Bantu Penuhi Nutrisi Buah Hati, Minute Maid Nutriforce Ajak Aksi Ibu Peduli Nutrisi



Setiap Ibu pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat dan berkembang. Di tangan Ibulah kebutuhan akan gizi anak akan terpenuhi. Kalau Bapak sih hanya tinggal bayar-bayar belanjaan dan kebutuhan makanan buah hati. Hehehehe

Tanggal 26 Februari 2018 bertempat di Noah Cafe & Bistro Jl. Pregolan no 41 Surabaya, saya menghadiri aksi Ibu peduli nutrisi yang diadakan oleh Minute Maid Nutriforce dalam rangka Hari Gizi Nasional . Surabaya merupakan salah satu kota yang dipilih Minute Maid Nutriforce sebagai bagian dari " Aksi Ibu Peduli Nutrisi".  Program ini bertujuan untuk mengedukasi para Ibu tentang kebaikan nutrisi bagi anak usia sekolah. Sasarannya adalah Ibu-ibu PKK baik yang berada di kota Surabaya maupun luar kota Surabaya.

Ada 3 pembicara pada acara ini : 
- dr. Grace Judio Kahl, Nutritionis
- Andrew Soendjojo, Marketing Manager Minute Maid
- Artika Sari Devi 
Artika sari Devi, Bp. Andrew,  dr. Grace Judio-Kahl
 Pembicara pertama dari ahli gizi dr. Grace Judio-Kahl memaparkan bahwa gizi anak sama dengan beban Ibu.
Setiap orang tua mendambakan anaknya sehat.  Ciri anak sehat yaitu :
- Aktif
- Kreatif
- Ketahanan tubuh baik

Masalah gizi anak di Indonesia 26,4% anak usia sekolah menderita anemia, berdasarkan riset kesehatan dasar 2013. Akibatnya ketika remaja, 1 dari 4 anak Indonesia tidak tumbuh dengan potensi sepenuhnya, karena tidak mendapat vitamin dan mineral yang cukup. 

Padahal kunci agar anak sehat adalah makan kenyang tapi harus sehat, biasa disebut dengan piring sehat. Piring sehat itu berisi :
- Karbohidrat (diibaratkan sebagai bensin)
- Protein bisa nabati maupun hewani (diibaratkan sebagai bahan bangunan/ bata)
- Sayur dan buah menagndung vitamin dan mineral (ibaratnya seperti cat)

Berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2013, anak usia sekolah dasar membutuhkan kebaikan gizi dari vitamin dan mineral seperti zink, zat besi,Vitamin B dan C, untuk mendukung banyaknya aktivitas mereka jalani serta kreatif saat belajar dan melakukan kegiatan di luar sekolah.
Berikut ini tabel angka kecukupan gizi yang dianjurkanbagi anak usia sekolah
Vitamin B bisa didapat dari biji-bijian, fungsi dari vitamin B untuk membantu metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin C terdapat pada sayuran hijau dan buah, berguna sebagai ketahanan tubuh.

Vitamin A, Vitamin C dan zinc berperan sebagai daya tahan tubuh.
Asam folat, vitamin B, zat besi untuk kreatifitas.
Vitamin B dan calsium berguna untuk aktif.

Untuk itu Ibu berperan penting dalam menyiapkan bekal sehat buat anak ke sekolah. Selain untuk mencegah agar anak tak suka jajan, juga agar anak terbiasa makan makanan sehat.  

Berikutnya Bp. Andrew Soendjojo, selaku marketing manager Minute Maid memaparkan visi dari minute maid yaitu memelihara keluarga Indonesia dengan kebaikan setiap harinya. Aksi Ibu peduli nutrisi bersama Minute Maid tahun ini sudah berjalan di 3 kota besar yaitu Jakarta, Makassar dan Surabaya. Kegiatan ini sejalan dengan semangat dan fokus Hari Gizi nasional dengan menitik beratkan membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi.

Minute Maid Nutriforce mengandung jus buah segar dengan 2 buah rasa yaitu mangga dan jeruk, Dan jangan khawatir Minute maid ini tanpa pengawet, tanpa pewarna dan tanpa pemanis buatan.
Minute Maid mengandung 11 vitamin, membantu penuhi 1/3 kebutuhan nutrisi si buah hati.
Dari dua rasa tersebut, anakku paling suka yang mangga. Minute Maid dibandrol dengan harga Rp 3000, jadi tak perlu merogoh kantong lebih dalam. 
Sehari untuk anak balita cukup 1 saja. Sedangkan maksimal buat dewasa sehari hanya 3 .

Artika sari Devi mnambahkan sebagai seorang Ibu diantara ksibukannya sebagai publik figure, dia selalu memperhatikan kebutuhan gizi anaknya terpenuhi. Salah satunya dengan membuatkan bekal sekolah buat kedua putrinya. Kedua putrinya yang selalu aktif dan mengikuti ekstra sekolah, membutuhkan asupan gizi seimbang. Dalam membuat bekal makanan, Artika selalu melibatkan anak-anaknya. Contohnya kedua putrinya disuruh memilih sayuran apa yang akan dibawa?  lalu mereka ikut menyiapkan malam harinya, memetik atau membersihkannya. Hal in dilakukan untuk mengenalkan aneka sayuran dan mendekatkan dengan anak-anak.

Selain itu juga memeberi contoh makan sayuran saat makan bersama. Ditanamkan dalam diri merekabahwa apa yang orang tua makan juga mereka makan. 

Dalam acara kali ini Artika Sari Dewi, demo masak bekal buat anak sekolah yaitu dengan membuat waffle buah, sebagai pendamping minumannya adalah Minute Maid Nutriforce.
Waffle buah
 Wow, beruntungnya diriku ikut acara ini, ilmu saya jadi bertambah. Dan siap menyebarkan ilmu yang sudah saya dapatkan dan akan menyebarkan serta menebarkan apa yang sudah saya dapatkan. Agar anak-anak berprestasi serta sehat.

No comments:

Post a Comment