Kue Rangin Rasa Keju

Kue Rangin Rasa keju
Kue rangin biasa disebut juga sebagai kue pancong. Kalau kue pancong dari Jakarta rasanya gurih manis, manisnya dari gula Jawa. Kalau kue rangin rasa keju  yang saya temui di Sidoarjo ini rasanya cenderung gurih.
Kue rangin sebenarnya jajanan tradisional yang sudah mulai jarang ditemui. Biasanya kue rangin dijual dengan memakai pikulan.Kue rangin yang dijual memakai pikulan, pilihan rasanya hanya original saja. Lalu ditaburi gula pasir. Bapak-bapak yan jual dengan memakai pikulan ini sering saya jumpai setiap Minggu pagi di GOR Sidoarjo atau Alun-alun Sidoarjo.

Tadi pagi, habis dari beli bensin  saya muter ke Alun-alun, eh pas di depan Indomaret depan kantor Pos, nemu gerobak kue rangin rasa keju ini. MAka aku ppun ingin mencicipinya. Sekitar pukul setengah sepuluh tadi, saya lihat abang-abang sudah membuat kue rangin. Wuiiih kemebul dan aroma gurih dari kelapa yan dicampur adonan membuat hidungku kembang kempis kayak mulut ikan. :)

Sehari penjualnya bisa menghabiskan adonan sebanyak 6 kg terigu. Adonannya terdiri dari campuran tepung terigu dan tepung beras serta kelapa. Sebaris kue rangin rasa keju ini dihargai Rp 8000,00. Cukup ramah di kantong bukan? Dulunya si penjual berjualan dengan cara dipikul di daerah GOR. Lalu menabung dan mendapat bantuangerobak akhirnya si abang penjual menjajakan kue rangn rasa keju ini dengan gerobaknya di depan kantor pos. Satu lagi adiknya berada di depan kantor BRI Jl. Yani Sidoarjo.

Cara pembuatannya bagiku unik, cetakan dioles mentega, lalu adonan dituang sampai rata di cetakan. Setelah matang dicukit memakai kawat bentuk agak bengkok gitu.Setelah kue rangin matang, lalu ditaburi dengan parutan keju.

Kawat pencukit.


Hmmm, kue rangin rasa keju ini cocok dinikmati selagi hangat. Rasanya gurih dan nendang di lidah.Yang saya bawa pulang dikemas dengan dus, masih ditambah sebungkus kecil gula pasir. :) nyam...nyaaam. enaknya.




15 comments:

  1. yang original aja udah enak bangettt apalagi pake keju,heumm...

    ReplyDelete
  2. rangin yg beginian yg aku suka...sukaa banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau main ke sidoarjo tak traktir mbak dwi.

      Delete
  3. pas buat musim hujan ni mak ya...

    ReplyDelete
  4. Mbaakkk itu jajanan kesukaan saia sejak kecil, uwenaaaakkk :D

    ReplyDelete
  5. Sejak kecil sampai sekarang kalau ke pasar, aku masih suka beli kue rangin. Kesukaan suamiku juga.

    ReplyDelete
  6. Kalok di Medan namanya kue pancung, Mbak :D

    ReplyDelete
  7. Waah jadi tertarik nih ke sidoarjo makan kue ringan rasa keju... kan dket dari malang...

    ReplyDelete
  8. wih dari gambarnya kayaknya enak banget tuh gan, pengen nyobak nih (y)

    ReplyDelete
  9. Salah satu kue kesukaan ku..hm..kalo main ke rumah Tatit, banyak yg di pingini...kue rangin, kue lumpur, bandeng asap...huuaaa....ndut...

    # Ning-Taman Aloha#

    ReplyDelete
  10. kue rangin rasa keju?
    wah keliatannya enak nih..jadi pngn nyobain kue ranginnya :D
    Rekor yang pecah di Liga Champions 2015

    ReplyDelete
  11. kalau aku waktu kecil namanya surabi..
    tp wktu aku besar malah jadi kue rangin..hehe

    ReplyDelete