Semur Bola Daging Isi Keju

Ada daging silap (has bagian dalam) yang biasanya buat bakso. Kemarin beli dari tukang sayur 1/2 kg. Niat hati sih mau bikin bothok daging tapi, takut nggak laku. Secara anak-anakku kurang suka masakan yang pedes. Tapi bapak, ibunya paling doyan pedes terutama si bapak. hedew si bapak masih luar kota, kalau aku masak bothok mosok aku yang habiskan sendiri, ntar nambah ndut dong.

Akhirnya sebelum berangkat sekolah, aku tanyake anak-anak pengin dimasakkan apa buat buka puasa?Ada daging tuhh di klkas.
Yang mbarep Afif langsung menyahut, "Bikin semur aja kan sudah lama nggak masak semur. Biasanya kalau nggak rawon dibikin sambel."
Yup biasanya kalau Kamis begini kami melaksanakan puasa sunah. Terutama si Lantip, selalu mengingatkan dan membangunkanku. Alhamdulillah semoga selalu istiqomah dan Anakku sebagai pengingatku Yo Le...maturnuwun simbok dielingke terus.

Sorry jadi melompat-lompat seperti kijang ceritanya. Berhubung pesenannya masak semur ya sudahlah bikin semur bola daging aja. Jadi ingat ketika simbah Putri dari Ibu suka sekali masak semur daging yang dibulatin tapi beliaunya mencacah daging sendiri(kalau aku erhubung sudah ada alat yang cepet yo diblender atau dichopper aja ya). Waktu aku kecil, paling seneng kalau disuruh bikin bulatannya. Hihii,kayak kelereng daging. Kali ii aku mau ikin semur bola daging yang diisi keju.Isiannya bisa diganti dengan telur puyuh juga lho. Dan rasanya maknyus kata Lantip.

Bahan:
1/2 kg daging sapi (aku pakai bagian silap)
keju (aku pakai keju craft yan kecil) dipotong kotak)
1 sendok teh lada bubuk
Garam secukupnya
1/4 kg  kentang (aku pakai kentang bulat yg biasa untuk rendang)
 Gula pasir secukupya
Bawang merah goreng(aku pakai yg sudah jadi beli 1 plastik seribuan)
Kecap manis secukupnya
Air 500 ml
minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
 1/2 sendok teh lada
Garam secukupnya
Pala sejimpit


Cara membuat:
Daging sapi diblender dgn chopper, kemudian tambahkan garam dan lada halus. diaduk sampai rata.
Kupas kentang kemudian goreng hingga matang.
keju dipotong kota dadu kecil sesuai selera.
Kemudian daging yang sudah dicampur rata dengan lada dan garam, ambil satu sendok teh. masukkan keju, kemudian bentuk bulat seperti kelereng.
Bumbu yag sudah dihaluskan ditumis hingga harum, lalu masukkan kentang dan daging, kecap dan gula pasir.Tambahkan kecap. tuggu hingga air agakberkurang dan meresap ke daging.
sebelum diangkat tambahkan bawang merah goreng.
siap disajikan








No comments:

Post a Comment