Onde-Onde Kumbu Kacang Tholo

Onde-onde kumbu kacang tholo
Onde-onde salah satu kue basah kesukaanku. Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia. Bahan dasar onde-onde untuk kulitnya berasal dari tepung ketan dan wijen. Biasanya digoreng dan dimakan saat hangat sungguh sedap. Onde-onde, berdasarkan Wikipedia kue yang berasal dari daerah Changan Tiongkok. Kemudian berkemang luas sampai negara Asia Timur dan Asia Tenggara.

Onde-onde biasanya diisi dengan kumbu kacang hijau. Tapi kali ini saya akan membuat onde-onde isi kacang tholo. Saat melihat di kulkas masih ada kacang tholo sisa praktek IPA anakku Lantip, maka aku bikin cemilan saja. Kacang thoo sebenarrnya bisa juga untuk campuran masakan sayur brongkos, sambel goreng tempe, sambel goreng kerecek. Tapi anakku kurang begitu suka dengan masakan pedas, maka aku browsing di blognya mbak Diah Didi. Eh nemu resep onde-onde pandan isi kumbu kacang tholo. Tapi kuit onde-onde yang saya bikin tanpa saya tambahkan pasta pandan.

Langsung saya catat bahannya di kertas, lalu cus ke pasar belanja. Onde-onde kumbu kacang tholo, mengingatkanku akan jajanan pasar saat aku masih kecil. Di Pasar jaten dulu ada penjual onde-onde isi kacang tholo dengan harga yang lebih murah daripada onde-onde isi kumbu kacang hijau. Dulu penjualkue basah onde-onde tepatberada di belakang toko kelontong Ibu.  Rasa onde-ondenya tak kalah gurih kok dengan yang berisi kumbu kacang hijau. 

Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang dikukus lalu dihaluskan
50 gram gula pasir (aku kemarin memakai 2 sendok makan munjung)
175 ml air hangat
1/2 sendok teh garam
100 gram wijen

Bahan Isi:
200 gram kacang tholo
100 ml santan ( saya pakai santan kara 65 ml +air )
50 gram gula pasir 
1/2 sendok teh garam
 1 lembar daun pandan

Cara membuat:
 Bahan Isi:
- Kacang tholo saya rebus dulu biar cepat empuk. Lalu ditiriskan setelah itu diblender dengan santan. 
-  Masukkan blenderan kacang tholo ke wajan, ambahkan gula, garam, daun pandan. Masaklah sampai kalis, jangan lupa diaduk-aduk biar tak gosong . Setelah kalis, bentuk bulat sebesar kelereng.

Bahan kulit:
- Campurkan tepung ketan, kentang rebus, gula, garam . Lalu masukkan air hangat sedikit demi sedikit, diaduk sampai tercampur rata dan bisa dipulungi atau kalis. Ambil adonan dan bentuk bulat lalu dipipihkan isi dengan kumbu kacang tholo. Bulatkan kembali, lalu gulingkan di wijen. Goreng sampai kuning kecoklatan. Gorenglah degan api sedang sambil rajin dibolak balik agar matangnya merata.

Onde-onde kumbu kacang tholo pun siap buat cemilan di sore hari dengan ditemani teh atau kopi.

1 comment:

  1. Resepnya patut dicoba neh, biasanya onde-onde iainya kacang hijau atau gula merah. Ini ada variasi baru

    ReplyDelete