7 Ide Memanfaatkan Baju Bekas

Saya Emak-emak yang sering disebut "Nyusuh" sama suami.Seringkali baju,kaos kaki dan kaos oblong yang sudah kekecilan selalu saya slempitkan di pojokan lemari. Lama-lama menumpuk jadi gunungan kecil di pojokan. Sebaiknya kan secara teori kalau beli baju satu, maka sebaiknya baju yang jarang dipakai dihibahkan ke orang yang lebih membutuhkan atau didaur ulang dibuat apalah yang lebih berguna. Tapi kenyataannya di lemari si baju hanya membuat sepet pandangan mata. Nah beberapa hari yang lalu setiap chattingan dengan teman atau adik-adikku, saya melemparkan pertanyaan, " Baju-baju bekas biasanya dimanfaatkan untuk apa? Dari chattingan itulah  muncul keinginan untuk merangkumnya di sini. 7 Ide memanfaatkan baju bekas :


1. Dijadikan lap kompor 
Baju yang biasanya dijadikan lap kompor dari bahan kaos atau katun. Misalnya daster yang sudah robek di bagian tengah karena mesin cuci. Tinggal potong kotak dijahit pakai tangan pinggirannya atau nggak usah dijahit kalau lagi malas. Wis ditaruh dekat kompor. Setelah memasak tinggal buat lap-lap bekas minyak yang berceceran di kompor.

2. Kaos oblong dijadikan tas belanja (tote bag)
Source : www.creatinglaura.com

Punya kaos singlet atau kaos oblong yang sudah melar dan kekecilan. Weits jangan langsung dibuang, kaos oblong bisa dijadikan tas belanja untuk menggantikan tas kresek. Bagian leher digunting, dan lengan kiri dan kanan juga digunting lalu dirapikan dengan jahit tangan. Kalau mempunyai mesin jahit ya tinggal dijahit bagian pinggirnya. Bagian bawah digunting kira-kira panjang 5-10 cm dan lebarnya kira-kira 2 cm. Setelah menjadi rumbai-rumbai, lalu ikatlah dengan kuat . Dua kali ikatan kalau saya. Jadilah Tote bag.

3. Kemeja lengan panjang dijadikan sarung bantal kursi
Kemeja suami atau anak yang sudah tak terpakai, kalau punya saya sih biasanya yang bagian leher robek karena kena mesin cuci. Kalau yang sobek bagian leher, saya bawa ke tukang permak untuk dibalik saja bagian yang robek. Tapi kalau kemejanya sudah kekecilan, selain dihibahkan kepada orang yang membutuhkan bisa juga dijadikan sarung bantal kursi. Ukur baju bagian yang ada kancingnya sesuai dengan ukuran bantal kursi. Dari bagian dada ke bawah. Pootonglah bagian yang tak terpakai, lalu jahit kedua sisi yang terbuka. Bagian kancing biarkan saja sebagai hiasan.

Bisa juga dijadikan sarung bantal. Caranya hampir sama dengan membuat sarung bantal kursi.

4. Celana panjang jadi celana 3/4 atau celana pendek.
Kadang celana panjang anak-anak mulai cingkrang karena tinggi badannya bertambah tapi berat badan tidak bertambah. Maka untuk mensiasati agar celana masih bisa dipakai, potong saja celana panjang jeans menjadi celana pendek. Bisa juga minta tolong ke tukang permak jeans untuk dijadikan celana jeans 3/4 .

5. Kaos Kaki Bekas
Kaos kaki bekas selain bisa dijadikan cempol untuk menahan panas saat mengangkat panci atau wajan dari kompor. Kalau punya kaos kaki bermotif bisa juga dijadikan boneka jari. Atau dijadikan hiasan botol minum. Potong bagian yang telapak kaki, lalu bagian yang panjang masukkan ke botol. Atau bisa juga dijadikan sarung  gelas yang cantik agar saat minum yang panas, memegang gelasnya tak terlalu panas karena ada lapisan kaosnya

6. Modifikasi Kaos Oblong  Menjadi Tank Top
Cari kaos oblong ukuran besar. Lalu potong bagian lengan, dan sedikit bagian bawah. rapikan pinggirannya dengan cara dijahit tangan atau biarkan saja.

7. Potongan kaos bermotif djadikan bando atau headband
Sisa potongan kaos untuk membuat tank top, dijahit dikaitkan dua bagian lalu dijahit kembali ujungnya. Langsung bisa digunakan sebagai bando.

Nah bagaimana, masih mau menumpuk baju bekas di lemari seperti saya? Yuk cus isi harimu dengan memanfaatkannya menjadi barang bermanfaat dengan menjadikannya barang yang mempunyai fungsi baru. Paling praktis sih berikan bagi orang yang membutuhkan, tapi yang layak pakai ya. Jangan yang robek-robek diberikan. yang robek bisa dijadikan lap atau buat ngepel lantai saja.

6 comments:

  1. Hahaha...ini aku banget,baju sobek buat lap dapur termasuk kompor

    ReplyDelete
  2. asli kreatif aja deh mba..itu tote bag dari kaos lucuuu ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mama Boo. lama tak jumpa, smoga selalu sehat ya.
      Itu sebenarnya bahan diskusi WA keluarga mbak. Lalu saya rangkum di sini. Yang sudah saya praktekkan bikin tote bag, kaos kaki jadi hiasangelas, head band dan tank topserta clana jeans jadi celana pendek. :)

      Delete