Tips Merencanakan Masakan Rumahan Sederhana Dalam Seminggu


tips merencanakan masakan rumaan sederhana dalam seminggu

Saat di Tukang sayur langganan, sering ditanya tetangga, "Mau masak apa Bu?" Dan Saya hanya senyum sambil menjawab, "Masa iya atau masak bodoh. Ini cari matengan saja." tukang sayurku selain menjual sayuran dan lauk mentah, Dia kadang membawa lauk matang seperti brengkes udang, bothokan tahu tempe, dan pisang goreng. Merekalah penyelamat di saat bingung mau masak apa dan dikejar waktu kalau ada acara. 


Tapi kadang anak-anak bosan juga kalau menu makanan hanya beli terus-terusan, Untuk menyiasatinya pernah saya membuat menu masakan sederhana dalam seminggu. Corat - coret lalu dipasang di pintu kulkas. Kenyataannya yang ditulis apa dan yang dimasak apa, tidak sesuai dengan rancangan. Begitulah diriku yang labil ini. Namun mulai ada pandemi Covid, Saya mulai lagi membuat daftar menu dalam seminggu dan sesuai daftar. Karena sebisa mungkin keluar rumah hanya perlu saja,  inginnya mengurangi kerumunan dulu.

Sebelum ke pasar Saya juga mencatat bahan apa saja yang akan dibeli selama seminggu. Daripada banyak lupanya dan melebihi anggaran uang belanja.

Tips merencanakan masakan rumahan sederhana dalam seminggu :


1.  Tentukan mau masak apa saja dalam seminggu

Sebelum ke pasar buat daftar list belanjaan selama seminggu. Kira-kira mau memasak sayur dan lauk apa saja dalam seminggu. Jangan lupa tulis juga bumbu dan kebutuhan dapur apa saja yang perlu dibeli karena stok bahan habis. 

Tentukan juga berapa jumlah anggota keluarga, jadi bisa menentukan kira-kira beli lauk dan sayurnya cukup untuk sekeluarga. Kalau di keluargaku menu tahu dan tempe tak pernah luput dari belanjaan, karena menu ini wajib di meja. Selain untuk digadho juga lauk pendamping selain ayam dan bandeng.

Membuat list belanjaan selain mempermudah, biar diriku tak lupa. Maklumlah sudah umur,


2. Siapkan Wadah Kedap Udara Untuk Menyimpan

Sayuran dan lauk jangan lupa ditempatkan di wadah kedap udara. Sawi, kangkung dan bayam biasanya saya petiki  baru masuk ke wadah. Sedang untuk ayam, saya bagi  untuk ayam goreng, langsung dibumbu ungkep . Kalau sudah dingin baru ditaruh wadah. Separonya langsung masuk wadah tanpa dicuci dulu. Daging juga langsung masuk wadah dibagi untuk 2 macam masakan misalnya untuk rawon dan campuran isian tahu bakso.

Tips menyimpan tahu, sebelum masuk kulkas saya kukus atau direbus sebentar dengan air garam. Baru dimasukkan ke dalam wadah.


3. Bikin  list daftar menu 

Kalau bahan sudah tersedia dan sudah dimasukkan dalam wadah sesuai dengan bahannya. Catatlah di wadah, misalnya sawi,kangkung, tahu,dll, untuk lebih memudahkan  saat membutuhkannya. Jangan lupa bikin list menu dengan anak-anak di kertas lalu tempelkan di kulkas menggunakan magnet,

4. Ide menu masakan rumahan dalam seminggu

Dalam membuat menu seminggu, kadang  sayuran bisa saya ulangi 2 kali. Contohnya capjay. Misalnya Senin membuat Cap jay sayuran hari Jumat buat Cap Jay Goreng. Untuk lauk selain menu tahu dan tempe goreng yang harus tersedia di meja.Tempe dan ayam bacem juga ada dalam  seminggu. Karena ungkep  bumbu bacem bisa Saya persiapkan, lalu ditaruh wadah kedap udara masukkan ke frezzer. Ayam 1/2 kg dan tempe 2 papan seharga 4000 diirisi sepapannya jadi 8. Stok aman. 

