Cara Mengurus SIM Hilang Di Sidoarjo


Kemarin saat saya ke Malang, kecopetan dompet di daerah Pasar Besar Malang. Semua isi dompet hilang, uangnya sih saya ikhlaskan. Tapi surat penting seperti ATM, SIM, NPWP, KTP ikutan hilang dong. Langsung bayangan saya repotnya mengurus lagi surat-surat penting tersebut. Terutama mengurus SIM hilang.

Kemarin sebelum pulang ke Sidoarjo saya mengurus surat kehilangan dulu di Polres Kedung Kandang Malang dengan dibantu tukang Gojek. Alhamdulillah walau dompet melayang namun HP masih terselamatkan jadi masih bisa pesan Gojek dan membayar pakai GOPAY. Saat di Polres Kedung Kandang ini, tukang ojeknya juga mau menunggu sampai laporan saya selesai. Kemudian saya diantar ke sekolah anak saya di daerah Sawo Jajar. Maksud hati ingin memberikan tambahan tunai memakai uang anak saya, namun Bapak drivernya hanya minta tip saja melalui Gopay, dengan menambahkan catatan. Alhamdulillah masih ada orang baik yang tulus ikhlas menolong saya, walau sama sekali belum kenal.Saya masih ingat nama drivernya Bapak Nur Hidayat.

Hari ini  Saya langsung mengurus SIM yang hilang dulu. Untuk mengurus SIM yang hilang di daerah Sidoarjo bisa langsung menuju ke SIM Corner ada di :
- SUN City Mall lantai 3 , Buka jam 09:00 pagi
- Transmart di lantai 1, buka jam : 16:00 WIB
- Lippo Plaza di dekat pintu masuk belakang, Buka jama 09:00 WIB( di sini kuotanya hanya 50 saja.dan jam 8 pagi sudah dilayani)

Syarat untuk mebgurus SIM yang hilang, hampir sama dengan mengurus perpanjangan SIM. Surat yang sebaiknya dibawa :
- Surat kehilangan dari POLRES.
- Fotocopy KK
- Jika punya Fotocopy KTP

Tadi siang jam 11, kuota SIM Corner di Sun City Mall sudah habis, saya hanya mendapatkan stempel dan disuruh datang kembali besok sambil membawa Surat rekomendasi dari Polres Sidoarjo. 
 Akhirnya saya meluncur ke Polres Sidoarjo untuk mengurus surat rekomendasi SIM.
Lantai 2 Polres Sidoarjo utk mengurus surat rekomendasi

Untuk mengurus surat rekomendasi SIM ini, anda ke bagian pengurusan SIM lantai 2. Berhubung sudah siang maka surat baru selesai besok jam 09:00 WIB. Jangan lupa saat memasukkan berkas yang sudah distempel dari SIM Corner tadi, berilah map biru untuk SIM C. Kebetulan yang hilang punyaku SIM C. Beli saja di Fotocopy-an Polres, seharga Rp 3000.

Kalau sudah lengkap bawa kembali ke SIM corner di tempat semula mendapatkan stempel awal. Karena saya tadi pagi mengurusnya di Sun City Mall, maka  saya kembali lagi ke sini.
Taruh berkas ke petugas, lalu tunggu panggilan.

Kalau sudah dipanggil, maka akan diberi berkas untuk diisi data diri. Isilah data,
kembalikan kepada petugas. Kemudian bayar di SATPAS untuk perpanjangan SIM C Rp 75,000.

 Eh jangan lupa masih ada biaya untuk tes kesehatan dan asuransi ya. Total kurang lebih habis Rp 135.00
Itu untuk tahun 2018 ya.

Kemudian lakukan sidik jari, tanda tangan dan pas foto. Selesailah urusan. SIM pun langsung jadi.  

Catatan agar mendapatkan kuota SIM di Sun City Mall sebaiknya datang pagi. 

No comments:

Post a Comment