7 Tips Berburu Beasiswa S2 ke Luar Negeri

7 Tips Berburu Beasiswa S2 ke Luar Negeri



Setelah lulus kuliah S1, ada dua pilihan : melanjutkan studi S2 atau kerja ? Bila pilihannya melanjutkan studi S2,  melanjutkan kuliah di dalam negeri atau luar negeri. Eh pas mau melanjutkan kuliah S 2, mau nggak mau kudu siap dengan biaya. La kalau orang tua kaya dan sanggup membiayai ke jenjang berikutnya atau sudah punya tabungan sendiri buat studi selanjutnya, rapopo alias nggak apa-apa. Ra sah mikir ngelu biaya. Kalau dana minim, salah satu solusinya  berburu beasiswa S2 ke luar negeri. Walau butuh perjuangan yang tak mudah dan butuh waktu yang panjang.

Dengan adanya dunia maya semakin mempermudah mencari lowongan dan info-info beasiswa. Untuk mendukung keperluan itu tentunya dibutuhkan laptop atau HP, semuanya bisa dibeli di  IPrice. Apalagi di sini ada promo-promo dan diskonan.

 
  Oke, kembali lagi ke   tips mengajukan beasiswa S2 ke luar negeri diantaranya:  Ada sekitar 7 persyaratan yang sebaiknya dipahami dan dipenuhi satu per satu sebelum mengajukannya.

-        1. Skor TOEFL/ IELTS


Skor TOEFL/IELTS untuk kuliah ke luar negeri sangat menentukan. Untuk kuliah ke luar negeri, tentu saja persyaratan utamanya kudu lancar bahasa Inggris. Penuhi skor TOEFL/IELTS yang ditentukan oleh sponsor beasiswa. Bila perlu ikut kursus TOEFL/IELTS.

-        2. Pengalaman Kerja

Untuk mengisi CV, lebih baik pengalaman kerja dicantumkan setidaknya setelah mempunyai pengalaman kerja selama 2-3 tahun. Dengan pengalaman kerja ini, akan membuka peluang kerja sama antara Universitas tempat mahasiswa studi dan tempat kerja. Jika ingin langsung melanjutkan S2 selepas S1, lebih baik anda mencari pekerjaan sambil kuliah untuk menambah pengalaman kerja.

-        3. Publikasi
Usahakan sudah mulai menyukai menulis artikel, buku atau essai, sejak di bangku kuliah.  Kumpulkanlah artikel atau essai yang pernah diterbitkan baik di majalah kampus atau Koran lokal. Karena dengan adanya publikasi tulisan, akan menambah nilai plus di mata pihak sponsor beasiswa.

-        4. Ikut Organisasi
Di daftar pengajuan beasiswa biasanya ada kolom yang harus diisi pengalaman organisasi baik di kampus maupun di luar kampus. Isilah pengalaman organisasi yang pernah ataupun sedang diikuti. Nah sebaiknya selama kuliah aktif ikut organisasi, karena dengan ikut organisasi akan melatih tanggung jawab, melatih cara mengatasi masalah  dan bersosialisasi.
Ingat ya sebaiknya ikut organisasi yang disukai oleh pihak sponsor misalnya : Organisasi yang berhubungan dengan pendidikan,  kemasyarakatan, lingkungan dan lin sebagainya. Usahakan ikuti organisasi yang bisa mendukung enjang pendidikan masa depanmu.

-        5.Prestasi
Berusahalah ikut kompetisi yang diadakan di kampus. Entah kompetisi akademis maupun di luar akademis, misalnya : kompetisi pencak silat, tari, karya ilmiah, dll.  Dengan adanya prestasi ini, bisa menambah CV. Tunjukkan bakat dan ketrampilan serta prestasi agar mempunyai nilai plus di mata kompetitor lain. Catatlah prestasi anda, semakin berprestasi akan lebih baik buat pengajuan beasiswa.

-        6. Siapkan Topik Penelitian
Sebelum melamar, setidaknya sudah mempunyai gambaran topik penelitian yang akan diangkat untuk meraih S2. Ikuti dari media online maupun Koran atau media sosial, topik apa yang sedang viral. Biasanya pihak sponsor beasiswa tertarik dengan isu yang tren di masyarakat. Jika anda mengambil penelitian yang berhubungan dengan isu-isu di masyarakat,  harapannya dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

-        7. Surat Rekomendasi

Selain prestasi akademik dan IPK lebih dari 3,00. Sebaiknya minta surat rekomendasi dari Dosen pembimbing dan  Doktor.Dengan surat rekomendasi digunakan oleh sponsor beasiswa untuk melihat kemampuan mahasiswa yang bersangkutan dapat menyelesaikan S2 dengan sukses. Jalinlah komunikasi yag baik dengan dosen  agar mendapatkan rekomendasi yang diinginkan.

Nah itu tadi 7 tips berburu beasiswa S2 ke Luar negeri yang bisa dilakukan. Selain itu jangan lupa berdoa pada Allah, karena Dialah yang dapat mengabulkan segala usaha kita.
 

5 comments:

  1. Bermanfaat sekali nih ya tipsnya buat yang mau kuliah S2 ke luar negeri

    ReplyDelete
  2. Wah dengan memiliki test Toefl yang tinggi itu juga akan menunjang ya

    ReplyDelete
  3. Menurutku memang harus ya ada surat rekomendai itu, akan tetapi juga harus dengan prestasi yang bagus

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih kak atas informasinya

    ReplyDelete
  5. Tips untuk masuk S1 nggak ada a ini hehe :D. Soalnya pingin banget bisa kuliah :)

    ReplyDelete