Wedhang Bunga Telang

Wedhang bunga telang
Wedhang Bunga Telang

Bunga telang, termasuk tumbuhan perdu atau semak. Sering dijumpai di pinggiran kebun atau persawahan. Jaman kecil dulu, saya menyebutnya kembang kupu-kupu. Biasa untuk pasaran, dikasih air berubah warna biru.


Ternyata bunga telang biasa dipakai sebagai pewarna biru alami.Orang Malaysia sering membuat nasi kerabu, pewarna birunya dari bunga telang.

Karena fungsinya sebagai pewarna alami inilah, Saya  ingin menanam bunga telang sendiri di kebun kecil depan rumah. Kebetulan ada teman blogger Lamongan upload di salah satu sosmed kalau mempunyai pohonnya. Pas pengin pas onok. Berkomentarlah Saya, minta bibit bunga telang. Waktu beliau ada even di Surabaya, dibawanya seplastik kecil biji bunga telang, dititipkan ke Wulan.
Alhamdulillah, begitu sampai di tanganku, biji bunga telang Saya sebar di 3 pot. Tapi yang bertunas hanya satu pot dan hanya 2 minggu sudah rimbun daunnya. Asal rajin nyiram saja.

Sampai sekarang bunga telang tak pernah berhenti berbunga, dan selalu Saya petik,keringkan dan disimpan di tupperware kecil. Pohonnya pun sudah mulai rimbun hampir menutup pagar. Kadang Saya pangkas biar rapi. Tiap pagi selalu Saya seduh dengan air panas. Terutama selama pandemi ini. Eh tapi terkadang Saya selingi dengan minum seduhan teh jahe, besoknya kunir asem. Seminggu, mengkonsumsi seduhan teh bunga telang cukup 3 kali.


Manfaat Bunga Telang

Menurut beberapa literasi di google, bunga telang mempunyai kandungan senyawa antosianin, flavonoid dan fenolik yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu bunga telang mempunyai manfaat antara lain:
- Meningkatkan  fungsi kognitif ( daya  ingat )
- Menjaga kesehatan jantung
- Mencegah diabetes
- Mengurangi rasa  cemas
- Detosifikasi
- Kesehatan pencernaan.
- Menjernihkan mata ( ngrambang mata)

Tapi hati-hati katanya kalau terlalu sering mengkonsumsi bunga telang secara berlebihan akan mengurangi tensi. Agar tak menurunkan tensi, sebaiknya saat membuat minumannya dicampur dengan sedikit himalaya salt.


Resep Wedhang Bunga Telang

Sekarang ini sedang banyak yang mengembangkan menu bunga telang di cafe-cafe. Warnanya yang biru menggugah selera dan kelihatan segar bila dicampur dengan es batu. Kalau Saya cukup dibuat wedhang saja.

Cara membuat :
- 3 - 7 bunga telang kering direbus dengan air 1 mug sekitar 200 ml.
- Tunggu sampai mendidih dan kita akan mendapatkan warna biru yang pekat.
- Saring di gelas. Tunggu setengah hangat.
-Tambahkan  1 sendok makan madu atau gula pasir.
Bisa juga ditambahkan dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.

Siap diminum saat hangat.
Bila dicampur dengan perasan air jeruk nipis atau lemon, berubah warnanya menjadi ungu.

Saya rajin mengkonsumsi wedhang bunga telang, badan terasa lebih fit. Terutama kalau tenggorokan agak gatal, maka akan berkurang gatalnya. Alhamdulillah

No comments:

Post a Comment