Teman SD , Jauh Di Mata Dekat Di Hati



Kenangan yang membekas saat SD banyak sekali. Dulu jaman awal masuk sekolah, saat kelas 1 teman-temanku ada yang tak bersepatu Maklumlah SD di kampung.  Pada masa kecilku Kecamatan Jaten belumlah serame sekarang. Berangkat dan pulang sekolah bersepeda atau jalan kaki saja.

Waktu SD saya mempunyai teman selalu berempat atau berlima. Mainan karet, sunda manda bahkan bekelan dibawa ke sekolah. Ke lima temanku itu namanya Fitri, Ninik, Nur, Enik, Endang  Mereka teman dekatku. Kalau pulang sekolah selalu naik sepeda di rumah Mbak Endang, depan kecamatan Jaten.

Tujuannya hanya manjat pohon mencari belimbing Demak atau jambu biji merah.Nah Mbak Endang ini mepunyai kakak namanya Mas Yoyok. Dulu sukanya iseng aja, kalau Saya main ke rumahnya. Entah sandalku disembunyikan, eh walau iseng Dia baik banget sering ngajak aku main ketapel. Nembaki burung gereja yang sedang makan gabah dijemur di depan rumah.Setelsh itu ipetikin jambu merah buat dibawa pulang sekresek. Ngunu lho wis seneng jaman biyen.


Dengan 4 orang sahabat ini, Saya pernah konflik gara-gara pas ulangan ada yang pengin nyontek. Dan gara-gara main lompat tali ada yang curang.Ketika giliran jaga, alasannya mau beli minum atau mau makan di kantin Mbok Bon.


Saya dari kecil, paling benci dengan ketidak jujuran maupun curang. Begitu ada teman yang melakukan walau itu teman baik, pasti Saya tinggalkan dan tanpa banyak kata, langsung mendorong tubuhnya. Kalau sahabat empatku itu paling mereka hanya menjauh dan bisik-bisik di blakang dan nggak ngajak ngomong selama 3 hari atau seminggu. Lalu baikan lagi.

 Suatu saat Saya kena batunya. Sebut saja temanku namanya Bodhong. Aku memberi nama panggilan seperti itu, karena Saya lihat wudelnya bodong. Bajunya kekecilan. Gitu ya jaman dulu teman-temanku nggak marah, malah tertawa dan ikut-ikutan memanggil seperti itu. 
Duh maafkan daku ya. Nama aslinya Ngadiman.

Nah Bodhong ini main curang, pas aku mau lompat tali seleher tapi dia angkat talinya sekuping. Kan aku kesrimpet tali, langsung ku keplak tubuhnya. Konsekuensinya rok ku dibuka, untung dari dulu Ibuk selalu menyuruhku memakai daleman celana pendek. Marahlah Saya, Ku kejar dan Saya lempar pakai ranting, mengenai pelipisnya dan berakhir dijahit 1.


Lalu Saya dan Bodhong dipanggil kepala sekolah disuruh saling minta maaf. Saya hanya diam. Tiba-tiba Bapak datang. (waktu itu ketua komite sekolah). Langsung memarahiku, hanya menakuti dengan sabuk yang diacungkan ke arahku. Saat itu juga Saya berkata keras, " Maaf ya Le, kowe ojok mbaleni urik." Walau aku ora salah, aku tetep njaluk ngapuro. "


Sebenarnya masih dongkol, daripada sabuknya Bapak melayang lebih baik minta maaf duluan. Dan Bodhong  sampai sekarang ada pedhet alias goresan di dekat alisnya gegara kena lemparan ranting dariku.:(


Nah sekarang teman-teman SD ku sudah tua seperti diriku, ketika ketemu kami hanya senyam - senyum mentertawakan kenakalan jaman kecil. Tapi walau Saya pernah berbuat nakal dengan Bodhong atau teman perempuanku. Mereka  hanya mengingat kebaikanku. Seperti sering membawakan majalah Bobo, Ananda, Kawanku, atau komik yang sudah tak terpakai. Bahkan sama Ibu seringnya Saya disuruh membagikan pensil, penghapus atau buku tulis buat teman sekelas saat kenaikan kelas.


Teman SD ku itu sekarang menyebar ke kota lain dan ada yang masih di Jaten, kalau ketemu di Pasar seringnya jadi guyon cerita ndablegnya jaman dulu. Saya dikenal anak gadis yang teguh dengan pendirian, bila tak merasa bersalah pasti melawan. Di samping itu apikan karena sering membawa buku bacaan anak-anak atau berbagi. Jaman dulu di daerahku yang langganan majalah Bobo bisa dihitung dengan jari. Teman SD, semuanya jauh di mata selalu dekat di hati. hehehehehe...

No comments:

Post a Comment