Udang Goreng Tepung Panir/Ebi Furai

Udang Goreng Tepung Panir siap santap dengan nasi hangat

Rejeki itu bukan hanya  uang saja, seperti kemarin pagi. Belum berangkat ke pasar, eh sudah ada yang kirim udang windu sekresek kecil. Kalau ditimbang kurang lebih 1 kg. Udang windu yang besar-besar pula.Alhamdulillah, di saat tanggal tua, duit menipis dapat kiriman udang bagai dapat tetesan air di tengah gurun pasir. Hahahahaha...mulai lebay.

Aku percaya bahwa rejeki itu tidak akan tertukar dan sudah ada yang ngatur. Dan diantara orang yang membenci masih banyak orang yang lebih sayang dengan kita.Halah ngomyang apa sih diriku ini. Nggak nyambung blas yo ben.

Yang jelas kemarin di antara orang baik itu mengirimi diriku udang yang fresh dari tambak. Jadi ketika dimasak rasanya manis dan gurih serta empuk.Lalu aku ingat penjual di pasar Bu Bida, pernah mengajari aku kalau bosan udangnya digoreng atau asam manis, coba dibuat udang goreng tepung panir. Caranya pun praktis dan mudah. Hanya dengan dengan tepung krispy kobe dan tepung panir.

Read more



Udang dibersihkan kulitnya dan dibelah punggung keluarkan kotoran yang hitam agar tidak amis. Lalu udang dipijet-pijet agar bisa lurus. Celup di air es, dan gulingkan di tepung bumbu Kobe. Celupkan di kocokan telur, lalu gulingkan di tepung panir. Jika ingin tepung agak tebal hal ini bisa diulang 2 kali.

Lumayan mudah bukan?setelah terbalut tepung, masukkan di frezer kurang lebih 30 menit. Agar tepung panir tidak mudah lepas dan menempel kuat. Baru digoreng hingga kekuningan. Hmmm rasanya lumayan yummy.
Walau satu gorengan agak gosong. Dan foto seadanya karena mau aku foto, anak-anak sudah keburu pengin makan. Huaaa...katanya masak mau makan saja nunggu difoto dulu. Keburuuu lapar Ma...hahahahaha...jadi ingat guyonan seperti ini,"Kalau dulu makan harus baca doa dulu. Kalau sekarang setelah doa harus difoto dulu." hihihiihi...
Wis gosong pun bablas habisnya sampai anak-anak masih kurang.
Maturnuwun Bapak yang barusan panen tambaknya dan memberiku rejeki di pagi hari, semoga rejeki panjenengan dimudahkan lan dilancarkan.

udang balut tepung panir(satu gorengan gosong)


No comments:

Post a Comment