Kalau ikan, anak-anak cenderung suka bandeng presto dan otak-otak bandeng. Urusan menu bandeng prsto dan otak-otak, tinggal siapkan uang, pergi ke pasar beli yang sudah mateng tanpa ribet. :)


Contoh menu dalam seminggu :
Senin      : Soto ayam
                  Perkedel dan tempe goreng

Selasa    : Orak-arik buncis
                 Ayam goreng kelapa
                Tahu Goreng
                Sambel tomat

Rabu     : Sop makruni bakso dan sosis
                tempe mendoan
                Sambel bawang
                Pepaya

Kamis    : Kwetiau  goreng untuk sarapan
                Acar timun
                Sayur bening bayam
                Dadar jagung ( bisa beli jad di pasar)
                
Jumat    : Rawon ( bumbunya beli cap Mahmudah lalu ditambahin kluwek 2 biji, sere, daun jeruk dan daun brambang)
               Telur asin
               Tempe goreng

Sabtu     : Cah kangkung
                Ayam oriental
                          Tahu bakso
                Pisang 

Minggu : 

               Mie godog

Bahan : 
Mie kering cap burung dara 1 bks, rebus angkat dan tiriskan
1 ikat sawi
5 butir bakso diiris tipis
1 telur ayam dikocok lepas
1 batang daun bawang
air 800 ml

Bumbu :
4 siung bawang putih dihaluskan
1 sendok teh merica bubuk
Garam dan kaldu jamur secukupnya

Cara membuat :
- Tumis bawang putih sampai harum dan berwarna kunig kecoklatan. 
- Masukkan telur lalu diorak arik, bakso dan sayuran. 
- Tambahkan air, masukan garam dan kaldu jamur. Tunggu air mendidih.
- Masukkan mie. Tutup sebentar biar mendidih. 
- Angkat dan siap dihidangkan dengan acar timun.
               Acar timun
                Kare ayam sayur
               Tahu goreng 
                Sambel bawang

Nah itu tadi tips merencanakan masakan rumahan sederhana dalam seminggu yang bisa kita rencanakan dan melibatkan anak-anak dalam menentukan menunya. Kalau dipikir kita seharian nguprek di dapur buat persiapan seminggu tapi di hari yang lainnya kita tinggal goreng atau tumis. Kalau ada bahan yang bisa dimasak dahulu dan difrezzer, lebih hemat waktu lagi. Menu masakan yang sudah jadi tinggal manasin atau nggoreng saja, seperti opor ayam, rawon, atau ungkep ayam. 3 menu ini biasanya buat tinggalan anak-anak ketika Saya perlu ke luar kota menengok mertua Magelang atau Ibuk di Solo.

4 comments:

  1. Bothok, brengkes, ya ampuun itu masakane Ibukku, Buk. Tapi dulu, sekarang jarang masak begituan. Sudah ndak jualan sayur, jadi jarang ada pindang sisa. Untuk mbothok juga sudah males, awang-awangen marut klopo nya.

    Kami jarang juga buat daftar menu masakan, soalnya banyak tukang sayur di deket rumah jadi milih dadakan aja belanjanya. Kalau nyimpen-nyimpen sayur malah banyak gak diolahnya. Klo gak ada masakan, mentok-mentok ndadar telur atau nyambel bawang pake krupuk hehe

    ReplyDelete
  2. Aku pernah merencanakan seperri ini, Bu. Emang praktis. Sungguh. Tp seringnya mundur rencananya krn makanannya ada sisa. Ini yg memporak-porandakan rencana

    ReplyDelete
  3. Mbak, beli dadar jagung di pasar itu di bagian mana? yang jualan gorengan itu kah?
    Enak banget Mbak menunya, lengkap dan sedap.

    kalau saya masak biasanya 2 macam aja, 1 lauk, 1 sayur.
    Kecuali ada paksu di rumah, blio kalau masak dapur kek kapal perang, berantakan dan kotor, soalnya masaknya macam-macam.

    Udahlah masak macam-macam, kadang masih nambah beli lauk kayak ikan dibungkus daun pisang itu apa ya namanya? botok ya?
    Trus tahu atau tempe ya yang juga dibungkus daun pisang.

    Kalau saya nggak pernah punya menu rencana, seadanya di kulkas aja, tapi biasanya udah saya persiapkan sih, sayuran udah saya potong-potong, ikan, tahu, tempe, udah saya bumbuin.
    Ayam biasanya udah saya rebus lalu buang airnya, setelah dingin masukan kotak kedap, lalu taruh di bawahnya frezer.

    Jadi masaknya udah lebih praktis :)

    ReplyDelete
  4. dulu pas masih belum nikah kalau belanja selalu mingguan, sekarang bingung sendiri mau belanja apa juga gak tau wkwkwk. Karena kadang harus mengumpulkan niat yang gede dulu untuk memasak eaaa

    ReplyDelete