5 Tips Menjaring Ide Ngeblog Dengan Singkat

 

Sebagai blogger, kadang merasakan yang namanya writer block. Atau kehabisan ide mau menulis apa, stuck hanya diam di tempat. Padahal sebagai blogger sebaiknya konsisten dalam menulis agar blog terawat dan PV juga tidak jeblok. Biasanya kalau stuck, karena Saya jenuh. Sering mangkel dengan diri sendiri, kenapa sih ide mampet ?

Nulis satu kalimat aja susah, hanya berakhir bengong di depan laptop dengan layar kosong . Andai ada tongkat ajaib mak cring jadilah satu artikel, sekali goyangan. Mana mungkin, ojok ngimpi . Lalu biar ide nggak mampet dan happy nulis kembali gimana caranya ?


Berikut ini ada 5 tips menjaring ide ngeblog dengan singkat dariku :

1. Ngobrol Dengan Teman Di Grup

Obrolan di grup biasanya random. Kalau nyemplung di grup yang santai apa saja bisa dibahas. Dari obrolan santai inilah terkadang tercetus ide.Misal tentang merawat wajah, tanaman atau tentang parenting. Obrolan panjang dengan sedikit diskusi akan memunculkan ide segar. Kadang obrolan remeh temeh begejekan gak ada ujung pangkalnya namun selalu  terselip  hal menyenangkan dapat dituliskan di blog. Dari tukar pengalaman dengan teman mendidik anak bisa jadi tulisan.

Atau dari curhatan teman  lama antri, bahkan curhatan mengahdapi anak selama PJJ pun bisa jadi tulisan. 

2. Menonton Film

Untuk mengembalikan mood menulis, Saya biasanya hanya rebahan sambil menonton Film atau drakor. Film atau drakor selalu mengandung quote bagus yang sesuai dengan realita kehidupan. Dari nonon film inilah akhirnya menuliskan sinopsinya, tentang karakternya atau quote yang ada di drakor tersebut. Apalagi kalau aktornya ganteng seperti Hyun Bin, Ji Chang Wook, Jisoo atau Jang Hyuk. Semangat nulis muncul setelah lihat sing bening.

3. Scroll Media Sosial

Terutama dari FB dan Twitter. Di timeline kadang seliweran keluhan atau berita bahagia atau cerita motivasi. Status yang berbau politik selalu  Saya skip. Ingin menyaring energi positip dari status teman , siapa tahu ketempelan ide cepat buat ditulis di blog.

Kalau di twitter lagi trending apa, bisa dijadikan ide buat  menulis opini pribadi. Misalnya lagi trending tentang film Tilik dengan tokoh Bu Tejo yang membuat viral. Lalu bermunculan Meme lucu, bisa dirigkas jadii sebuah tulisan.

Melihat Instagram. Dari Instagram biasanya Saya melihat akun masakan. Mencobanya kalau berhasil masakan itu, dengan sedikit modifikasi dari rsep.  Bisa dijadikan tulisan resep masakan. 


4. Membaca Buku

Sebagai blogger, kita tak luput dari budayakan membaca. Entah itu buku phisik atau digital. dengan membaca akan menambah kosa kata dan memperkaya pengetahuan. Baca buku yang disukai agar kebosanan yang timbul menghilang. Kalau suka mebaca buku novel , baca saja sampai selesai. Nanti stelah itu direview. 

Perkayalah  pengetahuan dari membaca.

5. Buka Album Foto

Saya seneng menyipan foto saat bepergian, atau sekedar pemandangan saya jepret di jalan. Saat menikmati pemandangan dari pintu jendela kereta atau foto kebersamaan dengan keluarga.

Dari melihat foto akan terlintas kenangan dimana foto diambil. Kebanyakan foto makanan atau saat jalan-jalan Itu yang Saya gali sambil nggayemi maka akan timbul ide menulis kembali.

Inspirasi memang bisa didapatkan dari mana saja, namun kalau sudah stuck, maka sebaiknya istirahat sejenak. Beri jeda sejenak pikiranmu. Lakukan hal yang menyenangkan hati agar otak fresh dan gairah menulis timbul. Maksudnya jeda menulis dulu lalu memancing ide menuis degan hal yang mebuatmu menyenangkan.  Jika kalian sedang mengalami writer block mungkin 5 tips menjaring ide dengan singkat di atas bisa dicoba.
Previous
Next Post »