5 Perlengkapan Yang Wajib Dimiliki Blogger



Saya aktif ngeblog setelah ada acara halal bihalal emak blogger di tempat saya. Walau sebenarnya saya sudah punya blog sejak 2009, namun jarang ngisi. Setelah acara kumpul dan silahturahmi itu, semangat ngeblog saya muncul kembali. Layaknya emak yang sedang perang di dapur, untuk menghasilkan hidangan dibutuhkan wajan dan sothil atau panci dan irus.Begitu pula blogger juga memerlukan perlengkapan untuk ngeblog.


Perlengkapan ngeblog dibutuhkan agar ngeblog kita semakin lancar dan semulus jalan tol dan pembaca blg kita pun merasa bermanfaat. Ada beberapa perlengkapan ngeblog yang wajib dimiliki seorang blogger diantaranya kamera, Hp, laptop atau PC, modem.

5 Perlengkapan yang wajib dimiliki blogger :
1. Laptop
Sebagai blogger, PC atau laptop merupakan perlengkapan utama. Gimana mau menuangkan ide tulisan bila tak mempunyai komputer atu laptop. Laptop selain untuk emnuliskan konten blog di word, saya juga biasa gunakan untuk menyimpan data dan gambar.Laptop sya gunakan karena bisa dibawa saat liburan.  Kalau di rumah terkadang saya lebih suka menggunakan PC, lebih besar layarnya hehehe. 

2. Modem Internet
Jaringan internet sangat diperlukan karena kita kan butuh online kan? Selain itu seorang blogger tanpa jaringan internet bagaikan sayur tanpa garam. Dulu sebelum dipasangi modem di rumah, saya ngeblog di warnet atau lewat HP. Alhamdulillah sekarang sudah terpasang wifi di  rumah semoga menambah rajin ngeblog.

3. Kamera
Konten blog kurang bernyawa bila tak didukung oleh foto. Misalnya kita mau bercerita tentang tempat wisata atau menu makanan di sebuah restaurant. Bila kita hanya menuliskan ulasan tempatnya saja, kurang menarik bagi pembaca. Namun bila kita tambahkan foto drengan kualitas gambar yang cantik dan menarik, akan membut pembaca penaran dan ingin merasakan atau mencoba datang ke datang daerah tersebut.Setidaknya gunakanlah kamera pocket atau kamera hand phone untuk mendukung konten. Otomatis blogge juga dituntut utuk menghasilkan yang bagus dan belajar utuk mengedit gambar.

4. Hanphone
Sekarang ini sudah ada andoid dengan beberapa macam aplikasi. Dengan adanya android akan mempermudah kita untu bgeblog dimana pun. Misalnya saat menunggu angkot aau dalam perjalanan di kereta api, kita bisa ngedraft satu tulisan sebelum ditayangkan. Atau browsing dan blogwalking untuk mencari ide tulisan.

5. Power Bank
Salah satu bekal ngeblog saat ada acara ngeblog on the spot, kita gunakan HP. Namunbila bateray habis, dan nyari colokan nggak nemu bisa mati gaya kan? Tapi kalau kita bawa power bank bisa menyelamatkannya.

Di samping ke-5 perlengkapan wajib di atas masih ada lagi yang diperlukan yaitu flash disk untuk menyimpan data, tongsis atau tripod. Kelima perlengakapan ngeblog di atas yang wajib dan dibutuhkan. Semoga suatu saat saya isa membeli kamera dslr, tongsis dan flash disk untuk melengkapinya.  Doakan ya teman-teman!
 

 

1 comment: