Ayam Suwir Kecap Creamy

Ayam suwir kecap creamy

Ayam Suwir kecap creamy ini recook dari instagramnya Mbak @Dhilasina. Kegiatan pagi hari atau menjelang tidur, Saya selain nonton televisi juga  buka instagram. Sambil leyeh -leyeh siapa tahu nemu menu yang sesuai buat besok. Kalau jaman dulu hobi mengumpulkan koran yang berisi resep, sekarang tinggal mainkan jari saja ketika mampet mau masak apa.

IG masak memasak selain Anita Joyo, Xanderkitchen, Diah Didi, satu lagi yang ku follow, Dhilasina. Masakan mereka kalau direcook, anti gagal dan kebanyakan masakan rumahan. Memang sengaja saya langsung meluncur ke Profilnya Dhilasina, karena sekitar seminggu atau beberapa hari yang lalu sempat lihat resep ayam suwir d feednya. tapi ayam suwirnya beda dengan resep yang biasa Saya masak. 
Bahannya hanya dada ayam dan bumbunya cukup simple tak usah nguleg, hanya iris dan geprek. Tapikelihatan enak. begitu baca bahannya pakai kecap. langsung terngiang-ngiang di kepala terus. Tapi belum sempat praktek. Akhirnya kemarin baru bisa eksekusi.

Ayamnya  sudah ku rebus dan goreng kemudian disueir-suwir, simpan di kulkas malam hari. Pagi harinya tinggal cemplungin semua bahan dan ditumis, hanya 15 menit jadi. Lumayan bisa buat sarapan.

Jadi langkah dan bumbu serta bahan Saya tiru persis seperti resep dar Mbak Dhilasina ya. Rasanya ketia sudah matang, manis dan creamy,enak. Anak dan Suami suka.

Bahan:
- 1 Dada ayam dibelah 2 , rebus dengan 2 lembar daun salam,garam,merica dan 1 siung bawang putih digeprek.

Bumbu:
- 3 siung bawang putih dikeprek kemudian dicincang halus.
- 1 siung ukuran sedang bawang bombay
- 2 lembar dan salam.
- 1 batang serai
- 1 sendok makan saus tiram
-  1 sendok makan saus tomat
- 4 sendok makan kecap manis ( sesuai selera saja)
-  250 ml + 4 sendok makan munjung fiber cream
- garam 1  sendok teh, merica bubuk 1 sendok teh
- 2 buah cabai merah iris serong

Cara membuat:
1. Dada ayam yang sudah direbus digoreng sampai kuning kecoklatan. Kemudian disuwir
 2. Geprek bawang putih dan cincang sampai halus. Bawang bombay diiris kotak dadu.
3. Tumis bawang bombay dan bawang putih, daun salam, serai, cabai merah sampai harum dan layu.
4.Tambahkan saus tomat, saus tiram, kecap kemudian diaduk sampai rata.
5. Masukkan ayam suwir, air yang sudah dicampur dengan fiber cream.Tambahkan garam, merica. Masak hingga kuah agak berkurang dan kenal
6. Angkat dan sajikan

Oo iya, kalau di resepnya Mbak Dhilasina memakai air dan susu putih. Kalau Saya pakai fiber cream . Rasanya memang enak dan creamy. seperti di katering - katering.

Menu ayam suwir kecap creamy, cocok  buat teman nasi uduk atau nasi kuning.
 Bagi penyuka pedas, cabai merahnya bisa ditambahkan ya. Kalau suka manis dan lebih mantab boleh ditambahkan gula pasir kurang lebih 1 sendok makan. Karena keluargaku penyuka masakan manis makanya kutambahkan gula pasir. Walau di resp aslinya tidak dicantumkan.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment