Pengalaman Mendapatkan Penghasilan Pertama Dari Blog

 




Bahagianya sebagai blogger itu menambah teman dan saudara, bonusnya penghasilan. Awal ngeblog Saya tahunya hanya nulis dan nulis. Bila bloggnya bagus bisa keindex bisa daftarkan adsense dan bisa menghasilkan pundi uang dari adsnse. Blog ini perna daftar adsense tapi belum pernah panen. Yang ngajari pasang adsense duluitu Ayunin pemilik blog Mama punya cerita.  Keinginanbelajar makin kuat, bergabunglah dengan Komunitas Emak-Emak Blogger yang didirikan oleh Mbak Mira Sahid . Di Komunitas ini makin nambah ilmu perbloggeran dan kenalan.

Baca :5 Hal Menyenangkan Berkomunitas

Dari Komunitas inilah, Saya mulai tahu bahwa blogger bisa dijadikan sebagai pekerjaan profesional. Blog bisa menghasilkan uang selain dari Adsense ternyata juga bisa melalui Afiliasi dan datang di even kemudian nulis dan dapat transferan.

Seingatku dulu, di Surabaya belum banyak even yang melibatkan blogger. Saya masih ingat awal pertama ikut even, berkunjung ke pabrik Aqua. Dulu itu ya, kalau bisa datang di even suenengeee poool. Bagai ajang kopi darat dengan teman-teman blogger yang selama ini hanya kenal lewat tulisan. Pulang bawa goodie bag dan hahahihi, alhamdulillah.Pulang langsung nulis even yang didatangi, bisa sebagai pompa semangat menulis dan ngisi konten.

Nah di even Aqua ini Saya keal dengan Nunu el Fasa dan Mbak Yuniari Nukti, Obrolan di Aqua  dengan Mbak Yuni, semakin menambah pengetahuan ternyata blog kita bisa mendapatkan uang dari content place. Yah awal-awal jaring networking dulu. Akhirnya dari jaringan inilah Saya tahu ada salah satu perusahaan travelling yang butuh CP. Saya ajukan email dan goal. Alhamdulillah.  Senenge pol, sebagai Ibu rumah tangga yang hanya di dapur bisa menghasilkan uang jajan sendiri tuh bangga dan seneng banget.

Berawal dari ikut komunitas inilah, akhirnya tahu ada beberapa even entah dibayar atau dapat goodie bag, Saya tetep aja budhal. Sing penting bisa bertemu dan bercanda dengan teman-teman maya di dunia nyata.Hambok evennya malam dibelani naik angkot dari Sidoarjo.Waktu itu  ragilku Lantip mesti nginthil. Sebenarnya risih juga bawa anak, tapi piye di rumah si kecil nggak ada temennya.

Saya banyak belajar dari blogger-blogger senior. Mereka itu punya beberapa blog dan diberi adsense atau afiliasi bahkan sering ikutan lomba. Nah ada beberapa  Emak blogger Suroboyo yang selalu jadi langganan juara pada masa itu yaitu Mbak Eda dengan Blog Nyonya Besar, Mbak Rahmah dengan blog Rahmah Chemist, Mbak Yuniari Nukti dan Mbak Vika. Dan biasanya dapat hadiahnya uang jut-jutan atau hadiah travelling.

Saya pernah ikut semangat ngikut lomba blog walau selalu keok. Ya karena kepengin hadiah, dan support dari mereka ini. Rasanya dulu itu ya ngeblog itu hadiah e persaudaraan . Semua semedulur wis itulah rejekiku. 

Perkenalan dengan teman-teman blogger Suroboyo ini membuatku semangat ngeblog dan meninggalkan dunia menulis buku. Dari nulis artikel kirim koran dan majalah beralih nulis di blog. Apalagi mulai 2014 kalau datang even, ada beberapa penyelenggara mulai memberi reward berupa transferan. Saya masih ingat banget, awal dapat transferan itu, saat terpilih dari Komunitas untuk hadir di even BCA. dan lumayan juga transferannya. Cukuplah untuk uang belanja seminggu. Kemudian ada beberapa Conten Placement di blogku.

Sebenarnya kalau disuruh milih Saya lebih suka menulis konten dengan ide segar dar kepala sendiri, kalau dapat Content placement juga Saya ubah beberapa kalimat dengan gaya penulisanku.

Alhamdulillah selama serius ngeblog, sudah menghasilkan pundi-pundi dari CP, bikin conten, atau ikut even. Apa kabar dengan Adsense Saya? entahlah sejak Saya otak-atik template blog Saya, adsense tak pernah muncul. Dan Saya sudah melupakannya. 

Sekarang ngeblog tetep jalan untuk senang-senang, syukur alhamdulillah kalau ada bonus rupiah mengalir.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
29 March 2021 at 13:04 ×

Sepemikiran dengan aku Mbak.. pokoke budaal.. seneng ketemu teman-teman.

Dan dulu juga di intili anak Ragil. Sekarang sudah mulai bisa ditinggal eh, ada covid.. event-event pada dicancel.

Semoga lain waktu kita bisa haha hihi lagu di event ya mba

Reply
avatar