Bandeng Sidoarjo



Sidoarjo selain terkenal dengan kuliner lontong kupang, juga terkenal sebagai penghasil udang dan bandeng.Masyarakat Sidoarjo banyak yang berpenghasilan sebagai petani tambak bandeng dan udang. Karena terkenal sebagai penghasil udang dan bandeng sampai ada patung Jayandaru di alun-alun dengan simbol udang dan bandeng. 

Banyaknya penghasil bandeng ini, membuat bandeng jadi oleh-oleh favorit dari Sidoarjo. Ada beberapa olahan yang bisa dihasilkan dari bandeng. Dan industri pengolahan bandeng ini, banyak yang dikerjakan di rumah oleh Ibu-Ibu rumah tangga.

 Olahan Bandeng

Karena melimpahnya hasil bandeng di Sidoarjo, menjadikan beberapa warga mengolah bandeng menjadi oleh-oleh khas  Sidoarjo. Contohnya : bandeng presto, bandeng asap, otak-otak bandeng bahkan sekarang ada yang mengembangkan sebagai olahan serundeng bandeng. Nah ada lagi yang sangat disenangi anakku bandeng bakar tanpa duri.

Baca juga : Bandeng Bu Djalil

Hasil olahan ini semuaya dikerjakan dengan alat sederhana dan sebagian menjadi penghasilan di rumah bagi kaum Ibu-Ibu.
Di pasar setiap pagi ada yang jual bandeng presto dan otak-otak bandeng. Bandeng presto dan otak-otak bandeng kalau di Sidoarjo selain dijadikan lauk biasanya untuk isi berkat saat ada yang mempunyai hajatan.

Bandeng presto merupakan bandeng yang diolah dengan cara dimasak dengan panci presto hingga durinya lunak, lalu bandeng digoreng dengan balutan telur.

Sedangkan otak-otak bandeng,  daging bandeng dikeluarkan dan dibuang tulang serta durinya. daging bandengnya ditambahkan kelapa parut serta bumbu rempah-rempah dan campuran telur kemudian dimasukkan kembali ke dalan perut bandeng. Dikukus lalu digoreng. Ada juga otak-otak yang dibakar. Rasanya gurih dan manis.

Satu  lagi produk rumahan yang sedang dikembangkan yaitu serundeng bandeng.Serundeng bandeng bahan utamanya kelapa muda danbandeng tanpa duri yang diambil dagingnya dibumbui dengan rempah-rempah.

Ada juga bandeng bakar tanpa duri, biasanya dititipkan di warung ke basah dekat rumahku.

Pusat Oleh-Oleh Bandeng

Karena melimpahnya hasil bandeng dari para petani tambak, akhirya bandeng dijadikan sebagai oelh-olh favorit dari kota Sidoarjo. Hasil olahan bandeng bisa anda dapatkan di beberapa pusat oleh-oleh  di kota Sidoarjo. Otak-otak bandeng, bandeng presto, bandeng asap bisa dibeli di toko oleh-oleh Tanjung atau Mitra di Jl. Majapahit Sidoarjo.

Untuk mendapatkan harga bandeng asap dan presto yang agak miring bisa anda dapatkan di Jl. Kartini di toko Ibu Nashor, Bandeng Asap Bu Achmadi.
Atau bisa juga hubungi Bandeng Asap Bu Djalil di Jl. Sumbawa no 41.

Harga Bandeng Di Sidoarjo

Harga bandeng presto dan bandeng asap, tergantung besar kecilnya bandeng. Kalau di toko oleh-oleh Tanjung atau Mitra harga bandeng asap sekitar Rp 70.000 untuk ukuran kecil. Otak-otak bandeng harganya sekitar Rp 65.000. Sedangkan Untuk bandeng presto sekitar Rp 65.000 semuanya tergantung besar kecilnya bandeng ya.

Harga ini beda lagi kalau kita beli di toko kue atau di sekitar Jalan Kartini. Di Jalan Kartini, harga bandeng asap sekitar Rp 35.000 - Rp 55.000.
Harga bandeng presto dari Rp 20.000 - Rp 35.000.
Mau pengin beli yang murah lagi namun bandengnya lebih kecil ada di toko kue di perumahanku, utiara Citra Graha. Harga bandeng prestonya hanya Rp 17.000 dan bandeng bakar tanpa duri Rp 22.000 sudah termasuk sambelnya.

Cara membuat bandeng asap dan cara menghangatkannya

Bila pembaca ingin membuat bandeng asap sendiri di rumah bisa lho. kemarin saat saya membeli bandeng asap di Bu Djalil dan Nashor pemiliknya memberikan resep padaku. Tapi mereka hanya sekedar memberi tahu cara pengolahan bandeng asap ya. 
Caranya : setelah bandeng dibersihkan dari isi perutnya, kemudia dicuci bersih. Lalu direndam dengan air garam. Untuk pengasapan ada yang menggunakan sabut kelapa dan arang bathok. Ada juga yang memakai ampas tebu atau kayu.
Setelah bandeng direndam dengan air garam kemudian ditata di oven tanah. Diasap sekitar 5-8 jam kemudian diangkat dan ditus biar minyak yang dihasilkan dari lemak bandeng menetes dan jadi keset.

 Kalau di rumah bisa menggunakan wajan yang dialasi dengan sumpit kayu dengan dialasi daun pisang. Lalu ditutup. Tutupnya gunakan serbet agar air tak menetes. Nyalakan kompor dan tunggu sampai berubah menjadi kuning tembaga.

Untuk resep bandeng presto : Setelah bandeng dibersihkan dari isi perutnya maskkan ke dalam panci presto dengan dialasi daun pisang. Bumbunya kalau Saya, hanya bawang putih, ketumbar, kunyit, garam, lengkuas, daun salam dan serai. Saya presto bandeng sekitar 1 jam. Ingat sisik jangan dibersihkan agar tak lengket di panci.

Untuk oleh-oleh, bandeng asap dan presto ketika mau dbawa ke daerah lain bisa bertahan 4-5 jam bertahan di kulkas.Biar lebih awet, Saya kukus kembali untuk bandeng asapnya sebelum dibawa ke Solo. Sedangkan bandeng presto saya panasi di wajan teflon tanpa menggunakan minyak.

Lelang Bandeng Sidoarjo

Buat meningkatkan produksi bandeng,di sidoarjo mempunyai tradisi lelang bandeng. Lelang bandeng biasanya diadakan saat peringatan Maulid Nabi Muhammada SAW, acaranya selalu di alun-alun Sidoarjo.
Selain untuk menjunjungtinggi Nabi Muhammad SAW, acara ini bertujuan memotivasi petani agar produksi bandengnya lebih meningkat serta  mempromosikan hasil tambaknya.

Hasil bandeng yang dilelang biasanya bandeng yang dipelihara di tambak selama 5- 10 tahun. Dan bobot bandeng biasanya sekitar 7 kg - 10 kg per ekor.
Bandeng ini disebut "Bandeng Kawakan"

Selain acaralelang bandung ada juga acara lomba musik patrol, karnaval, bazar, dan pentas musik dangdut. Setiap ada lelang bandeng, alun-alun dipenuhi warga Sidoarjo .

No comments:

Post a Comment