Merencanakan Mudik Lebaran 2019 Dengan Kereta Api Ke Solo

 
Naik Kereta Api dikawal anak Mbarep
Naik kereta dikawal anak Mbarep Afif

Tak terasa lebaran tinggal dua bulan lagi, rasanya sudah tak sabar ingin kumpul dengan keluarga saat Lebaran nanti. Terbayang kue dan hangatnya kebersamaan dari keponakan sampai adik-adik. Dan yang paling ngangeni adalah acara saling berkunjung dengan keluarga dari pihak Simbah. Kami selalu melakukan kebiasaan sungkeman bermaaf- maafan sambil minta doa restu. Mudik kali ini ingin menggunakan transportasi Kereta Api.
Kereta Api Lokal

 Baca juga :Jadwal dan harga bus damri Jogja - Magelang

 Pertimbangannya transportasi ini bebas jalur macet, tersedia kamar mandi (ini penting bagi Saya, karena bertambahnya umur kok gampang beser hahahahaha…).
Mau mudik tentu butuh perencanaan, agar lancar dan nyaman selama dalam perjalanan. Beberapa rencana dan persiapan yang saya lakukan sebelum mudik lebaran 2019 diantaranya :


    1. Tentukan jadwal tiket kereta api
    2. Pesan tiket kereta api online
    3. Persiapan obat-obatan di jalan
    4. Persiapkan barang bawaan
    5. Mengunjungi tempat wisata terdekat

    1.Tentukan jadwal tiket kereta api

Ini hal paling utama, sebelum berangkat tentukan dulu jadwal kita mau berangkat. Tentukan mudik lebaran selama berapa hari. Kalau sudah menentukan berapa lama mudik di kampung halaman, bisa langsung memesan tiket unuk pulang – pergi. Tiket mudik kereta api biasanya sudah mulai dibuka 3 bulan sebelum lebaran. Agar tak kehabisan tiket lebih baik memesan jauh-jauh hari. Kali ini saya pesan tiket kereta api jurusan Sidoarjo-Solo. Walau mudiknya 2 kota, Solo dan Magelang, saya memilih naik kereta api turun di Solo. Baru nanti lanjut ke Magelang dengan naik bis atau pinjam mobil keluarga .

    2.Pesan Tiket Kereta Api Online

Pesan Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi Pegi pegi.com

 

Dengan adanya smartphone sekarang memesan tiket tak usah antri panjang di stasiun. Tinggal mainkan jarimu maka akan tercapai pesanan tiketmu. Hanya dalam hitungan menit tiket sudah di tangan, Pesan kereta api mudik lebaran kali ini lewat . 

Apalagi kalau online begini banyak promo lho. Ingat ya sebelum memesan tiket, pastikan internet kamu lancer jaya bak jalan tol. Karena pesanan tiket online biasanya hanya jangka waktu pemesanannya sekitar 30- 60 menit pembayaran, pastikan internet banking anda masih bisa digunakan hingga jam berapa. 

Seperti pengalaman  Saya, waktu memesan sudah lewat pukul 0 malam, dan saya tak mempunyai virtual account. Hanya mengandalkan pembayaran melalui internet banking dan ATM. Pas mau membayar karena lewat jam 9 malam, internet banking tidak dapat  Saya lakukan. Akhirnya malam-malam dibonceng anak Mabrep ke ATM terdekat dari rumah.


    3.Persiapan Obat-Obatan

Ketika melakukan perjalanan, selalu terselip tas kecil berupa obat-obatan dan vitamin . Hal ini untuk mengantisipasi bila badan kurang fit selama perjalanan. Di pouch kecil ini selalu ada minyak kayu putih, handyplast, vick, minyak tawon kecil, vitamin C, obat penoak angina cair kadang obat flu juga.  Melakukan perjalanan jauh, kadang kurang istirahat dan menyebabkan gampang masuk angin. Kalau kondisi kelelahan, jadwal makan kurang teratur menyebabkan mudah terkena flu atau masuk angin maka tinggal buka pouch aja. Minum tolak angin atau cukup kerokan memakai kayu putih.
Anak-anak saya keduanya kalau kecapekan juga mudah muntah dan pusing, mengantisipasinya dengan minum vitamin C dan menyuruh mereka makan teratur. 



    4.Barang Bawaan

Di saat mudik siapkan baju secukupnya saja. Jika bisa mencuci mending bawa 3-5 pasang baju sudah cukup.  Anak-anak hobi membaca dan main game, maka buku dan laptop tak pernah ketinggalan dibawa bepergian. Kalau jaman masih balita selalu saya tambahkan mainan kesukaannya, agar tak bosan selama perjalanan. Bagi saya perjalanan merupakan salah satu cara mendekatkan diri dengan anak. Misalnya dengan menjawab keingin tahuan mereka, ketika mengetahui hal baru selama perjalanan.

Contoh saat mudik tahun 2014 lalu, selepas Gn. Merapi meletus, maka selama perjalan dari Solo- Magelang banyak menemukan sisa – sisa letusan abu vlkanik di pohon maupun di depan ruah. Sekalian saja menjelaskan proses erupsi Gunung Merapi. 


Tentu saja barang bawaan selain HP, charger, power bank juga kamera untuk mengabadikan pertemuan dengan keluarga besar. Agar mempunyai dokumentasi dan menjadikan pengingat setiap perjalanan yang pernah kami lalui. Tas kecil dan dompet,jangan lupa. Setiap naik kereta api, tiket kereta dipegang masing-masing anak. Agar mereka belajar bertanggung jawab dengan kepunyaan mereka sendiri.Masing-masig membawa tas berisi keperluan masing-masing.



    5.Mengunjungi Tempat Wisata Terdekat

Museum Sangiran

 

Setiap mudik Lebaran merupakan salah satu ajang bisa berkumpul lengkap sekeluarga. Dan Ibuk  selalu pengin momong putu dengan beranjangsana ke tempat piknik. Ya walau piknik tipis-tipis ke tempat yang terdekat dari rumah Ibuk. Tahun ini rencananya ingin ke Museum Sangiran. Yang Ti bilang karena hanya kedua anak Saya dulu pas rame-rame ke Sangiran tak ada yang ikut. Maka kali ini mau ke Sangiran saja sambil belajar sejarah rame-rame. 
Museum Sangiran merupakan salah satu situs jaman pra sejarah di daerah Sragen. Di sini banyak ditemukan fosil jaman prasejarah dulu. Ada fosil gading gajah purba, fosil kerangka badak, fosil hewan laut dan sebagainya.

 Saya rasa sudah cukup ya cerita rencana mudik Lebaran menggunakan transportasi Kereta api ke Solo dan persiapan apa saja yang biasanya saya lakukan Selama perjalanan agar nyaman dan menyenangan. Kalian rencana mau mudik kemana tahun ini?

No comments:

Post a Comment