4 Hal Penting Proses Kreatif Membuat Foto Flatlay

 

BTS FOTO FLATLAY

Sekarang ini feed instagram sedang disukai. Untuk mengabadikan sebuah moment atau membuat konten diperlukan foto yang menarik dan sedap dipandang mata.Baik komposisi dan angle foto mempengaruhi, enak dipandang atau nggak.Membuat konten instagram tak sembarangan langsung jepret foto, langsung upload . 

 Diperlukan beberapa hal agar foto terlihat bagus sebelum diunggah di feed. Sebagai seorang blogger, Saya pun terus belajar untuk meningkatkan hasil foto di konten blog maupun instagram dengan gaya ATM. Amati Tiru lalu Modifikasi. Sebelum mulai foto ada 4 hal penting yang kudu disiapkan. Terutama menyiapkan foto untuk flatlay. Pembuatan foto flatlay bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan.


  4 hal penting dalam proses kreatip membuat foto flatlay

 1. Background dan alas foto 

 Untuk membuat foto flatlay, dibutuhkan alas foto. Pilihan alas foto bisa membuat sendiri atau beli di toko perlengkapan foto. Atau bisa juga menggunakan kain. Dulu, untuk membuat alas putih Saya menggunakan mukena atau seragam.putih yang tidak terpakai. Bisa juga memakai karton putih. Kertas kado dengan motif polos bisa juga digunakan. Tapi berhubung sekarang sudah banyak pilihan di toko tinggal pilih warna dasar saja.Misalnya warna putih, abu-abi dan hitam. Alas foto terbuat dari aneka bahan, pvc, kulit sintetis atau kain.Unyuk alas PVC, bila kotor gampang membersihkannya. Tinggal dilap menggunakan kain basah. Background foto, bisa menggunakan meja di restaurant. Atau menggunakan triplek yang tak terpakai. 

 2. Lighting 

 Saya memotret produk atau objek sekitar jam 9 pagi . Jam 12 Siang atau Sore jam 3. Menggunakan arah sinar matahari pagi saat jam 9 bagiku saat tepat. Cahaya dari arah jendela atau pintu, tanpa menggunakan lampu. Kalau cuaca mendung baru memakai tambahan lampu belajar. 

 3. Komposisi objek foto 

 Karena kurangnya property, Saya lebih suka konsep kini minimalis daripada yang messy. Aksesoris seperti bros, kalung atau jilbab terkadang sebagai pemanis. Kadang menggunakan bunga atau dari kebun . Untuk pengambilan foto flatlay diambil dari sudut 90°. Biar tak goyang bisa menggunakan tripod.

 4. Editing 

 Sebelum upload di blog atau Instagram, Saya menggunakan editing snapseep atau pictsart, dan canva.Kadang cukup edit dari Instagram. Pemakaian snapseed untuk bantuan croping, pencahayaan, saturasi, warmth,kontras hightligt. Selain itu menggunakan teks, kurva dan kuas untuk menambah pencahayaan atau menambah gelap. 


 Nah ke-empat hal yang diperlukan dalam proses kreatip membuat foto flatlay ala Saya. Mungkin teman-teman bisa menambahkan jika ada yang kurang di kolom komentar ya. Ingat untuk mendapatkannide bisa melihat darinhastag dininstagramnatau melihat dinointerest.Lalu lakukan ATM, Amati Tiru dan Modifikasi. Jangan lupa terus praktek dan berkarya hingga mencapai klik pada sebuah karya.

No comments:

Post a Comment