5 Hal Agar Tetap Sehat Di Saat Masa Pancaroba

Sumber gambar : Pixabay.com

Bulan September hingga Akhir Oktober, merupakan masa Pancaroba. Dimana cuaca di siang hari terasa panas dan malam hari terkadang terasa dingin.  Saat cuaca panas, maunya kita kan langsung minum es saja buat menyegarkan tenggorokan. Pengalaman saya, habis tertimpa teriknya matahari, kondisi malam kurang tidur, lalu tergiur meneguk segelas es degan atau es campur. Bisa dipastikan, tenggorokan memang jadi dingin dan segar tapi kepala langsung tuing cekot-cekot. Ibaratnya nikmat sesaat bagiku, batuk lama kemudian 😁
 Nah kalau akibatnya tenggorokan mulai terasa gatal, ibaratnya pengin masukin biji buah kedondong untuk menggaruknya.

 Lalu bagaimana agar saya tak sering merasa radang tenggorokan atau terkena flu?

1. Minum madu dan air hangat
Setiapbangun tidur pgi hari sebeum melakukan aktivitas, saya mnum segelas air hangat kemudian dilanjut dengan sesendok makan madu. Terkadang satu sendok makan madu saya campur dengan segelas air hangat lalu dsruput pelan-pelan.

2 Istirahat yang cukup
Kalau sudah merasa tenggorokan gatal, hidung gatal dan mulai bersin-bersin. rasanya ingin glundang glundung kayak drum tanpa isi minyak di tempat tidur. Alasannya sih butuh istirahat padahal terkadang karena mager saja. Ya tetap saja saya usahakan tidur yang cukup. Biasanya begadang hingga tengah malam, saya tidur jam 9 malam dan bangun saat terdengar adzan Subuh.

3. Olah raga
Jogging pagi selepas Subuh atau  bersepeda salah satu olah raga yang cocok dilakukan. Selain untuk kebugaran badan, juga bisa mendapatkan udara yang segar.

4. Memakai masker
Sebagai mama ojeker, untuk menghindari polusi udara di tengah riuhnya kendaraan pagi, pakailah masker. Masker selain mengurangi udara yang kita hirup yang sudah terkontaminasi dengan asap berpuluh-pulu kendaraan, masker juga digunakan agar tak menularkan kepada yan lain jika kita bersin atau batuk.

5. Kurangi makanan pedas dan makanlah yang berkuah dan hangat
Saat tenggorokan sudah menandakan gejala gatal,, kurangilah makanan yang terlalu pedas. Agar tak memicu batuk. Makanlah yang berkuah, contohya soto, bakso atau sop agar tenggorokan terasa hangat dan tak terasa gatal. Walau kadang masih mebeler, tapi rasanya bernpas mak plong. Tak buntet lagi.

Kelima hal di atas yang sering saya lakukan saat musim pancaroba agar tetap sehat. Mungkin pembaca bisa menambahkan beberpa hal, tolong tulis di komentar 


1 comment:

  1. kadang yang gak bisa nahan tuh ngurangin makanan pedes. Udah gitu habis makan pedes langsung minum es. Ya sudahlah, flu dan batuk akan merajalela. Hehehe

    ReplyDelete