Ayam Oriental Praktis dan Nikmat


Masak ayam oriental, gara - gara habis makan di restaurant . Hanya dapat sedikit dan anak-anak masih kurang.Sampai rumah pas weekend disuruh bikinkan sendiri. Saya pun hanya menebak rasa dan bumhu dari yang pernah icip di restaurant. Eh selain itu juga browsing ding. Pakai #ayamoriental di IG. Nemulah resep dari @dapurbekal. Resepnya memakai brokoli namun Saya skip ketika masak karena lagi nggak ada di kulkas.

Masak  pada prinsipnya bagiku, resep bisa aja nyontek lalu dimodofikasi sendiri asal sumbernya selalu ingat. Biar ilmu yang disebarkan oleh pemberi resep bisa panjang dan bermanfaat selalu.
Soal rasa tinggal sesuaikan dengan selera lidah kita. Keluarga saya cenderung penyuka manis, kalau masak selalu ditambah gula kecuali sop ndeso.

Pembuatan ayam oriental ini bagi saya hanya butuh waktu kurang dari 30 menit. Karena semua sudah disiapkan malam hari. 
Malam sambil nonton televisi, Saya mememtik sayur atau marinate ayam yag akan buat sarapan lalu ditaruh lagi di kulkas. Bangun setelah Subuh, tinggal dikeluarkan. Jadi ketika anak-anak jam 6 mau berangkat semua sudah siap.Masak hanya secukupnya buat sarapan. Siang dan malam nanti masak lagi ronde kedua biar hangat. Eh tapi kalau lagi rajin dan mood pengin di dapur ya masak sekaligus buat siang dan malam. 

Bahan Ayam Oriental Praktis  :
- 1 dada ayam difillet ambil dagingnya . Kemudian dipotong kotak dadu.
- 1 bungkus tepung serbaguna ukuran kecil
- 1 sendok makan tapioka 
- Minyak untuk menggoreng
- Wijen untuk taburan

Bahan Saus:
- 2 siung bawang putih dikeprek kemudian dicincang halus
- 2 sendok makan kecap manis
- 2 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan madu
- 1 sdt minyak wijen
Semua bahan saus di atas dicampur di mangkok sampai rata kecuali bawang putih.

 Cara membuat:
-  Lumuri ayam dengan tepung dengan sedikit air agar tepung bisa agak tebal, kemudian ditaruh di tepung yang kering sambil dicubit- cubit digoreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Pembuatan saus : tumis bawang putih sampai harum, masukkan campuran saus. Kemudian masukkan ayam goreng tepung diaduk sampai tercampur rata.Kalau ayam sudah tertutup rata dengan saus. Angkat, sajikan dengan ditaburi wijen.

Selamat mencoba bekal praktis ayam oriental.

1 comment:

  1. Wawww sepertinya lzat sekali ini. Waaa bhan ahannya mudah, dan cara membuatnya uga mudah, Hmmmmm. Bleh juag dicoba nih

    ReplyDelete