Puding dalam toples sederhana

puding dalam toples


Hari ini sahabatku ulang tahun.Bingung mau ngasih kado apa.Eeee...malah yang ulang tahun pesan puding buat dikirim ke tetangganya.Pucuk dicinta ulam pun tiba.akhirnya aku putuskan buat puding dalam toples saja.Sebenarnya puding dalam toples ini trendnya sudah dari tahun lalu Tapi aku belum pernah mengeksekusi di dapurku.

Sebenarnya aku juga agak ragu, berhasil nggak ya praktekku kali ini.Tapi dia sudah memberi kepercayaan. Akhirnya pikiran itu aku tepis, semua bisa jika mau berusaha dan tak boleh berhenti mencoba.

Awalnya mau aku bikinkan cake in jar, tapi setelah browsing kok agak rumit dan persediaan bahan tak ada. Daripada keluar lagi, padahal udara sangat panas. Akhirnya ide bikin cake in jar berubah jadi puding dalam toples.

Bahan yang ada puding susu santan instan merk nutrijel dan puding susu  strawberry. Tinggal bikin vlanya. Vla yang aku bikin ini sama cara pembuatannya dengan vla puding coklat ala KFC yang aku dapat dari sini.

Mau bikin puding ala KFC ini versi dalam toples ternyata bahan agar-agar coklatku habis.
Oke aku ingin bikin puding ini berlapis supaya lebih cantik.

Bahan Puding:
1 bungkus puding santan instan merk nutrijel
1 bungkus puding santan instan merk nutrijel

bahan Vla:
* 1 kleng susu evaporated
* 200 ml susu UHT plain
* 6 sendok makan gula pasir
* 2 sendok teh tepung custard
* 2 sendok teh tepung maizena
* 1/2 sendok teh vanili

Cara membuat:
1. Masak puding santan sesuai dengan petunjuk pada kemasannya, jika sudah mendidih. Masukkan ke dalam toples.Tunggu sampai agak beku. Bisa dibantu dengan kipas angin.
2. Masak puding strawberry sesuai dengan petunjuk, tunggu hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan di atas lapisan putih. tunggu sampai agak beku.
3. Lakukan hingga adonan habis.
4. tunggu sampai puding agak dingin dan bekumasukkan dalam kulkas. sementara iu buatlah vla

Cara membuat Vla:
Campur semua bahan, diaduk sampai tercampur rata. Nyalakan api dan aduk semua bahan. Tunggu sampai meletup sambil tetap diaduk . Matikan. Tunggu sampai dingin.

Sajikan di atas puding dan hias dengan selai strawberry sedikit saja.

Hati-hati saat menuang lapisan di atasnya. Karena kalau terlalu beku puding jadi terpisah. Saat mau menuangkan lapisan kedua pegang permukaan lapisan pertama, bila sudah agak kental atau beku. Masukkan lapisan kedua. Jangan takut bila adonan di panci jadi beku karena saat kita menunggu lapisan agak beku. Adonan yang di panci bisa dipanaskan kembali.





2 comments: