TAUWA(Tahuk)

Tauwa 

Tauwa merupakan makanan berwarna putih lembut yang terbuat dari kedelai.  Karena teksturnya yang sangat lembut, saat memakannya langsung tertelan tanpa mengunyahnya. Penyajian tauwa menggunakan campuran kacang tanah rebus, jenang ketan putih dan air jahe serta santan kental membuat rasanya manis dan karena kandungan jahenya membuat badan jadi hangat.

 Biasanya tauwa dijajakan penjualnya dengan cara berkeliling kampung dengan memakai sepeda atau sepeda motor. Bagian belakang sepeda motor dilengkapi dengan kotak kayu yang berisi tauwa.





Tauwa dijajakan saat pagi hari, dan sangat cocok disantap saat musim hujan. Aalagi saat badan masuk angin. Hmmm ....kesegaran kuah jahenya merasuk di badan dan menghangatkan.
Seporsi tauwa dihargai Rp 4000,00. saja. Saat makan tauwa ini bisa juga dicampur dengan potongan cakue, cukuplah membuat perut kenyang.

Tauwa yang enjadi langgananku ini bisa anda jumpai di daerah Sekardangan depan SDN Sekardangan Sidoarjo. Penjualnya berasal dari Lamongn dan sudah menjajakan selama 10 tahun. Dari bermodalkan satu gerobak dan 1 sepeda motor sekarang usahanya sudah berkembang dan  sudah mempunyai anak buah 2 orang untuk menjajakan tauwanya. Untuk kuah jahe, si penjual membuat dengan campuran jahe emprit yang direbus dengan daun pandan dan gula pasir.


Alhamdulillah kata si Penjual, sambil memamerkan senyumnya. Nah senyum mas penjual ini dapat anda temui di pasar dadakan Blok D Perumahan Mutiara Citra Graha Sidoarjo.Kecamatan Candi




gerobak tauwa

No comments:

Post a Comment