Bulgogi alias Daging Semur

Bulgogi
Bulgogi. Aku mendengar menu ini dari film-film Korea dan salah satu iklan mie instan papan atas di negeri ini.Aku kira memasak bulogi itu rumit. Dan bayaganku pasti bumbunya jarang ada di supermarket.

Lantip selalu saja minta mie goreng instan rasa bulgogi. Bukankah terlalu sering makan mie instan terlalu membahayakan tubuh? Akhirnya aku kasih tahu pelan-pelan, jangan keserinan makan mie instan , la wong di rumah masih ada menu yang lebih sehat. Lalu aku perlihatkan di internet kalau terlalu banyak makan me instan bsa menyebakan tubuh kurang sehat karena terlalu banyak kandungan MSGnya. Barulah Lantip au menguranginya.

penasaran juga dengan resep bulgogi ini bertanyalah sama mbah google dan dapat dari resep warisan kuliner bango(webnya bangau). Ealah ternyata bulgogi itu tak jauh beda dengan daging bumbu kecap cuma irisan dagingnya lebih tipis-tipis.

Ini dia bahan alaku:
1. 250 gram daging bagian gandik(paha atas)
2. 1 sendok makan madu
3. 1 sendok teh minyak wijen.
4. 2 sendok makan kecap manis(Atau sesuai selera)
5.1 sendok makan kecap asin
6. 1 1/2 sendok makan gula pasir
7. Lada hitam satu jimpit
8. 1 batang daun bawang
9. Bawang putih goreng 1 sendok makan
10.2 sendok makan air

ini bahan ala warisan kuliner bangau:

Cara  membuat :
1.Iris tipis-tipis daging sapi dengan pisau yang tajam
2. Masukkan bumbu perendam e dalam mangku dan diaduk sampai rata. Tambahkan daging yang sudah diiris tipis diaduk dengan bahan perendam sampai rata. Diamkan kira-kira 2 jam.
3. Siapkan wajan teflon sampai panas, masukkan daging dan bumbu rendaman ke wajan. Masak sampai matang, sambil diaduk-aduk dan dibalik.Setelah bumbu perendam habis, matikan kompor dan taburi dengan daun bawang sambil diaduk-aduk kembali.Sebenarnya ditambahkan wijen yg sudah dipanggang atau disangrai.
4.Angkat dan sajikan panas-panas.

Tapi berhubung aku nggak punya wijen maka jadinya hanya seperti semur deh hehehehe.Yang penting uenaaak...dan anak-anak suka

Tips: Agar dapat mengiris daging tipis-tipis. masukkan daging ke dalam frezer hingga setengah beku, kemudin diiris dengan pisau tajam.





No comments:

Post a Comment