Apa Yang Dilakukan Ketika Mengetahui Pasangan Berselingkuh ?


Mau menulis tema minggu ini, maju mundur. Nggarai mumet mau mulai dari mana.Sebab lingkaran pertemanan ada yang pernah melakukan. Bahkan seperti cerita drakor maupun Indosiar.

Selingkuh, dulu saat Saya gadis arti selingkuh jadi bahan candaan dengan teman laki-laki kalau kongkow. Saya artikan sebagai selingan  indah tapi keluarga tetap utuh. Ngomongin kata selingkuh, akhir-akhir ini jadi perbincangan di dunia maya maupun nyata. Bahasan sungguh sensitip. Bahas ini, jadi ingat tokoh Tae Oh di drama Korea The World Of The Marriage. 

Di drama ini, Tae Oh mnikah dengan Ji Sun Woo, wanita berprofesi dokter, punya posisi mapan, berusaha melayani suami dengan baik. Istilahnya pokok e keluarga bahagia dan idaman. Tapi mengapa si Tae Oh bisa selingkuh dengan Da Kyung? 

Bila dalam suatu rumah tangga, salah satu  pasangan selingkuh siapa yang salah ?  Apa yang dilakukan ketika mengetahui pasangan selingkuh? Apakah kita akan meniru Ji sun Wo? 

Lagi sayang-sayange lan bahagia, ketika mendapati pasangan selingkuh, tentu perasaan marah, sedih dan menyalahkan diri sendiri campur aduk di dalam benak diri. Wajarlah.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

1.Cari tahu kebenarannya

Sebagai seorang istri pastilah punya insting kuat bila suaminya berbuat neko-neko. Saat insting berkata kuat, usahakan jangan asal tuduh kepada pasangan daripada memicu pertengkaran. Sebaiknya cari tahu lewat sahabat, atau cari momen yang pas untuk menayakan langsung pada pasangan. Bila pasangan tak mau mengaku, diamlah. Dan ambil napas kuat dan buang perlahan sambil istighfar.

2. Usahaka jangan berkeluh kesah di media sosial

Bila menemukan pasangan mendua, siapa sih yang nggak marah dan emosi ? Kalau pacaran, menemukan pasangan mendua, solusinya tinggal tinggalkan dan move on cari pasangan lain yang lebih baik. La kalau sudah jadi suai istri dan beranak pinak. Mau meninggalkan kudu mikir panjang. Jangan gegabah langsung putus dan mengumbar amarah di media sosial.

Jika diumbar di medsos, orang yang suka denganmu akan mendukung tapiorang yang tak suka pasti akan mencibir dan jadi bahan perghibahan dan viral. Hedew jadi ingat kisah Layang Putus.
Intinya jangan pernah berkeluh kesah di media sosial. Bisa jadi bumerang kita sendiri. Berkeluh kesahlah pada Allah di tengah malam . Lampiaskan semua kegundahan dan minta solusi juga pada Allah.

3. Pergi ke psikolog atau teman yang dapat dipercaya

Kalau sudah mengetahui pasangan selingkuh, pasti butuh seseorang untuk mendegarkan . Kadang hanya utuh didegar, syukr-syuur diberikan solusi. Daripada dipendam sendiri jadi tekanan jiwa dan jadi tak fokus mengerjakan sesuatu. Mintalah pendaat pada ahlinya. Dan hati-hati bila mengeluarkan uneg-uneg. Carilah orang yang tepat dan bisa dipercaya.

4. Ambil Strategi untuk berpisah

Jalan perpisahan merupakanjalan akhir setelah beberapa upaya dilakukan. Namun sebelum memilih berpisah, berpikir secara jernih tanpa emosi. Pikirkan efek panjang buat anak. Bila seorang istri wanita karir, mapan finacial dan sudah tidak kuat dengan beban yang ditanggung. Jalan perpisahan bisa ditempuh. 
Tapi sebelum berpisah lebih baik minta pendapat keluarga atau sahabat baik. Pikirkan strategi yang baik demi kebaikan anak-anak maupun efeknya bagi keluarga besar.

Bila pihak istris belum cukup finacial dan masih mampu bertahan, sebaiknya bertahan. Anggap suami adalah teman kost . Tunggu keadaan dan teaplah sabar dan minta pertolongandari Allah. Ktika memutuskan bertahan, ushakan jangan pernah ceburu, dan tetap memberikan perhatian walau hati sakit.
Ibaratnya kalau kita teruka kena knalpot motor pasti ada bekasnya Begitupun hati wanita yag terluka, pasti selalu membekas tapi berusahalah memaafkan biar hidup lebih tenang.

Dan sadari diri sendiri berhak bahagia apa pun keadaanya demi anak-anak. Dan terimalah dengan lapang dada. Jika inin nangis, luapkan saja namun jangan di depan anak-anak. Yakinlah bahwa seua ada solusinya. Dan buat mindset, orang yang selingkuhtak akan nyaman dan tentram hidupnya,semoga dibukakan hatinya kembali ke pasangan masing-masing.

Itulah 4 hal sebaiknya dilakukan bila mengetahui pasangan selingkuh. Amit-amit jabang bayi, semoga kita semua dijauhkan dari hal ini. Kudoakan semua kawan-kawan pembaca, keluarganya selalu sakinah mawardah warohmah. Aamiin.

No comments:

Post a Comment