Kebun Bibit Senopati Magelang

Kebun Bibit Magelang
Kemarin tanpa sengaja saya keliling naik motor ke daerah Kyai Langgeng, eh di jl. Panembahan Senopati Magelang mata saya tertarik dengan Kebun Bibit Senopati. Sepertinya ini baru saja dibangun, sebab setahun yang lalu saat saya mudik belum ada. Lalu saya pun belok dan mampir. Yup benar dugaan saya, ternyata ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di kota Magelang. dan baru dibangun kurang lebih 3 bulan yang lalu, diresmikan oleh Bp. Sigit Widyonindito selaku Walikota Magelang.Tepatnya pada tgl 30 Maret 2016

 
Pohon kepel langka


Tujuan dibangunnya tempat ini, untuk mendukung kota Magelang yang sering disebut sebagai " Kota Sejuta Bunga". Bila kemari kalian jangan khawatir, dijamin gratis kok. Paling hanya bayar parkir Rp 2000,00. 
Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata edukatif. Di sini kita bisa belajar aneka tanaman dan cara pembibitan tanaman. Banyak koleksi tanamannya sepeti anggrek 3 warna, begonia, pohon kepel, lidah mertua, bunga sepatu, dan aneka bunga bawang. Juga bisa belajar tentang bercocok tanam secara hidroponik.
 
Hidroponik


Kemarin saya bertanya pada Pak Atip petugas yang diberi wewenang menjaga dan menerima tamu di kebun bibit Senopati ini. Bila ingin datang rombongan dan mendapatkan penjelasan, bisa membawa rombongan minimal 20 orang dan pakai tembusan ke dinas pertanian Magelang. 

Tapi kalau hanya sekedar refreshing dan berselfie ria dengan latar belakang aneka bunga dan tanaman, silakan mampir saja. Latar belakang kebun bibit ini adalah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Bila kita mau ke Kebun Bibit Senopati, bisa ambil arah Kyai Langgeng. tepatnya di daerah Jurang Ombo Utara dekat dengan SMA 4  Magelang dan bersebrangan dengan tahu kupat Pak Pangat.
Tempatnya tak begiitu luas, namun penataan sungguh apik dan bagus untuk ajang selfie buat dipajang di IG. weits jangan lupa boleh selfie tapi jangan sampai merusak tanaman apalagi menginjak rumput ya.


Kalau naik bis dari arah Jogja, turun di Armada lalu ganti angkot nomer 7 turun di Pakelan, dan ganti lagi dengan angkot jurusan 5.Tahun ini ongkos angkot kota-kota Rp4000,00.

Nah gimana mau mencoba destinasi wisata baru kota Magelang ini, silakan saja.Semoga anda puas, kalau lapar tinggal menyebrang di tahu kupat Pak Pangat. Dan kalu mau beli oleh-oleh, di seberang kebu bibit ada toko oleh-oleh aneka kripik bayam, pare, daun sinkong dan peyek kacang maupun peyek teri. 

Foto lainnya bisa dilihat di sini

No comments:

Post a Comment