Tips Mengurus Pajak STNK 5 Tahunan Sepeda Motor Di SAMSAT Sidoarjo



Kemarin, saya diantar suami, mengurus  Pajak STNK 5 tahunan sepeda motor Di SAMSAT Sidoarjo. Berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi, dengan maksud agar tak antri dan bisa cuuus nganter pak suami ke bandara. Ternyata sampai di kantor Samsat antriannya  bagai ular. Begitu parkir motor mataku celingukan mencari para calo yang biasa di tempat parkiran, wuiiih ternyata bersih sih. Lalu aku tanya ke tukang parkir dimanakah mereka gerangan? Ternyata mereka sudah tak boleh lagi beroperasi di situ. Ah jadi membayangkan mereka lalu membuka jasa dimana ya? 


Beberapa bapak-bapak sepertinya juga sedang longok -longok cari calo. Aku sapa dengan senyum, dan beliau pun bertanya padaku dimana ya calo-calo itu, lalu aku jawab sudah nggak ada Pak . Takut sama satgas. Beliau rupanya sepertinya baru pertama kali ngurus sendiri, katanya biasanya hanya pasrah ke calo dan menunggu nggak sampai satu jam selesai. Lalu kami pun bersama ke tempat foto copyan, aku membeli map, bapaknya mau fotocopy dan beli map juga.

Nah berikut ini langkahnya ya kalau mau pajak :
* Ketika mau parkir kita diberi keplek oleh tukang parkir,untuk pajak tahunan berwarna biru sedangkan yang lima tahunan kepleknya berwarna merah. 
* Setelah itu kita harus fotocopy KTP. STNK, BPKB. (bisa fotocopy di dekat kantin samsat, bisa juga di depan gedung dekat formulir cek phisik). Berhubung kemarin saya sudah fotocopy jadi tinggal beli mapnya dan minta dijepret baik fotocopy ktp,stnk, bpkb maupun yang aslinya. Kalau yang lima tahunan mapnya warna merah, yang setahun mapnya warna biru.

* Lalu pergi ke bagian cek phisik untuk ambil formulir di bagian belakang. Di sini kita akan diberi formulir dan stiker untuk menggosok nomor mesin. Isilah formulir, jangan lupa bawa bolpoint untuk mengisinya daripada pinjam. 

Map dan Stiker untuk digosok di mesin


* Bawa kendaraan ke bagian cek phisik, tempatnya dekat parkiran. Kendaraan kita  akan digosok nomor mesinnya.
Kemarin petugasnya hanya satu, sudah agak tua pula jadi antriannya panjang, lama dan panas pula. Duuuh butuh kesabaran yang tinggi. Untung 2 petugas bagian cek phisik mobil segera membantu, bisa-bisa 2 jam antrinya. Aku antri di sini sekitar satu jam .
Cek Phisik kendaraan

*Cek phisik kelar dan stiker sudah ditempel di formulir, maka formulir kita kembalikan lagi ke bagian pas pertama ambil formulir cek phisik untuk ditanda tangani. Kelar ditanda tangani, berikan ke ruangan sebelahnya lalu bayar biaya stnk, aku bayar 80.000,  kita akan diberi lagi formulir warna biru yang lebar. Isilah sesuai dengan contoh yang ada di meja. Kalau kurang paham mending dikosongi.



* Masuk ke ruangan untuk antri daftar ke bagian kasir. Tunggulah hingga petugas memanggil. Bayar di kasir, lalu kita tunggu panggilan untuk menyerahkan map dan akan diberi surat pajak yang baru.(Pajak motor saya kemarin sekitar 234.000 ditambah biaya TNKB 80.000)

*Tunggu panggilan kembali untuk mengambil surat STNK baru. Setelah itu  keluar untuk antri ambil nomor kendaraan.(kurang lebih 10 menit nomor sudah jadi)
Jadi deh tinggal pulang. Duuuh kemarin saya mengurus dari jam 9 pagi selesai jam 11:30. paling lama nunggu cek phisik.
Bagian ambil STNK

Jam buka SAMSAT : Senin - Kamis dari Jam kerja sekitar jam 7:30- 12:00 untuk istirahat. Lalu lanjut lagi jam 1 siang. Kalau hari Jumat
sampai pkl 11:00 . sabtu buka tetapi hanya setengah hari.

Akhirnya urusan pajak 5 tahunan sepeda motorku di samsat sidoarjo selesai, walau butuh kesabaran yang tinggi. Aku langsung memacu motorku ke bandara soalnya suami boarding jam 1 . Puuft ...legaaaa.



Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
30 November 2016 at 16:52 ×

Saya pernah menemani suami perpanjangan SIM. Habis semangkok bakso dan minuman yoghurt hihihi. 2.5 jam Krn pakai Test kesehatan segala

Reply
avatar
kumpulan
admin
7 December 2016 at 16:56 ×

Aku share ke orang-orang sidoarjo ya, manfaat banget ini.

Salam,
Syanu.

Reply
avatar
Tatit
admin
8 December 2016 at 05:16 ×

Aku kalau perpanjangan sim cukup ke alun-alun atau sun city mbak

Reply
avatar
Tatit
admin
8 December 2016 at 05:17 ×

Monggo pak, smoga bermanfaat

Reply
avatar