru.


Saat saya datang mata saya tertumbuk pada anak kecil yang duduk di 
sebelah saya sedang memainkan gadget mamanya bermain Upin dan Ipin. Ketika saya tanya pada Mamanya, kenapa anaknya diberi gadget itu? Jawaban Mamanya seperti apa yang sudah terbesit di pikiranku sekilas tadi, bahwa anaknya diberi gadget agar diam dan Mamanya bisa konsentrasi mengikuti seminar ini.

Jawaban ini dipertegas dengan sharing pengalaman dari Direktur Mom N Jo Jakarta Ibu EndahWulansari.Beliau memaparkan pengalaman anaknya yang sempat mengalami kecanduan gadget.Waktu itu beliau memberikan gadget pada anaknya agar mempermudaha nak belajar l ewat youtube atau aplikasi mainan yang ada di google play. Namun anaknya jadi cenderung egois, matanya selalu berair, dan tengkuk serta tangannya sering terasa nyeri.Setelah konsultasidengan psikolog, ternyata semua itu akibat dari keseringan bermain gadget. 

Dan posisi saat di depan gadget atau laptop salah. Setelah berkonsultasi dengan psikolog, anaknya disarankan untuk melakukan treatment.Treatmennya selain untuk mengurangi agar mata tak cepat merasa lelah juga untuk mengatasi posisi tulang punggung yang salah.Berdasarkan pengalaman pribadinya itulah maka Director Mom N Jo membuka treatment untuk gadget holic yang diajarkan oleh Marybetts Sinclair LMT.
Ibu Endah Wulansari Direkttur MOm N Jo Jkt

Pembicara kedua Ibu Edwina Natalia, M.Psi, Sebelum memaparkan materinya, Ibu Wina memancing pertanyaan kepada para peserta workshop, alasan apa yang mendasari Ibu-Ibu memberikan Gadget pada anaknya sejak dini. Jawaban peserta ada beberapa diantaranya : Agar anaknya diam saat orang tuanya sibuk, agar anaknya tak keluar rumah saat orang tuanya memasak.
Jawaban – jawaban ini mewakili suara hatikuJ. Dari jawaban ini bisa disimpulkan ternyata yang membiasakan bermain gadget adalah orang tua sendiri.Dari kebiasaan yang dibiarkandan terjadi berulang kali akhirnya menjadi kebiasaan akhirya menyebabkankecanduan.  Ah saya jadi teringat dengan anak pertama saya, ketika gadget saya rampas dengan paksa justru anak saya memberontak dan gulung koming tak karuan menunjukkan protesnya.

Menurut Ibu Wina untuk mengalihkan ketergantungan pada gadget, orang tua sebaiknya mengalihkan perhatian ke hal yang disukai anak-anak.Misalnya ketika anak bermain gadget sudah lewat dari setengah jam, ajaklah dia membaca atau bermain di taman. Bisa juga anakdiajak berolahraga untuk mengalihkan perhatiannya.
Orang tua harus tegasdan konsisten pada anak dengan memberikan batasan waktu bermain gadget.Apabila anak sudah ABG, apabila anak lebih suka bermain gadget, sebaiknya berikegiatan olahraga atau alihkan dengan bermain music atau ketrampilan.Sebab ketergantungan gadget bisa menyebabkan anak kurang gerak dan mengakibatkan anakobesitas.

Pembicara ketiga Mrs. Marybetts Sinclair, LMT memaparkan rata-rata orang Amerikamenghabiskanwaktunya di depan laptop, gadget maupun tablet kurang lebih 9 jam per hari. Kalau kalian berapa jam hayoodi depan laptop? Sejujurnya kalau saya sih, bangun tidur buka Hp, mautidurmasihbuka laptop dan Hp. Hahahahaha…lebih kali yadari 9 jam sehari di depan laptop. Tapi saya sih masih diselingi masak, nyapu, ngepel dan mencuci. (jihahahahaha pembelaanJ).Sedangkan anak-anak menghabiskan rata-rata 6,5 jam di depan layar.

Anak-anak sebaiknya jangan sampai non aktif atau tanpa gerak lebih dari satu jam di depan gadget, hal ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan matanya dan postur tubuhnya nanti.Untuk itu ajaklah anak-anak lebih banyak bermain dan melakukan aktivitas bergerak yang menyenangkan seperti menari, menyanyi, main petak umpet, main tali dan lain sebagainya.
Salah satu faktor yang menyebabkan sakit leher maupun ketegangan pada bahu akhir-akhir ini adalah karena kita sering salah memposisikan kepala dan bahu dalam seharian di depan gadget maupun laptop atau komputer, termasuk karena salah posisi tidur.

Saat menggunakan gadget sebaiknya pastikan posisi punggung jangan terlalu ditekuk.Semakin kita membungkuk maka akan semakin ketarik ototya. Dampak terlalu sering bermain gadget ternyata juga bisa menyebabkan mata juling.Untuk itu memerlukan beberapa kali treatment agar mata, posisi urat leher dan ketegangan bahu berkurang. Di Mom N Jo ini sudah ada lho treatment untuk mengatasi gadget holic.

Agar mata tak cepat lelah sebaiknya tiap 15 menit istirahatlah tiap 1 menit, kedipkan mata, lalu goyangkan bahu, sesekali berdiri dan berjalan. Hindarilah membaca melalui layar gadget saat larut malam karena bisa menyebabkan masalah tidur. Buku atau laptop sebaiknya dibaca di atas kemiringan 20 derajat.
Hindarilah membaca layar saat larut malam karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar tersebut.Pilihlah penerangan yang benar pada area kerja untuk mengurangi ketegangan mata.Pijat titik – titik tekanan di sekitar mata.
Ketika melihat handphone posisinya sebaiknya bengkokkan lengan di siku dan topang siku di bagian tulang rusuk, dan sangga handphone jarak lebih dekat ke wajah anda.
Waktu terbaik menggunakan gadget adalah 2 jam sebelum tidur.

Biar peserta tidak ngantuk, acara diselingi dengan pembagian doorprize .Setelah itu Mrs. Marybetts memberikan treatmen pada anak yang dipegakan oleh Jo. 




Duuuh aku membayangkan dipijat oleh Marybetts kok jadi pengin nyoba treatmennya.
 Posisi yang baik saat bekerja di depan komputer


1 comment:

  1. ayo mbak coba treatmentnya :D
    biasanya kalau kelamaan lihat gadget, jadi pegel nih bahu :D

    ReplyDelete