5 Kota Impian Yang Ingin Saya Kunjungi

5 kota impian yang ingin dikunjungi

Setiap perjalanan  pasti menemukan cerita. Beda kota dan tujuan selalu mempunyai cerita tersendiri. Itulah mengapa Saya suka jalan untuk melepas penat, kejenuhan aktivitas harian dan agar menambah pengetahuan budaya. Tempat jalan yang menarik hatiku di antaranya ke musium, pantai, atau wisata kuliner. 

Impian untuk liburan atau merasakan kuliner di daerah Indonesia Timur sudah terlaksana. Namun ada satu kota yang masih Saya mimpikan utuk dikunjungi kembali.



Ada 5 kota impian yang Saya ingin wujudkan, yaitu :


1.  Pulau Lombok

Tertarik menjelajahi Lombok karena pantainya bagus. Terutama penasaran dengan Pantai Pink. Lihat Pantai Pink gara-gara melihat youtubenya keluarga Anang sedang liburan di Pantai Pink, Pantai Pink sepertinya juga bertetangga degan Pulau Lombok. Selain itu ingin kulakan perhiasan mutiara. Siapa tahu dijual di Sidoarjo. ada yang berminat dan bisa nambah pundi tabungan.

Ada satu desa yang ingin Saya kunjungi yaitu desa Sade. Di sini ingin membaur makan siang dengan penduduknya dan tinggal di rumah adat sambil ngopi dan mendengarkan cerita budaya suku Sasak.

2. Ambon

Jika diberi kesempatan dan mempunyai uang lebih, Saya ingin menjelajah kota Ambon kembali. Kenapa ? Karena Saya pernah tinggal di Ambon selama 7 tahun. Meninggalkan kota ini tahun 1999. Penginnya jalan ke Pantai Natsepa, ke nonton Morea Di desa Waai, Pantai Pintu Kota, Liang dan menyusuri Lapangan Merdeka kemudian ke Jl. Ay. Patty.

Kalau di Kota Ambonnya sekalian ingin menyusuri  mantan Kampusku, Kampus Pattimura. Saat 1992, selalu berjalan kaki dari Perumahan Poka menuju Kampus, dulunya masih banyak pohon Sagu. Ingin napak tilas saja. Sambil reuni dengan teman-teman diyemani rujak panai Natsepa/ Ngobrol tanpa membawa pasangan. Sambil cerita kekonyolan jaman kuliah dulu. Lalu menemui para dosen yang sudah sepuh untuk menjalin silahturahmi.

 Saya  ingin menyebrang ke Pulau Seram. Ingin menikmati air  terjun Lumoli, air  terjun Hatupue di desa latu Seram Barat, dengan teman-teman.

3. Padang

Di sini ku ingin menikmati nasi Kapau asli dari daerahnya. Ke Jam Gadang dan menyusuri Ngarai Sianok yang berkelok.
 Blusukan pasar tradisional di daerah Padang, mencari bumbu dapur yang tak pernah ku jumpa di kota ku.Selain itu inginnya bisa menginap di rumah Gadang dan foto- foto.

Dulu suami pernah dinas di Padang selama 3 hari, tapi Saya nggak bisa ikut. Dia   bawa oleh-oleh foto pemandangan yang asri, air terjun di dekat jalan gitu. Entahlah Saya lupa namanya. Makanya jadi penasarann ingin menjejakkan kaki ke Pulau Sumatra.

4. Mekah Dan Madinah

Sebagai umat muslim, ke Mekah dan Madinah tentunya impian yang paling Saya inginkan sepanjang hidup. Dimana tempat semua umat muslim berkmpul tiap tahun melaksanakan ibadah haji. Kalau diijinkan ingin menyusuri jejak  sejarah para nabi. mencium Hajar Awat. Kapan ya impian Saya ini terkabul. Semoga di sisa umurku masih diberikan pergi melihat Ka'bah., melaksanakan ibadah haji atau setidaknya umroh.


5. Kota Dimana Wali Songo dimakamkan

Semakin bertambahnya umur, Saya lebih senang wisata religius. Nah dari dulu selalu diajak rombongan pengajian untuk pergi ke makam 9 wali atau 5 wali. Sebelum pandemi corona, grup pengajian yang Saya ikuti selalu meluangkan waktu untuk refreshing ke tempat Wali Songo atau hanya Wali Limo. Kok yo ndilalah setiap jadwalnya ziarah ke Wali Songo atau Wali Limo, Saya tak pernah ikut, harinya barengan dengan kegiatan lain.  

Pengin banget sambil ziarah, mendengarkan tauziah atau sejarah para wali di Indonesia. Setelah berdoa, dilanjutkan kulineran khas daerah setempat. 

Selain kota di atas sebenarya masih bayak kota yng ingin ku jelajahi agar mendapatkan imu budaya sekitar. Kepenginnya sih kota-kota di luar negeri, Korea, Singapura, London dan masih banyak lagi. Semoga keinginanku terkabul dan masih diberikan umur panjang, kesehata serta kelancaran rejeki. Yen durung kelakon, semoga anak cucuku nanti yang bisa menjalaninya. Jelajah Indonesia bahkan mendunia.

3 comments:

  1. Ayo bu, ke Lombok, setelah pandemi kelar. Beneran bagus di sana. Pantainya bagus, jalan-jalannya bagus, hamparan kebunnya bagus, langitnya bagus. Pokoknya semua bagus. Nggak menyesal kalau ke sana :)

    ReplyDelete
  2. Ambon, dari cerita teman asli sana pantai di Ambon ini masih alami ya mbak. Dan kapan itu aku lihat di Instagram teman yang dinas di sana, wuah bener-bener bagusss.

    Semoga kota-kota impian ini bisa didatangi ya mbak, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Semua juga pengen saya datangi Mba, dan khususnya tuh Wali Songo, saya dong Mbak, seumur-umur belom pernah ke Wali Songo, meski di Ampel, padahal ya dekat banget dengan rumah om saya tuh hahaha.

    Di Gresik juga, bolak balik ke Gresik, bahkan lewat depannya Sunan Giri, tetap nggak pernah mampir, dasar kok saya nggak niat, padahal penasaran sebenarnya, saya belom pernah ikut wisata religi gitu.

    Jadi nggak tahu, di sana tuh kita ngapain aja hahaha

    ReplyDelete