Sentuhan Cinta Melalui Pijatan Bayi Bersama Johnsons'

"Ma, pijeti." pinta anak ragil menjelang tidur.Kebiasaan pijet  ini sejak Dia kecil. Bukan salah saya jika Dia selalu tuman pijetan. Karena dari bayi ceprot sejak rumah  masih gabung dengan  Eyangnya, seminggu sekali  anakku dipijat sama Ibuk. Apalagi setiap sore menjelang mandi, alasannya biar tidur malemnya pules dan rileks. 


Ah kenangan - kenangan itu muncul saat Saya menghadiri acara #TUMBloggersmeetup sentuhan cinta bekerja sama dengan The Urban Mama  dan Johnsons di Hotel Ibies Style Jemursari Surabaya.   Acara diselenggarakan hari Sabtu 6 April 2019. Bersama dengan Ibu-Ibu hamil dan yang membawa bayi, kami siap belajar sentuhan cinta melalui pijatan bayi.


Saat registrasi, dibedakan antara Ibu yang membawa bayi dan ibu hamil, untuk menentukan tempat. Di dalam ruangan kami semua lesehan dengan matras sambil mendengarkan materi.  Suasana cukup  santai dan nyaman walau lesehan. Ruangan laksana membiru bagai awan cerah, karena penuh dengan Ibu-ibu berdress code biru. Iya, nantinya akan ada the best dresscode selepas acara uhuuuuy.Pemenang  akan dapat bingkisan dari Johsons'.

Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan  merupakan periode penting bagi bayi. 1000 hari pertama kehidupan sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya. Pertumbuhan dan perkembangannya ditentukan oleh asupan nutrisi yang cukup. Selain asupan gizi yang cukup, bayi juga penting mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu melalui pijat dan mandi bayi.

Ibu Wynne Lukman Brand Manager Johnsons'

Kampanye Sentuhan Cinta Johnsons' 

 Sentuhan Cinta salah satu kampanye dari Johnsons' . Hal ini merupakan salah satu langkah kecil untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup bayi.
Kenapa sentuhan cinta? Menurut Ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnsons' ,  langkah kecil yang dilakukan Johnsons' untuk meningkatkan kualitas hidup bayi adalah dengan mengedukasi ke daerah - daerah terpencil melalui program Sentuhan Cinta lewat pijatan bayi

Dengan sentuhan cinta, skin to skin antara Ibu dan bayi diharapkan akan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Nah Johnsons' sudah melakukan gerakan edukasi para bidan di tiap rumah sakit dengan melakukan stimulasi pijat bayi.

Pijatannya tentu saja beda dengan pijatan dukun bayi ya Bu...hehehe. Pijatan pada bayi bisa dilakukan 2 kali yaitu sebelum mandi dan menjelang tidur. Ibu Winne pun sudah membuktikan, saat itu putra beliau garis timbangan di KMS sudah di garis merah.Kemudian beliau melakukan pijatan pada anaknya dengan produk  baby oil Johnsons', Beliau usahakan selepas pulang kerja terutama saat menjelang tidur memberikan pijatan pada bayinya sambil diajak ngomong.

Ternyata setelah beliau melakukan pijatan bayi secara teratur, nafsu makan bayinya meningkat, dan tidak mudah rewel.

Kembali pada topik edukasi sentuhan cinta melalui pijatan bayi yang dilakukan pihak Johnsons', tahun 2017 memecahkan Guinness World Rekord pelatihan stimulasi pelatihan pijat bayi terbesar. Bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia, mengajak kurang lebih 629 bidan.

Harapannya dengan melakukan edukasi ini angka kematian bayi di Indonesia dapat ditekan lebih kecil lagi. Tahu nggak sih, angka kematian bayi Indonesia ternyata 15 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2017.

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi hingga mereka dapat tumbuh optimal ini perlu didukung oleh semua pihak. Sejalan dengan hal ini maka Johnsons' sebagai salah satu produk bayi yang terkemuka kembali memperkuat komitmennya dalam hal meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program sentuhan cinta.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya sentuhan cinta Ibu melalui pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi terutama dalam periode golden age.

Nah tahun ini Johnsons' bekerja sama dengan Habitat for Humanity akan membangun posyandu di desa Randusongo Gresik, Jawa Timur.


Stimulasi Sentuhan Cinta Untuk Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi

dr. Dyah Retno Wulan Spa


Pembicara kedua dr. Dyah Retno Wulan Spa.
1000 hari pertama kehidupan merupakan langkah penting tumbuh kembang bayi. Saat pertama kali kelahiran bayi, pasti ibu- ibu ingin tahu respon bayi terhadap kita. Paling mudah stimulasi anak dengan sentuhan dari kulit langsung Ibu.

Ingat ya saat di perut pun bayi sudah bisa merasakan apa yang dirasakan ibu. Misal Ibu terkejut, maka bayi di dalam perut berumur 6 bulan akan bereaksi menendang perut ibu.

 Untuk melihat respon perkembangan saraf motorik, Ibu bisa melakukan tes panca indra.Misalnya bagaimana respon matanya? Berikan saja warna  mencolok seperti warna merah.Apakah mata bayi bergerak mencari warna tersebut dengan gembira? 

