Resep Donat Pilin Tanpa Telur

 


Donat biasanya bolong tengahe.Tapi kali ini dibuat beda bentuknya.Adonan donat ini tanpa telur.Maunya bentuk pilin.Eh saat digoreng di wajan bagus.Pas matang ada sebagian yang ambyar. Walau ada beberapa yang masih bentuk ulir atau pilin, dan rasane tetap enak .Teksturnya tetap lembut, cocok banget menemani ngopi atau ngeteh.

Bahan donat, tanpa telur dan hanya dengan menggunakan terigu cap kunci biru, mentega, gula, susu kental manis sachetan dan fermipan.

Bahan  Biang:
1 sendok teh fermipan
100 ml air hangat
1 sendok teh gula

Bahan biang didiamkan selama 15 menit sampai berbuih.

Bahan Adonan:
10 sendok munjung terigu cap kunci biru
3 sendok makan gula pasir
1 sendok makan mentega
1 sachet susu kental manis

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Campur terigu,gula pasir dan susu. Aduk rata, sambil masukkkan biang sedikit demi sedikit. Diaduk terus sambil diuleni. Tambahkan mentega. Lalu diuleni  sambil dibanting hingga kalis dan elastis.Tanda kalis, kalau ditarik molor.

2. Diamkan adonan, ditutup serbet. Didiamkan kurag lebih 1 jam atau sampai adonan mumbul. 

3. Ambil adonan, bentuk bulat lalu dipilin memanjang. Diputar / dipilin sampai membentuk untir-untir. Diamkan hingga adonan berubah menjadi dua kali ukuran.

4. Goreng dengan minyak goreng yang panas. Gunakan api kecil biar nggak cepet gosong dan mateng sampai ke dalam. Tunggu hng berwarna kuning kecoklat dan dibolak balik. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan di piring lalu taburi dengan gula halus.


Donat pilin siap disajikan menemani kopi atau teh di musim hujan. Selamat mncoba.

Tips : Untuk mengetahui fermipan masih bagus atau tidak, bisa dicek menggunakan air hangat. Kalau dicampur air hangat cepet bebrusa berarti ragi mash bagus.

No comments:

Post a Comment