Review 113 Nama Bayi Islami

 Judul Buku : 113 Nama Bayi Islami

Pengarang    : A'Yunin

Penerbit       :  Qibla

Tahun terbit  : 2013

Jumah hal     : 150

ISBN           : 978-602-249-474-4







Mencoba mereview buku gratisan dari seorang sahabat, Ayunin. Begitu buku ini terbit, alhamdulillah aku dibertahu dan disuruh mengambil ke rumahnya. Buku ini sebenarnya sudah lama ngendon di lemariku dan sudah lama aku menamatkannya. Kali in ak inin mencoba membuat reviewnya. Gara - gara mau review buku saku A'yunin  berjudul buku saku kehamilan tapi bukunya malah entah alan-jalan kemana. Dan menemukan buku saku nama islami ini baiklah aku baca ulang buku11133 nama bayi islami ini saja.



Mana kala buah hati yang diinginkan dan ditunggu dikabulkan oleh Allah maka para orang tua akan mencari sebuah nama untuk buah hatinya. Nama anak merupakan doa orang tua.Di dalam buku ini bukan hanya berisi referensi nama-nama berdasarkan nama orang shaleh . Namun juga dilengkapi dengan hal-hal yang disunahkan pada baayi yang baru lahir.

Cara orang tua membentuk anak sesuai dengan harapan, salah satunya mengenalkan nama Allah setelah i dilhirkan.Cara yang disnahkn adalah dengan mengumandangkan adzan di telinga kanan dan iqamat ditelinga kiri bayi. hal 3)

Juga disebutkan tentang perintah  aqiqah, Aqiqah merupakan sunnah muakkadah (sunnah yang dianjurkan). aqiqah dilaksanakanpada tujuh hari dari kelahiran bayi, namun dapat juga dilakukan pada hari yang lain,  misalnya 14 hari, 21 hari dan seterusnya bahkan dapat dilakukan saat anak-anak sudah dewasa. ( hal 9)

Selain itu juga disebutkan beberapa pedoman dalam memberikan nama buah hati.  Sebaiknya jangan memberi nama anak yang diharamkan dalam islam .Contoh nama yang diharamkan, memberi anak dengan nama Allah Tabaroka wa Ta'ala. misalnya Rahim,Rrahman, Khaliq tanpa penambahan kata Abdudi depannya.(hal 14)


Buku ini sangat cocok bagi pasangan muda yang sedang menunggu buah hatinya.Banyak skali nama-nama islami yang cocok buat hati . dari nama - nama sahabat Nabi, Stri Nabi Muhamad hingga orang sholeh lainnya. Dengan harapan jika kita memberi nama buah hati kita dengan nama-nama orang sholeh tersebut, anak kita pun bisa menjadi anak yang sholeh seuai dengan harapan.

Cover buku berwarna hijau, melambangkan keteduhan. Andaikata covernya pakai gambar property yang berhubungan dengan bayi ungkin lebih baik. Dan warna hijaunya agak dibikin soft.










 Judul

No comments:

Post a Comment