Agar respon tumbuh kembangnya baik selain asupan nutrisi dari makanan, ada sisi afektif atau perasaan melalui sentuhan ya. Ajaklah bayi berkomunikasi dengan menatap matanya, sambil berikan pijatan kecil di tangan atau kaki. Dengan tatapan mata dan sentuhan kecil ini akan membuat bayi merasa lebih rileks, merasa dicintai dan berkurang rewelnya.

Manfaat Pijat Bayi 

Asyik akhirnya lakon yang ditunggu datang, sesuai dengan tema pijatan bayi. Lakon yang ditunggu itu ahlinya ahli pijat Mbak Gina Puspanti Anggraeni. Beliau menjelaskan beberapa manfaat pijatan bayi dan ibu yaitu :

* Memperlancar peredaran darah
* Memperkuat kekebalan tubuh
* Memperlancar pencernaan bayi, menambah nafsu makan, mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan
* Bayi akan lebih nyenyak tidurnya dan lebih lama, bayi merasa relax
* Meredakan rasa tidak nyaman (misalnya saat bayi kholik atau saat tumbuh gigi)
* Memperkuat masa tulang
* Meningkatkan ikatan emosional antara Ibu dan bayi. Dengan sentuhan dan dengan tatapan mata serta diajak komunikasi, bati akan merasa dicintai dan nyaman.



Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pijat Bayi 

Perlu diperhatikan ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberikan stimulasi  pijatan pada batita:

Jangan lakukan pijat bayi (Hindari) :
1.Sehabis makan
2.Saat kondisi bayi sakit
3.Jangan bangunkan bayi hanya karena mengikuti jadwal pas pijat.
4. Hindari kuku Ibu yang panjang. (Potong kuku dulu ya ssebelum memijat agar tak menyakiti tubuh bayi)
5. Jangan memakai perhiasan seperti gelang dan cincin
6. Jangan memaksakan posisi tertentu, usahakan posisi ternyaman

Hal-Hal yang dilakukan saat pemijatan:
* Sediakan alas pijat dari bahan yang lembut dan nyaman
* Cuci tangan yang bersih kemudian usap kedua tangan sampai terasa hangat
* Carilah waktu yang tepat. 
* Posisikan bayi dengan nyaman, lakukan kontak mata
* Lakukan pemijatan secara ringan
* Putar musik yang lembut
* Bila bayi menangis, segera stop pemijatan. Mungkin bayi sedang haus atau lapar.
* Gunakan baby oil atau body lotion baby
* Selesai pemijatan,sekalah dengan menggunakan air hangat agar badan bayi terasa segar.

Langkah-Langkah Pemijatan Bayi

Langkah Pemijatan Bayi
Sumber Foto : www.johnsonsbaby.co.id

 

Ada 6 langkah dalam pemijatan bayi dan Batita yaitu pada bagian:
1.Pijatan Kepala
2.Pijatan Dada
3.Pijatan Perut
4. Pijatan Tangan
5. Pijatan Kaki
6. Pijatan Punggung

1. Pijatan Kepala
- Caress love
- Relax
- Smile

2. Pijatan Dada
- Butterfly
-Cross/menyilang

3. Pijatan Perut
- Mengayuh
-Bulan Matahari
-I Love U
- Walking Finger
Waling Finger sangat cocok untuk mengurangi perut bayi yan kembung. Caranya: tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri utuk mengeluarkan gelembung udara.

- Relax

4. Pijatan Tangan
-Milking ada 2 gerakan (Milking India dan Milking Swedia)
-Rolling
-Squeezing
-Thumb after Thumb
-Spiral
-Finger shake
-Relax ( Ada 2 gerakan)
 * Tangan disilangkan
 * Diagonal tangan kaki

5. Pijatan Kaki
- Milking ( Ada 2 gerakan: Milking India  dan Milking Swedia)
- Squezzing
- Thumb after thumb
-Spiral
- Finger Shake
- Relax ( Ada 2 gerakan ):
 * Menyilangkan kaki
 * Menekuk kaki bergantian

6. Pijat Punggung
- Go back forward
- Slip
- Mengayuh
-Spiral
- Menggaruk

Oke deh, itu tadi ilmu sentuhan cinta melalui pijat memijat bayi yang Saya dapatkan pada akhir pekan kemarin.  Sekarang mau pijat bayi tiap hari sah-sah saja, dan nggak usah manggil dukun bayi lagi ya. Cukup Ibu lakukan sendiri untuk meningkatkan bonding dengan anak, bayi jadi relax dan tak rewel. Yuk pelajari stimlasi pijat bayi. 

Dan jangan lupa untuk berpartisipasi program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk Johnsons' di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp 25.000,-

Dan pembelian Johnsoms' oil 125 ml atau Top-to-Toe Bath 400 ml atauBaby lotion 200 ml di toko-toko lainya yang berpartisipasi dalam program sentuhan cinta.
Baby bath johnsons'

Dari transaksi tersebut, Ibu secara otomatis menyumbangkan Rp 500,- untuk membantu Posyandu di Randusongo Gresik.

Pijat bayi menjelang mandi dengan baby oil dan mejelang tidur menggunakan body lotion ? Oke aja. 💓



Untuk info lebih lanjut silakan check:
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter      : @johnsonsbaby_id

2 comments:

  1. Wah keren Budhe Tatit ngevideo. Aku ga sempat soale fokus praktek haha. Ga ada yang videoi, hiks...

    ReplyDelete
  2. Kirain kemarin bawa gorila buat video.hehehehe...

    ReplyDelete