5 jurus Jitu Menghadapi Teman Yang Menjengkelkan


Siapa yang pernah ketemu seseorang,  begitu ketemu langsung bikin bad mood? Pasti diantara pembaca pernah mengalaminya.Lagi enak- enak kongkow eh, ada seseorang yang nyeletuk atau nggabung pembicaraan yang gak nyambung dengan obrolan. Serasa lagi makan es oyen di siang bolong, nemu rambut di tengah kuah es oyen. Wuiih mau buang kok ya masih haus. Mau minum kok ya serasa gak ketelan.


Teman yang menjengkelkan, bagiku teman makan teman, teman munafik.Di depan memuji di belakang ngrasani. Lalu gimana jurus jitu menghadapi teman menjengkelkan ?
Ada beberapa hal, biasa aku lakukan :

1. Abaikan saja omongan orang seperti itu.

Ketika menemukan teman yang doyan ngrasani alias cari- cari sisi buruk dari diriku. Maka omongannya masuk dari telinga kanan dan keluar telinga kiri.Gak ngurus wis.Bahno...sak murumu.Alias sak capekmu ngghibah alias ngrasani aku.

Semakin dihujat dan dijelekkan, maka akan berkurang dosaku. Dan akan ku doakan semoga teman tersebut tidak mengalami apa yang ku alami.

2. Jaga Jarak
Karena sudah tahu karakter teman mana yang benar-benar baik dan tulus. Ketika berjumpa dengan teman yang menjengkelkan lebih baik, Saya akan jaga jarak. Bukannya menghindar. Ketika bertemu Saya akan tetap menyapa dan mencoba menjaga jarak dengannya.

Basa - basi ala kadarnya untuk tetap menjalin silahturahmi.Bukankah memutuskan tali silahturahmi akan memutuskan rejeki.
Makanya Saya hanya tetep jaga jarak saja.

3. Sebisa mungkin tak akan mengumbar emosi
Ketika berhadapan dengan teman menjengkelkan tersebut, otomatis Saya akan cepat tersulut emosi. Agar tak tersulut, maka Saya akan diam sejenak, ambil napas dalam - dalam lalu keluarkan perlahan lewat perut.

Berusaha tersenyum walau kelihatan terpaksa.

4. Hadapi dan sabar
Sebenarnya kalau melihat tingkah teman yang menjengkelkan, misalnya bercanda namun tidak pada tempatnya. Saya hanya mbatin dan melihat dari jauh serta berusaha senyum . Walau hati dongkol gak bakalan Saya ungkapkan di depannya langsung saat itu juga. Perlu nunggu waktu yang tepat.

Kecuali  dengan teman dekat, maka Saya berusaha.menegur dan mengatakan keluhan Saya. Sabar adalah kunci walau kadang kesabaran Saya terbatas, tapi dalam pergaulan asal teman itu nggak terlalu nemen ya Saya anggap angin aja.

5. Berusaha Tidak Membenci
Ketika bertemu teman menjengkelkan, Saya berusaha tidak membencinya.Namun yang Saya benci hanya kelakuannya. Jangan sampai perbuatannya itu, secara tak sadar Saya juga melakukannya.

Paling seneng itu kalau punya teman saling mengingatkan kalau kita salah. Cara mengingatkannya pun tanpa sok bijak dan nyolot. Diasyikin aja dengan bercanda dan tertawa. Hingga Dia sadar atas kesalahannya.

Nah 5 hal di atas biasa yang Saya lakukan saat menghadapi teman yang menjengkelkan.

Kalau kalian gimana?

No comments:

Post a Comment