Tips Menjaga Kesehatan Ketika Merawat Pasien Di Rumah Sakit




Lebaran masih bisa berkumpul dengan Ibu dan Bapak Mertua dengan suka cita. Namun bulan Juli, tiba-tiba Bapak mengalami stroke. Dan bulan Oktober ini gantian Ibu yang kena stroke serta gangguan ginjal. Mereka memang sudah berumur, jadi metabolisme tubuh  mulai berkurang. Ketika ada anggota keluarga yang sakit, yang sehat kudu kompak dan selalu menjaga kesehatan  tentunya. Anak-anak dan cucu yang mendapat giliran menjaga di rumah sakit sebaiknya selalu menjaga kesehatan. Jangan sampai yang menjaga jadi ikutan sakit. Nah berikut ini ada 6 tips menjaga kesehatan saat merawat pasien di Rumah Sakit.

Eh ini tulisan berdasarkan pengalaman Saya, kakak dan adik ipar selama menjaga di rumah sakit ya.

1. Kasur lipat yang agak tebal buat tidur.
Siapkan kasur lipat daripada tikar buat menemani tidur si pasien, Biar badan tidak terasa pegal, apalagi rawat inap bukan hanya 1 atau 2 hari saja. Terkadang seminggu.  Kecusli kslsu ksmsr inspnys menyediakan kasur buat penunggu namun tentunya tarif juga meningkat dong ya.

2. Ajaklah saudara untuk menemani
Perlunya penjaga satu lagi agar bisa diajak cerita meringankan beban dan ada yang bisa diajak gantian menunggu. Beban terasa lebih ringan bila ada teman atau saudara yang bisa diajak gantian menunggu. Setidaknya salah satu bisa istirahat agar tetap sehat .

3. Jaga kualitas tidur
Saat menunggu pasien, tentu tidur kurang nyenyak. Membuat kepala gampang pusing. Buat menyiasati agar bisa tidur. Saat pasien tidur dan kebetulan penjenguk sepi, lebih baik ikutan merem walau hanya 15 - 30 menit . Supaya badan seger kembali.


4. Sedia Obat  Masuk Angin dan Minum Vitamin.
Menjaga pasien membuat tidur kurang tenang.Sedikit - sedikit bangun karena khawatir dengan kondisi pasien. 
Karena kurang tidur, Saya gampang masuk angin. Untuk mengantisipasinya selalu bawa vitamin atau minum jahe hangat dan sedia tolak angin. Mengkonsumsi vitamin lumayan mengatasi badan agar tidak mudah drop.


5. Jangan lupa makan yang bergizi dan minum.
Kadang-kadang karena terlalu sibuk mengurus pasien, Saya lupa belum makan.Untung suami dan adik - adik  mengingatkan. Kalau soal makan kami gantian memasak di rumah, buat diabwa bekal ke rumah sakit biar irit.Karena kalau beli menunya itu-itu saja .
Dan jangan lupa siapkan air putih. Kalau kurang minum air putih, badan Saya  gampang lemas.

6. Lakukan kegiatan yang positip untuk mengalihkan pikiran
Menunggu pasien sakit terkadang bosan, hanya duduk dan bermain Hp menjawab pertanyaan saudara dan teman terdekat.  Di sela menunggu Saya membawa buku bacaan untuk membunuh waktu. Atau sekedar melihat youube, berita di koran online.  Kadang ngegame. Daripada memikirkan penyakit pasien dan harap-harap cemas dengan perkembangan kesehatan pasien. Mengalihkan perhatian dengan hal positip bisa mengurangi beban pikiran.

Itulah beberapa hal yang dilakukan saat menjaga pasien di Rumah Sakit agar kondisi penjaga pasien tetap sehat dan semangat.
Newest
Previous
Next Post »