Hal Kecil Yang Membuatku Bahagia

Seringkali kebahagiaan identik dengan keberhasilan. Tentunya ukuran kebahagian setiap orang berbeda-beda.  Kebahagiaan  setelah mencapai sesuatu yang besar contohnya lulus cumlaude, menikah dengan pria  seperti Kapten Ri di CLOY, Menang lomba dan lain sebagainya. Ternyata selain kebahagiaan besar itu, masih ada kebahagiaan kecil yang sering Saya lupa dan syukuri. Kebahagiaan perlu diciptakan walau itu kebahagiaan kecil.


Hal kecil yang membuatku bahagia diantaranya :


1. Ketika Chat langsung dibalas anak dan Suami

Saat kangen, Saya typing dan langsung direspon cepat bahkan langsung dividcall, merupakan kebahagiaan sendiri. Apalagi saat di rumah sepi hanya berteman televisi, pengin punya teman ngobrol, buat membunuh waktu setelah semua urusan pekerjaan rumah tangga selesai. Sekarang ini anak - anak sering main dengan temannya, dan suami pun lagi dinas luar Pulau., sepi kan jadinya. Buat ngisi suwung akhirnya chatting dengan suami, teman dan langsung direspon adalah sesuatu bagiku.

2. Masakan Habis Dimakan 

Ketika hampir setengah hari nguprek di dapur  lalu makanan terhidang di meja ludes. Padahal rasanya  kasinen atau karena nggak ada pilihan lain, pokok e makananku ludes itu membuat bahagia. Apalagi ada sedikit pujian dengan senyuman, uenaaak iki Ma, dari 1 sampai 10  nilainya 8.Ngunu wae diriku wis klepek-klepek. Kadang dengan candaan anak-anak bilang, Wah makanan e Mama koyo air laut. Atau makanannya terlalu pedas,anak Mbarep mensiasati tambahan kecap.Jadi kebahagiaan kecil dengan candaan anak-anak ketika masakan Mamanya nggak sesuai harapan itu, membuatku mesem ngguyu.

Psst tapi kadang akhirnya mereka keluar, tahu-tahu membawa masakan matengan . Entah mie goreng atau bebek goreng.


3. Berkebun

Berkebun belimbing wuluh
Belimbing wuluh

Melihat yang hijau di sekelumit sisa tanah depan rumah itu membahagiakan. Ketika memindah tanaman ke pot baru, kemudian menunggu anggrek dan adenium berbunga, hal kecil bagi orang lain. Namun kegiatan ini membuatku bahagia. Apalagi kalau tanaman yang Saya tanam bermanfaat buat tetangga. Daun salam, daun sirih merah, belimbing wuluh yang tak pernah berhenti berbuah dan diambil tukang Sayur atau tetangga, membuat dada membuncah karena apa yang Saya tanam menghasilkan dan bermanfaat buat sesama.

Bahkan adanya tanaman sirih merah dan hijau, menambah kenalan dan jalinan silahturahmi dengan tetangga lain komplek serta kampung sebelah.

4. Ketika Menonton Drama Korea Sampai Tamat

Setiap akhir pekan,  Saya menciptakan kebahagiaan buat diri sendiri. Mempunyai waktu sendiri tanpa kebingungan mau masak apa, yang penting tersedia nasi, kecap dan stok telur di kulkas. Lalu ngapain seharian ? Hanya glundang - glundang  menonton drama Korea sampai  tamat. Lalu baca buku sambil maskeran. Dilanjut creambath . Drama Korea  seperti serbuk  energi buat kegiatan seminggu berikutnya. Melihat Oppa dan Ahjussi, halu sebentar ben tetep waras.


5. Melihat Senyuman Anak-anak

Sedihnya anak tentunya seorang Ibu turut merasakan. Kebahagiaan anak juga merupakan kebahagiaan orang tua. Kala penat melanda melihat candaan anak dan kerukunan antara kedua anakku membuatku tersenyum lebar. Apalagi saat bangun pagi, atau pulang dari bepergian, disambut dengan tawa dan cerita mereka selama ditinggal. Bahkan saat berbincang masalah perempuan cantik, versi mereka masing-masing sudah membuatku bahagia.

Anak yang sholeh, manut , berbakti dan tidak neko-neko merupakan kebahagiaan tersendiri yang tak bisa dibeli.

Selain 5 hal kecil di atas, ada hal kecil lain yang membuatku senang. Diantaranya berkumpul dengan teman sehobi, Check out baju di online shop, berkumpul dengan adik-adik dan bisa menikmati semangkok  Indo mie rebus cabe 2 dengan telur dan sawi, Indomie dimakan saat malam hari atau di musim penghujan ditemani secangkir teh hangat. Wareg tur kemebul.

Kalau hal kecil yang membuat bahagia kalian apa?

3 comments:

  1. Baca ini udah bikin aku bahagyaaaa mba.
    Kocak dan jujur bgt 😉

    ReplyDelete
  2. Melihat senyuman anak-anak tuh Mbak yang paling bikin semangat, meski kadang setelah itu ganti jadi teriakan mereka berantem, abis itu baikan lagi, hadeehh.. :D

    Kalau saya pengennya pas ngechat cepat dibalas, tapi jangan di telpon apalagi VC, duuhh kagak suka banget saya terima telpon, jadinya malah ngabisin waktu banget, mungkin karena saya nyuri-nyuri waktu banget buat ngerjakan segala sesuatu ya, jadinya kadang malah balas chat pun ketunda mulu :D

    ReplyDelete
  3. Kalau masak sesuatu terus dihabiskan keluarga rasanya emang bikin bahagia, sebaliknya kalau kit masak terus gak ada yang makan entah karena gak enak atau hak sempat makan dirumah, rasanya nyesek si dada

    ReplyDelete